Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Berkearifan Lokal pada Jenjang Sekolah Dasar di Tanah Gayo
DOI:
https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.487Keywords:
Pengembangan bahan ajar, buku percakapan bahasa inggris, kearifan lokal masyarakat gayoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Inggris untuk anak pada jendang sekolah dasar berbasiss kearifan lokal masyarakat gayo di Aceh tengah. Hal ini ini dilatarbelakangi oleh minimnya jumah bahan ajar Bahasa Inggris di jenjang sekolah dasar yang mengangkat konteks budaya lokal, khususnya budaya Gayo di Aceh Tengah. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji validitas dilakukan ahli bahan ajar dan diujikan kepada dua puluh anak pada uji coba kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara dan dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar dari bab yang terdiri dari 15 materi pokok bahasan mendapat respon yang sangat baik, valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
References
Amalia, Z., & Furqan, M. H. (n.d.). KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GAYO DALAM BUDIDAYA KOPI. https://doi.org/10.24815/jpg.v%vi%i.32130
Dhari, P. W. (2024). Pemerolehan Bahasa Anak : Kajian Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7368–7376. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29592
Dhari, P. W. (2025). The Strategic Role of Indonesian Language Teachers in Increasing Students ’ Learning Motivation. 7(2), 27–38. https://doi.org/10.61992/jiem.v7i2.119
Fajarini, U. (2014). PERANAN KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. SOSIO DIDAKTIKA, 1 NO. 2. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Jumkasna, J., Marnola, I., & Ramadan, R. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Demonstrasi. Elementica: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar, 1(01), 39–50. https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.467
Koesnandar.2008. Pengemangan bahan ajar bebasis web. (online). http://teknologipendidikan.net.
Sukarismanti, S., & Samsudin, S. (2021). Integrasi Kearifan Lokal dalam Bahan Ajar Antropolinguistik sebagai Upaya Penguatan Pemahaman dan Karakter Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3339–3349. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1253
Sutarsyah, C. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Muatan Lokal pada Sekolah Dasar di Propinsi Lampung. AKSARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 18, 35–43.
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Tomlinson, B. (2011). Material Development in Language Teaching (B. Tomlinson, Ed.). Cambridge University Press.
Yulia, R. (2024). Strategi Penanaman Nilai-nilai Karakter Pada Anak Usia Dini di Rumah Anak Sholeh. Elementica: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar, 1(01), 15–25. https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.466
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widya Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




