Penerapan Media Ulat Pintar Untuk Mempermudah Siswa Mengenal Huruf Dan Kata Di Kelas I Sekolah Dasar

Penulis

  • Putri Wulan Dhari IAIN Takengon
  • Sahwani IAIN Takengon
  • Rahmah Nurfitriani IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.472

Kata Kunci:

Media Ulat Pintar, Membaca Permulaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk ini menganalisis langkah-langkah pembuatan media ulat pintar, penerapannya dalam pembelajaran membaca permulaan, dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan melalui studi kasus pada seorang guru tingkat awal sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dijalankan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ulat pintar dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan pemahaman peserta didik terhadap pengenalan huruf dan kata. Peserta didik lebih mudah mengenal bentuk huruf, membedakan bunyi huruf yang mirip, dan membaca kata-kata sederhana setelah menggunakan media ini. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa kendala, seperti pengelolaan kelas dan perbedaan kemampuan awal peserta didik. Studi ini menyimpulkan bahwa media ulat pintar merupakan alat bantu yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran membaca permulaan. Hanya saja. perlu diimbangi dengan pengelolaan kelas yang baik dan perhatian terhadap perbedaan kemampuan individu peserta didik.

Referensi

Agusalim, A., Suryanti, S., & Irwan, I. (2021). Media Words Card to Improve Reading Skills at the beginning of the First Grade Students in Primary School. Jurnal Basicedu, 5(2), 531–537. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.701

Anggita, R., Sormin, D., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5919–5930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5384

Ariyati, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Gambar Berbasis Permainan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 34. https://doi.org/10.30595/dinamika.v7i1.918

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958

Azzahra, R. F., Nugraha, E., & Mansur. (2021). Pengembangan Media Upinca (Ular Pintar Ceria) untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(02), 151–166. https://doi.org/10.32678/primary.v13i2.5219

Farhah, A., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2022). Analisis Kesulitan Mengenal Huruf dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas 1A Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1270–1278. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.363

Faujiah, N., Septiani, S. N., Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran. Jutkel: Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik, 3(2), 81–87. https://ummaspul.e-journal.id/Jutkel/article/download/5329/2343

Fazriah, S. N., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Permainan Kotak Huruf Usia 4-5 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7376

Ganarsih, A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(3), 186–195. https://doi.org/10.20961/kc.v10i3.56350

Isro’ini, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Media Kartu Kata dan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Siswa Kelas I SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 417–426. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.274

Maghfi, N. U., & Suyadi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Papan Pintar (Smart Board). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 157–170. https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.631

Moneta, A., Mawardah, M., & Purnamasari, S. D. (2023). Membaca Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(2), 819–828. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.924

Ningsih, I. H., Winarni, R., & Roemintoyo, R. (2019). The Importance of Early Reading Learning in the face of 21st Century Education. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(2), 196–205. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i2.1879

Nuryati, N., & Rizadatun, R. (2023). Improve Children’s Early Reading Skills Through Picture Word Card Media. Jurnal Ar Ro’is Mandalika (Armada), 3(2), 101–116. https://ojs.kahamandalika.com/index.pf/armada

Pratiwi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2020). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Perumahan Guru Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 89–97. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.22256

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Putri, C. K., & Koeswanti, H. D. (2022). Karuta Ceria: Media Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran APACIN untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 236–248. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.49425

Rahayuningsih, P., Hidayah, W., Primar, C. N., & Nurmelia. (2022). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Education Journal: Penelitian Ibnu Rusyd, 2(1), 1–11. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/101

Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 9(2), 583–591. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3042

Sari, N. R., Fitriah Hayati, & Harfiandi. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad pada Anak Kelompok A dI TK Bungong Seleupok Banda Aceh. 2(1), 1–13. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/306

Siregar, R. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi, 2(1), 54–69. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i1.22

Sukma, E., Mahjuddin, R., & Habibi, M. (2018). Literacy Media Models in Improving Reading Skill of Early Class Students in Elementary School. Journal of Counseling and Educational Technology, 1(2), 33–40. https://doi.org/10.32698/041

Sukma, I., Bahrun, B., Rahmi, R., Amalia, D., & Nessa, R. (2022). Pengembangan Media Papan Pintar untuk Pengenalan Huruf Alfabet pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD), 7(1), 40–50. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/22489

Sutari, & Rahma. (2023). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf melalui Permainan Menguraikan Kata. Damhil Education Journal, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.37905/dej.v3i2.2081

Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Sebelas Maret.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Wulan Dhari, P. ., Sahwani, & Nurfitriani, R. (2024). Penerapan Media Ulat Pintar Untuk Mempermudah Siswa Mengenal Huruf Dan Kata Di Kelas I Sekolah Dasar. Elementica, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.472