Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Berkearifan Lokal pada Jenjang Sekolah Dasar di Tanah Gayo

Penulis

  • Widya Astuti IAIN TAKENGON

DOI:

https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.487

Kata Kunci:

Pengembangan bahan ajar, buku percakapan bahasa inggris, kearifan lokal masyarakat gayo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Inggris untuk anak pada jendang sekolah dasar berbasiss kearifan lokal masyarakat gayo di Aceh tengah. Hal ini ini dilatarbelakangi oleh minimnya jumah bahan ajar Bahasa Inggris di jenjang sekolah dasar yang mengangkat konteks budaya lokal, khususnya budaya Gayo di Aceh Tengah. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.  Uji validitas dilakukan ahli bahan ajar dan diujikan kepada dua puluh anak pada uji coba kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara dan dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar dari bab yang terdiri dari 15 materi pokok bahasan mendapat respon yang sangat baik, valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Referensi

Amalia, Z., & Furqan, M. H. (n.d.). KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GAYO DALAM BUDIDAYA KOPI. https://doi.org/10.24815/jpg.v%vi%i.32130

Dhari, P. W. (2024). Pemerolehan Bahasa Anak : Kajian Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7368–7376. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29592

Dhari, P. W. (2025). The Strategic Role of Indonesian Language Teachers in Increasing Students ’ Learning Motivation. 7(2), 27–38. https://doi.org/10.61992/jiem.v7i2.119

Fajarini, U. (2014). PERANAN KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. SOSIO DIDAKTIKA, 1 NO. 2. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Jumkasna, J., Marnola, I., & Ramadan, R. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Demonstrasi. Elementica: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar, 1(01), 39–50. https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.467

Koesnandar.2008. Pengemangan bahan ajar bebasis web. (online). http://teknologipendidikan.net.

Sukarismanti, S., & Samsudin, S. (2021). Integrasi Kearifan Lokal dalam Bahan Ajar Antropolinguistik sebagai Upaya Penguatan Pemahaman dan Karakter Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3339–3349. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1253

Sutarsyah, C. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Muatan Lokal pada Sekolah Dasar di Propinsi Lampung. AKSARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 18, 35–43.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Tomlinson, B. (2011). Material Development in Language Teaching (B. Tomlinson, Ed.). Cambridge University Press.

Yulia, R. (2024). Strategi Penanaman Nilai-nilai Karakter Pada Anak Usia Dini di Rumah Anak Sholeh. Elementica: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar, 1(01), 15–25. https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.466

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Astuti, W. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Berkearifan Lokal pada Jenjang Sekolah Dasar di Tanah Gayo . Elementica, 2(01), 1–11. https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.487