Implementasi Model Learning Cycle untuk Menanamkan Konsep Teori Bruner, Materi Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Takengon

Penulis

  • Muhammad Almi Hidayat IAIN Takengon
  • Rahmah Nurfitriani IAIN Takengon
  • Musradinur Musradinur IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.468

Kata Kunci:

Learning Cycle, Teori Bruner, Media Pembelajaran

Abstrak

Model Learning cycle dapat mengasah kemampuan berfikir mahasiswa dalam memahami konsep teori Bruner, sehingga tidak hanya menerima tetapi juga menganalisis teori. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan langkah-langkah model Learning Cycle dan kendala yang dihadapi. Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Objek penelitian adalah mahasiswa PGMI semester V IAIN Takengon. Hasil penelitian adalah penerapan tujuh langkah model Learning Cycle: (1) Elicit (Mendatangkan pengetahuan awal), (2) Engage (Melibatkan), (3) Explore (Menyelidiki), (4) Explain (Menjelaskan) (5) Elaborate (Menerapkan), (6) Evaluate (Mengevaluasi) dan (7) Extend (Memperlauas). Kendala yang dihadapi adalah kurangnya fasilitas teknologi dan lingkungan belajar kurang kondusif.

Biografi Penulis

Rahmah Nurfitriani, IAIN Takengon

Annisa Dwi Nugraheni, Hana Pertiwi, Muhamad Ade Nofan Ramadhan, A. M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. 2(6), 739–748.

Ayuditha, H., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2022). Penerapan Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran Fisika  dengan Bantuan Google Sites. Transformasi Dan Inovasi Pembelajaran Di Era Digital, 1–9.

Chandra Sagul Haratua, Ratna Ilmi Wicaksari, Defi Aryani, Ari Yusnida Pradani, S. Y. (2022). ANALISIS PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 499–513. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i4.222

Hasibuan, Y. R., Khairani, N., & Surya, E. (2023). Pengaruh Kemampuan Awal Matematis dan Model Learning Cycle 5e Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 740–750. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2168

hidayat fahrul, D. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 31–41.

Laoli, E. J., Syahril, S., & Zulirfan, Z. (2022). Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantukan Media Mobile Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Momentum Dan Impuls. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 69–83. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.650

Larahidu, J., Bahtiar, B., Mas’ud, A., Salewangeng, A., Rasyid, M., & Tala, W. S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Sma Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 6(1), 266–274. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.4272

Lasaiba, M. A. (2023). the Effectiveness of the 5E Learning Cycle Model As an Effort To Optimize Students’ Activities and Learning Outcomes. Edu Sciences Journal, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.30598/edusciencesvol4iss1pp11-21

Magfira Syaripudin, Dewi Diana Paramata, & D. G. E. S. (2023). The Influence of the Learning Cycle 5e Teaching Model Assisted by PhET Media on Students’ Learning Outcomes in the Subject of Elasticity and Hooke’s Law. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 9(1), 12–18. https://doi.org/10.29303/jpft.v9i1.4405

Makur, H. S., Nurfaika, N., & Koem, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Suwawa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20245

Maulani, L. (2021). Analisis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Ditinjau Berdasarkan AQ. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 146 – 161–146 – 161. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/AXI/article/view/2049

Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. SAGE Publications, Inc.

Muzakir, M. Z., & Wijaya, P. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E  Dengan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi  Terhadap Hasil Belajar Siswa  Di Sma Negeri 7 Pekanbaru. Peka, 6(2), 80–89. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2739

Nafiah, D., Sunarno, W., & Suharno, S. (2023). Interaction of Student’s Creativity Thinking Skills Through Project Based Learning and Learning Cycle 7E in Parabolic Motion on the Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 645–649. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2449

Ngina, M. Y., Bhoke, W., & Bela, M. E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Dengan Pendekatan Learning Cycle 7E Berbasis Etnomatika Ngada Pada Materi Aritmatika …. Jurnal Citra Pendidikan, 3, 811–820. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/1022%0Ahttps://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/download/1022/427

Purnomo, F. S. (2022). Teori Belajar Bruner Dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–50. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i1.2353

Purwitasari, P. dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa Kelas 5 pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Kalibaru 05. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 9(1), 92–102. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.289

Putriardi, I. M. T., Sukarmin, S., & Ekawati, E. Y. (2023). Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model Learning Cycle 5E Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 13(1), 1. https://doi.org/10.20961/jmpf.v13i1.59345

Salsabiila, R. W. dkk. (2021). Implementasi Learning Cycle 7E Berbantuan Tarsia Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. JKPI: Jurnal Kajian Pendidikan IPA Program Studi Pendidikan IPA, 1(2), 69–75.

