Pendidikan Berbasis Budaya: Integrasi Kearifan Lokal di Alam Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Kalibeber
DOI:
https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.508Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri 2 Kalibeber serta menganalisis dampaknya terhadap keterlibatan dan pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengintegrasikan unsur budaya lokal Wonosobo, seperti mie ongklok, tari lengger, bahasa ngapak, dan tempe kemul ke dalam mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, SBdP, IPS, dan PPKn. Penggunaan media visual, cerita rakyat, dan proyek kreatif meningkatkan motivasi belajar siswa serta menumbuhkan kebanggaan terhadap budaya daerah. Meskipun belum terdapat RPP formal berbasis budaya, guru secara mandiri memodifikasi pembelajaran agar relevan dengan konteks lokal. Integrasi kearifan lokal terbukti memperkuat dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa serta mendukung pembentukan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. Model ini layak dikembangkan sebagai pendekatan pembelajaran kontekstual di sekolah dasar.
References
Anggito A, Setiawan J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Ariful B, M., Galih Setyawan, K., Perdana Prasetya, S., & Ilyas Marzuqi, M. (2022). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Dialektika, 2 (3). https://doi.org/10.26740/penips.v2i3.49287
Borolla, F. V., Victory, B. L. V., Latupeirissa, L. N., & Masi, T. K. (2025). PERAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KEPULAUAN TERHADAP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. PEDAGOGI: JURNAL PENELITIAN DAN PENDIDIKAN, 12(1), 1-10. https://pedagogi.uniku.ac.id/pub/article/view/1
Dewi, R. K., & Attalina, S. N. C. (2024). Analisis Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Kearifan Lokal Kabupaten Jepara Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1769-1784. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2695
Fatmawilda, I., Alexander Alim, J., & Antosa, Z. (2022). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/download/2618/pdf
Fhadil, S., & Noveri, R. (2024). Transformasi Sosial melalui Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Nilai Lokal. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 394-401. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jipm/article/view/1904
Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice (3rd ed.). New York: Teachers College Press.
Habibi, K. (2025). Tarian Tradisional Didong sebagai Sarana Komunikasi Pendidikan di Komunitas Adat Gayo. An-Nuha, 5(2), 252-266. http://annuha.ppj.unp.ac.id/index.php/annuha/article/view/620
Hatima, Y. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Journal of Humanities, Social Sciences, and Education, 1(3), 24-39. https://jurnal.yayasanmeisyarainsanmadani.com/index.php/JHUSE/article/view/47
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal di sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155-164. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/10244
Januardi, A., Superman, S., & Nur, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Tradisi Masyarakat Sambas dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 794-805. http://www.jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/604
Kaimuddin, K. (2019). Pembelajaran Kearifan Lokal. In PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros (Vol. 1, pp. 73-80). https://core.ac.uk/download/pdf/326501754.pdf
Lestari, T. P. A. (2024). Potensi Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(3), 9-9. https://doi.org/10.17977/um063v4i3p9
Mulyana. (2021). Pendidikan Berbasis Budaya: Konsep dan Implementasi dalam Konteks Lokal. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mardiah, A., & Supriadi, D. (2025). Kearifan Lokal dalam Tradisi Melayu Natuna: Analisis Literatur Terhadap Nilai-Nilai Sosial Budaya. Jurnal Tapak Melayu, 3(01), 93-102. https://jurnal.stainatuna.org/index.php/tapakmelayu/article/view/286.
Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Polii, F. F., & Ahmadi, A. (2024). Integrasi kearifan lokal untuk pendidikan yang memerdekakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah dasar. Deiksis, 16(2), 234-246. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v16i2.23021
Pratama, R., & Febriani, E. A. (2024). Kendala-kendala dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal di SMAN 2 Kinali. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 366-376. https://doi.org/10.24036/nara.v3i4.239
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Saputra, E. E., Kasmawati, K., & Parisu, C. Z. L. (2025). Peran Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Journal of Character and Elementary Education, 4(3), 13-23. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jocee/article/view/22934
Sarumaha, M., Telaumbanua, K., & Harefa, D. (2024). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Nias Selatan: Membangun Identitas Budaya pada Generasi Muda. Jurnal Education and Development, 12(3), 663-668. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/6585
Sekarini, N. L. (2023). Implementasi Etnopedagogi Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tematik di SD Negeri 1 Werdhi Agung. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian, 3(1), 23-33. https://journal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pramana/article/view/790
Sepriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: ALVABETA, CV.
Sumarni, M, L., Jewarut, S., Silvester., Melati, F, V., Kusnanto. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. In Journal of Education Research. 5(3). https://jer.or.id/index.php/jer/article/download/1330/710/6146
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070-2080. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/666
Suryawan, I. P. P., Sutajaya, I. M., & Suja, I. W. (2022). Tri Hita Karana sebagai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 50-65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPMu/article/view/55555
Suttrisno, S., & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1). https://core.ac.uk/download/pdf/567665464.pdf
Umaya, R., ISBI, C., & Setyobudi, I. (2020). RITUAL NUMBAL DALAM UPACARA RUWATAN BUMI DI KAMPUNG BANCEUY-SUBANG (Kajian Liminalitas). Jurnal Budaya Etnika , 3 (1), 41–60. https://doi.org/10.26742/be.v3i1.1126
Umam, R., & Husain, A. M. (2024). Pengintegrasian Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Kritikalitas Dan Alternatif Solusi Berdasarkan Literatur. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 5(2), 1-12. https://journal.uii.ac.id/Abhats/article/view/34572
Wulan Dhari, P., & Nurfitriani, R. (2024). Penerapan Media Ulat Pintar Untuk Mempermudah Siswa Mengenal Huruf Dan Kata Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.472
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 DHINI ERAWATI, Farah, Siti, Anita, Nugroho Prasetya Adi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




