Metode Guru dalam Mencapai Target Hafalan al-Quran Peserta Didik di Sekolah Dasar IT Cendekia Takengon

Penulis

  • Rahmah Nurfitriani IAIN Takengon
  • Almunawarah
  • Asdiana Idris
  • Musradinur UIN Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.489

Kata Kunci:

metode tahfiz, peserta didik, sekolah dasar

Abstrak

SD IT Cendekia adalah salah satu lembaga pendidikan dasar yang menerapkan kurikulum pendidikan tahfiz untuk siswa SD di daerah Takengon. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk  meneliti tentang metode yang diterapkan oleh guru dalam mencapai target hafalan Quran siswa dan kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran tahfiz Quran.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data primer  terdiri dari ibu guru tahfiz yang berinisial MH, S.Pd dan Ibu EA, S. Inf, serta Ibu WI, S.Pd selaku kordinator kesiswaan sekolah di SD IT Cendekia Takengon. Tekhnik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data: Pedoman wawancara dan lembar observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode  yang digunakan guru tahfiz di SD IT Cendekia adalah metode Talaqqi, kemudian metode bin-nhadar, metode bil-ghaib, saba’ dan sabqi serta tasmi’. Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran tahfiz, diantaranya alokasi waktu yang kurang, Kemampuan menghafal peserta didik yang tidak sama, Kurang bimbingan orang tua, fasilitas kurang memadai. Adapun solusinya adalah dengan menambah waktu tahfiz diluar jam pembelajaran tahfiz, Memberikan perhatian khusus, memberikan nasehat, memberikan motivasi, berkonsultasi dengan orang tua peserta didik, memberikan ruangan yang layak

Referensi

Agustina, M., Yusro, N., & Bahri, S. (2020). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.749

Anshori. (2013). Ulumul Qur’an. Rajawali Press.

Arini, J., & Widawarsih, W. W. (2022). Strategi dan Metode Menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Darul Itqon Lombok Timur. Jurnal Penelitian Keislaman, 17(2), 170–190. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i2.4578

Baihaqi, & Setiawan, A. (2021). Metode Menghafal Alqur ’ an Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfizh Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Hamid Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 56–67.

Hidayat, M. A. (2021). Implementasi Metode Talaqqi Dan Metode Bin-Nadhar Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Tahfidz’. Moderasi : Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–14.

Kusumastuti, T., Fatkhurrohman, M., & Fatchurrohman, M. (2022). Implementasi Metode Menghafal Qur’an 3T+1M Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 259. https://doi.org/10.54090/aujpai.v2i2.3

Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. SAGE Publications, Inc.

Mubarokah, S. (2019). Strategi Tahfidz Al-Qur’an Mu’allimin dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan. Jurnal Penelitian Tarbawi, 4(1), 1–17.

Nurfitriani, R., & Almi Hidayat, M. (2024). Penerapan Metode FLASH Dalam Pembelajaran Tahfidz Quran Juz “Amma Untuk Siswa MTs Madani Perdagangan II Kabupaten Simalungun. EL-Hadhary: Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin, 2(01), 48–61. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol201.2024.48-61

Nurfitriani, R., Hidayat, M. A., & Musradinur, M. (2022). Implementasi Metode Kitabah Dan Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Tahfidz Siswa Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 87–99. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13642

Rosmiarni, R., Ariani, S., Mawaddah, S. M., & Nurdin, R. (2023). Implikasi Metode Wahdah terhadap Kekuatan Hafalan Al-Qur’an Santri Dayah Modern Darul Ulum. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(1), 54. https://doi.org/10.22373/jm.v13i1.17432

Suwarno, Muhammad Hatta, Mahdalena, & Muhammad Almi Hidayat. (2024). Using Tahsin Al-Qur’an Based on Self-Regulated Learning to Improve Students’ Capabilities in Reading The Al-Qur’an. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 121–135. https://doi.org/10.19109/td.v28i2.20027

Vandita, L. Y. (2020). Metode Menghafal Al-Qur’an Rumah Tahfidz Islahul Ummah Desa Monggas Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Global Education, 1(2), 150–154. https://doi.org/10.55681/jige.v1i2.48

Yahya Abdul Fatah Az-Zamawi. (2010). Revolusi Menghafal Al-Qur’an. Insan Kamil.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Nurfitriani, R., Almunawarah, Idris, A., & Musradinur. (2025). Metode Guru dalam Mencapai Target Hafalan al-Quran Peserta Didik di Sekolah Dasar IT Cendekia Takengon. Elementica, 2(01), 12–24. https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.489