Sartika, R. P., Rasmawan, R., Hairida, H., Masriani, M., Puspasari, Y., Destari, H. U., Sailendra, P. R., & Hafiz, M. I. A. (2023). Implementasi Model Learning Cycle 5E Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Asam Basa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 500–507. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4729

Siswadi, S., Fuadi, A., & Dharin, A. (2023). Development of Learning Cycle-Based Science Learning Devices to Improve Elementary School Students’ Creative Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2118–2124. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3335

Susanti, P. A., Hutapea, N. M., & Saragih, S. (2021). The Effect of the Application of the 5E Learning Cycle Model on Mathematical Communication Skills in Junior High School Students. Journal of Educational Sciences, 5(2), 257. https://doi.org/10.31258/jes.5.2.p.257-266

Syamsuddin, N. H. M. K. A. M. (2022). Penerapan Model Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Soppeng Pada Materi Pokok Gelombang. ©Wa Rini, 4(2), 282–294.

Yennita, Fitri Astriawati, & Dewi Jumiarni. (2023). Learning Cycle 7E: Efektivitasnya dalam Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 124–132. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.124-132

Musradinur Musradinur, IAIN Takengon

Annisa Dwi Nugraheni, Hana Pertiwi, Muhamad Ade Nofan Ramadhan, A. M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. 2(6), 739–748.

Ayuditha, H., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2022). Penerapan Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran Fisika  dengan Bantuan Google Sites. Transformasi Dan Inovasi Pembelajaran Di Era Digital, 1–9.

Chandra Sagul Haratua, Ratna Ilmi Wicaksari, Defi Aryani, Ari Yusnida Pradani, S. Y. (2022). ANALISIS PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 499–513. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i4.222

Hasibuan, Y. R., Khairani, N., & Surya, E. (2023). Pengaruh Kemampuan Awal Matematis dan Model Learning Cycle 5e Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 740–750. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2168

hidayat fahrul, D. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 31–41.

Laoli, E. J., Syahril, S., & Zulirfan, Z. (2022). Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantukan Media Mobile Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Momentum Dan Impuls. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 69–83. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.650

Larahidu, J., Bahtiar, B., Mas’ud, A., Salewangeng, A., Rasyid, M., & Tala, W. S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Sma Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 6(1), 266–274. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.4272

Lasaiba, M. A. (2023). the Effectiveness of the 5E Learning Cycle Model As an Effort To Optimize Students’ Activities and Learning Outcomes. Edu Sciences Journal, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.30598/edusciencesvol4iss1pp11-21

Magfira Syaripudin, Dewi Diana Paramata, & D. G. E. S. (2023). The Influence of the Learning Cycle 5e Teaching Model Assisted by PhET Media on Students’ Learning Outcomes in the Subject of Elasticity and Hooke’s Law. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 9(1), 12–18. https://doi.org/10.29303/jpft.v9i1.4405

Makur, H. S., Nurfaika, N., & Koem, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Suwawa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20245

Maulani, L. (2021). Analisis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Ditinjau Berdasarkan AQ. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 146 – 161–146 – 161. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/AXI/article/view/2049

Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. SAGE Publications, Inc.

Muzakir, M. Z., & Wijaya, P. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E  Dengan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi  Terhadap Hasil Belajar Siswa  Di Sma Negeri 7 Pekanbaru. Peka, 6(2), 80–89. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2739

Nafiah, D., Sunarno, W., & Suharno, S. (2023). Interaction of Student’s Creativity Thinking Skills Through Project Based Learning and Learning Cycle 7E in Parabolic Motion on the Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 645–649. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2449

Ngina, M. Y., Bhoke, W., & Bela, M. E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Dengan Pendekatan Learning Cycle 7E Berbasis Etnomatika Ngada Pada Materi Aritmatika …. Jurnal Citra Pendidikan, 3, 811–820. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/1022%0Ahttps://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/download/1022/427

Purnomo, F. S. (2022). Teori Belajar Bruner Dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–50. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i1.2353

Purwitasari, P. dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa Kelas 5 pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Kalibaru 05. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 9(1), 92–102. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.289

Putriardi, I. M. T., Sukarmin, S., & Ekawati, E. Y. (2023). Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model Learning Cycle 5E Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 13(1), 1. https://doi.org/10.20961/jmpf.v13i1.59345

Salsabiila, R. W. dkk. (2021). Implementasi Learning Cycle 7E Berbantuan Tarsia Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. JKPI: Jurnal Kajian Pendidikan IPA Program Studi Pendidikan IPA, 1(2), 69–75.

