Pendidikan Berbasis Budaya: Integrasi Kearifan Lokal di Alam Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Kalibeber

Authors

  • Dhini Erawati UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN
  • Farah Nailis Saniyyah Universitas Sains Al- qur'an
  • Siti Mutmainah
  • Anita Silvana Universitas Sains Al- qur'an
  • Nugroho Prasetya Adi Universitas Sains Al- qur'an

DOI:

https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.508

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri 2 Kalibeber serta menganalisis dampaknya terhadap keterlibatan dan pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengintegrasikan unsur budaya lokal Wonosobo, seperti mie ongklok, tari lengger, bahasa ngapak, dan tempe kemul ke dalam mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, SBdP, IPS, dan PPKn. Penggunaan media visual, cerita rakyat, dan proyek kreatif meningkatkan motivasi belajar siswa serta menumbuhkan kebanggaan terhadap budaya daerah. Meskipun belum terdapat RPP formal berbasis budaya, guru secara mandiri memodifikasi pembelajaran agar relevan dengan konteks lokal. Integrasi kearifan lokal terbukti memperkuat dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa serta mendukung pembentukan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. Model ini layak dikembangkan sebagai pendekatan pembelajaran kontekstual di sekolah dasar.

References

Anggito A, Setiawan J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Ariful B, M., Galih Setyawan, K., Perdana Prasetya, S., & Ilyas Marzuqi, M. (2022). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Dialektika, 2 (3). https://doi.org/10.26740/penips.v2i3.49287

Borolla, F. V., Victory, B. L. V., Latupeirissa, L. N., & Masi, T. K. (2025). PERAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KEPULAUAN TERHADAP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. PEDAGOGI: JURNAL PENELITIAN DAN PENDIDIKAN, 12(1), 1-10. https://pedagogi.uniku.ac.id/pub/article/view/1

Dewi, R. K., & Attalina, S. N. C. (2024). Analisis Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Kearifan Lokal Kabupaten Jepara Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1769-1784. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2695

Fatmawilda, I., Alexander Alim, J., & Antosa, Z. (2022). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/download/2618/pdf

Fhadil, S., & Noveri, R. (2024). Transformasi Sosial melalui Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Nilai Lokal. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 394-401. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jipm/article/view/1904

Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice (3rd ed.). New York: Teachers College Press.

Habibi, K. (2025). Tarian Tradisional Didong sebagai Sarana Komunikasi Pendidikan di Komunitas Adat Gayo. An-Nuha, 5(2), 252-266. http://annuha.ppj.unp.ac.id/index.php/annuha/article/view/620

Hatima, Y. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Journal of Humanities, Social Sciences, and Education, 1(3), 24-39. https://jurnal.yayasanmeisyarainsanmadani.com/index.php/JHUSE/article/view/47

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal di sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155-164. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/10244

Januardi, A., Superman, S., & Nur, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Tradisi Masyarakat Sambas dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 794-805. http://www.jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/604

Kaimuddin, K. (2019). Pembelajaran Kearifan Lokal. In PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros (Vol. 1, pp. 73-80). https://core.ac.uk/download/pdf/326501754.pdf

Lestari, T. P. A. (2024). Potensi Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(3), 9-9. https://doi.org/10.17977/um063v4i3p9

Mulyana. (2021). Pendidikan Berbasis Budaya: Konsep dan Implementasi dalam Konteks Lokal. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardiah, A., & Supriadi, D. (2025). Kearifan Lokal dalam Tradisi Melayu Natuna: Analisis Literatur Terhadap Nilai-Nilai Sosial Budaya. Jurnal Tapak Melayu, 3(01), 93-102. https://jurnal.stainatuna.org/index.php/tapakmelayu/article/view/286.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Polii, F. F., & Ahmadi, A. (2024). Integrasi kearifan lokal untuk pendidikan yang memerdekakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah dasar. Deiksis, 16(2), 234-246. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v16i2.23021

Pratama, R., & Febriani, E. A. (2024). Kendala-kendala dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal di SMAN 2 Kinali. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 366-376. https://doi.org/10.24036/nara.v3i4.239

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Saputra, E. E., Kasmawati, K., & Parisu, C. Z. L. (2025). Peran Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Journal of Character and Elementary Education, 4(3), 13-23. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jocee/article/view/22934

Sarumaha, M., Telaumbanua, K., & Harefa, D. (2024). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Nias Selatan: Membangun Identitas Budaya pada Generasi Muda. Jurnal Education and Development, 12(3), 663-668. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/6585

Sekarini, N. L. (2023). Implementasi Etnopedagogi Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tematik di SD Negeri 1 Werdhi Agung. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian, 3(1), 23-33. https://journal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pramana/article/view/790

Sepriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: ALVABETA, CV.

Sumarni, M, L., Jewarut, S., Silvester., Melati, F, V., Kusnanto. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. In Journal of Education Research. 5(3). https://jer.or.id/index.php/jer/article/download/1330/710/6146

Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070-2080. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/666

Suryawan, I. P. P., Sutajaya, I. M., & Suja, I. W. (2022). Tri Hita Karana sebagai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 50-65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPMu/article/view/55555

Suttrisno, S., & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1). https://core.ac.uk/download/pdf/567665464.pdf

Umaya, R., ISBI, C., & Setyobudi, I. (2020). RITUAL NUMBAL DALAM UPACARA RUWATAN BUMI DI KAMPUNG BANCEUY-SUBANG (Kajian Liminalitas). Jurnal Budaya Etnika , 3 (1), 41–60. https://doi.org/10.26742/be.v3i1.1126

Umam, R., & Husain, A. M. (2024). Pengintegrasian Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Kritikalitas Dan Alternatif Solusi Berdasarkan Literatur. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 5(2), 1-12. https://journal.uii.ac.id/Abhats/article/view/34572

Wulan Dhari, P., & Nurfitriani, R. (2024). Penerapan Media Ulat Pintar Untuk Mempermudah Siswa Mengenal Huruf Dan Kata Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.472

Published

2025-06-30

How to Cite

Erawati, D., Nailis Saniyyah, F., Mutmainah, S., Silvana, A., & Prasetya Adi, N. (2025). Pendidikan Berbasis Budaya: Integrasi Kearifan Lokal di Alam Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Kalibeber. Elementica, 2(01), 25–35. https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.508