The Studi Deskriptif Implementasi Kearifan Lokal sebagai Upaya Penguatan Identitas dan Karakter Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Gondang

Penulis

  • syaharani kusuma universitas sains al-Quran
  • Mentari Tiara Larasati
  • Aulia Nur Aini
  • Vivi Nurin Fatimah
  • Mely Nurjanah
  • Nugroho Prasetya Adi

Kata Kunci:

Kearifan lokal, Penerapan, Media Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau implementasi kearifan lokal dalam pembelajaran di MI Ma’arif Gondang sebagai bagian dari upaya mendukung Kurikulum Merdeka yang relevan dengan pengalamn peserta didik dan berbasis nilai budaya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru kelas IV, dan wakil kepala bagian kurikulum, serta dokumentasi proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan local wisdom telah diterapkan secara nyata terutama pada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan beberapa ekstrakurikuler. Pembelajaran yang menghubungkan materi dengan budaya lokal terbukti meningkatkan keikutsertaan serta pengetahuan peserta didik terhadap identitas budaya daerah mereka. Dalam penerapannya terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya RPP yang memuat kearifan lokal secara jelas, keterbatasan informasi serta dokumentasi local wisdom di wilayah Gondang. Risset ini menegaskan urgensi dari bantuan secara menyeluruh, kolaborasi antarpendidik, serta pelatihan guru dalam menciptakan pembelajaran yang lebih penuh arti, sesuai zaman, dan berakar pada esensi budaya.

Referensi

Wulandari, I., Handoyo, E., Yulianto, A., Sumartiningsih, S., & Fuchs, P. X. (2023). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter Siswa di Era Globalisasi. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1).

https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/27026journal.ummat.ac.id

Mulyani, M., et al. (2024). Integrasi Teori Pembelajaran Sosial Emosional dengan Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Mencegah Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2).

Sumarni, S., et al. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 27(1), 327–332.

https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1330

Annisha, A. (2024). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU].

Sumarni, S., et al. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 27(1), 327–332.

https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1330

Muyassaroh, I., Amiroh, A., Maryadi, M., & Masruroh, N. (2024). Integrasi Kearifan Lokal dalam Kurikulum Sains di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3).

https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/93360

Kurniawan, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Melestarikan Budaya Lokal Moloku Kie Raha pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://www.researchgate.net/publication/385632743researchgate.net

Margaretha, W., & Winda, S. (2023). Peran Kearifan Lokal pada Pembelajaran Muatan Lokal di Sekolah Dasar. Sebatik, 27(1), 327–332.

https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1330

Kusnadi. (2022). Merdeka Belajar untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal: Suatu Proses Pembelajaran Memperkuat Pilar Pendidikan. Deiksis, 14(1), 63–76. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/23021

Jumriani, J., et al. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/23021

Hidayat, M. A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Teaching: Journal of Education and Learning,3(1),42–48.

https://jurnalp4i.com/index.php/teaching/article/view/1884

Maharani, E. K., & Muhtar, T. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal terhadap Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5437–5445.

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3148

Mariana, N. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding PPS UNPGRI Palembang, 1(1), 1–7.

https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1874

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-24

Cara Mengutip

kusuma, syaharani, Larasati, M. T., Aini, A. N., Fatimah , V. N. ., Nurjanah, M. ., & Adi, N. P. (2025). The Studi Deskriptif Implementasi Kearifan Lokal sebagai Upaya Penguatan Identitas dan Karakter Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Gondang. Elementica, 2(02), 1–12. Diambil dari https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/elm/article/view/506