Sartika, R. P., Rasmawan, R., Hairida, H., Masriani, M., Puspasari, Y., Destari, H. U., Sailendra, P. R., & Hafiz, M. I. A. (2023). Implementasi Model Learning Cycle 5E Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Asam Basa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 500–507. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4729

Siswadi, S., Fuadi, A., & Dharin, A. (2023). Development of Learning Cycle-Based Science Learning Devices to Improve Elementary School Students’ Creative Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2118–2124. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3335

Susanti, P. A., Hutapea, N. M., & Saragih, S. (2021). The Effect of the Application of the 5E Learning Cycle Model on Mathematical Communication Skills in Junior High School Students. Journal of Educational Sciences, 5(2), 257. https://doi.org/10.31258/jes.5.2.p.257-266

Syamsuddin, N. H. M. K. A. M. (2022). Penerapan Model Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Soppeng Pada Materi Pokok Gelombang. ©Wa Rini, 4(2), 282–294.

Yennita, Fitri Astriawati, & Dewi Jumiarni. (2023). Learning Cycle 7E: Efektivitasnya dalam Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 124–132. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.124-132

Referensi

Annisa Dwi Nugraheni, Hana Pertiwi, Muhamad Ade Nofan Ramadhan, A. M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. 2(6), 739–748.

Ayuditha, H., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2022). Penerapan Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran Fisika dengan Bantuan Google Sites. Transformasi Dan Inovasi Pembelajaran Di Era Digital, 1–9.

Chandra Sagul Haratua, Ratna Ilmi Wicaksari, Defi Aryani, Ari Yusnida Pradani, S. Y. (2022). ANALISIS PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL LEARNING CYCLE

E. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 499–513. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i4.222

Hasibuan, Y. R., Khairani, N., & Surya, E. (2023). Pengaruh Kemampuan Awal Matematis dan Model Learning Cycle 5e Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 740–750. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2168

Laoli, E. J., Syahril, S., & Zulirfan, Z. (2022). Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantukan Media Mobile Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Momentum Dan Impuls. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 69–83. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.650

Larahidu, J., Bahtiar, B., Mas’ud, A., Salewangeng, A., Rasyid, M., & Tala, W. S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Sma Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 6(1), 266–274. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.4272

Lasaiba, M. A. (2023). the Effectiveness of the 5E Learning Cycle Model As an Effort To

Optimize Students’ Activities and Learning Outcomes. Edu Sciences Journal, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.30598/edusciencesvol4iss1pp11-21

Magfira Syaripudin, Dewi Diana Paramata, & D. G. E. S. (2023). The Influence of the Learning Cycle 5e Teaching Model Assisted by PhET Media on Students’ Learning Outcomes in the Subject of Elasticity and Hooke’s Law. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 9(1), 12–18. https://doi.org/10.29303/jpft.v9i1.4405

Makur, H. S., Nurfaika, N., & Koem, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Suwawa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20245

Maulani, L. (2021). Analisis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Ditinjau Berdasarkan AQ. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 146 – 161–146 –

http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/AXI/article/view/2049

Muzakir, M. Z., & Wijaya, P. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dengan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 7 Pekanbaru. Peka, 6(2), 80–89. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2739

Nafiah, D., Sunarno, W., & Suharno, S. (2023). Interaction of Student’s Creativity Thinking Skills Through Project Based Learning and Learning Cycle 7E in Parabolic Motion on the Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 645–649. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2449

Ngina, M. Y., Bhoke, W., & Bela, M. E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Dengan Pendekatan Learning Cycle 7E Berbasis Etnomatika Ngada Pada Materi Aritmatika …. Jurnal Citra Pendidikan, 3, 811–820. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/1022%0Ahtt ps://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/download/1022/427

Purnomo, F. S. (2022). Teori Belajar Bruner Dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–50. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i1.2353

Purwitasari, P. dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa Kelas 5 pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Kalibaru 05. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 9(1), 92–102. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.289

Putriardi, I. M. T., Sukarmin, S., & Ekawati, E. Y. (2023). Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model Learning Cycle 5E Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 13(1), 1. https://doi.org/10.20961/jmpf.v13i1.59345

Salsabiila, R. W. dkk. (2021). Implementasi Learning Cycle 7E Berbantuan Tarsia Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. JKPI: Jurnal Kajian Pendidikan IPA Program Studi Pendidikan IPA, 1(2), 69–75.

Sartika, R. P., Rasmawan, R., Hairida, H., Masriani, M., Puspasari, Y., Destari, H. U., Sailendra, P. R., & Hafiz, M. I. A. (2023). Implementasi Model Learning Cycle 5E Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Asam Basa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 500–507.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4729

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Almi Hidayat, M., Nurfitriani, R., & Musradinur, M. (2024). Implementasi Model Learning Cycle untuk Menanamkan Konsep Teori Bruner, Materi Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Takengon. Elementica, 1(01), 26–38. https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.468