Analisis Tantangan dan Peluang Industri Halal di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54604/mbz.v14i2.394Keywords:
Halal, Indonesia, Industri dan ProdukAbstract
Tujuan penelitian deskriptif ini adalah untuk menganalisis tantangan dan peluang industri halal di Indonesia. Data dalam penelitian diperoleh dengan cara menganalisis artikel jurnal nasional yang membahas mengenai industri halal di Indonesia. Artikel tersebut diperoleh dari Google Scholar dan referensi artikel dengan kata kunci industri halal. Analisis dilakukan dengan reduksi data, analisis data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan industri halal, tetapi juga menghadapi beberapa tantangan. Untuk mengembangkan industri halal, Indonesia perlu meningkatkan kesadaran masyarakat, meningkatkan kualitas rantai pasokan produk halal, meningkatkan kepedulian terhadap produk ramah Muslim, dan meningkatkan kerjasama dengan negara lain. Dengan demikian, Indonesia dapat meningkatkan posisinya sebagai sentra perkembangan ekonomi syariah di dunia dan meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan industri halal.
References
Arif, Mohammad Nur Rianto Al. (2023). “Meneropong Prospek Industri Halal Indonesia Di Tahun 2024.” 2023. https://m.kumparan.com/mohammad-al-arif/meneropong-prospek-industri-halal-indonesia-di-tahun-2024-21TO4veUica/3.
Fahrika, A. Ika, Siradjuddin Siradjuddin, and Ahmad Efendi. (2023). “Potensi Dan Peluang Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Halal Di Indonesia.” Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 12 (04): 426–34. https://doi.org/10.34308/eqien.v12i04.1523.
Fathoni, Muhammad Anwar. (2020). “Potret Industri Halal Indonesia: Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6 (3): 428. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146.
Hariani, Danarti. (2023). “Potensi Dan Strategi Pengembangan UMKM Halal Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi MH Thamrin 4 (1): 76–91.
Hasan, Agus Suaidi, and Baitul Hamdi. (2022). “Perkembangan Dan Tantangan Halal Fashion Indonesia Dalam Menjadi Produsen Utama Industri Halal Global.” Al-Azhar Journal of Islamic Economics 4 (2): 71–83. https://doi.org/10.37146/ajie.v4i2.134.
Hasyim, Hasnil. (2023). “Peluang Dan Tantangan Industri Halal Di Indonesia.” Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 7 (September): 665–88. https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.4918.
Herianti, Herianti, Siradjuddin Siradjuddin, and Ahmad Efendi. (2023). “Industri Halal Dari Perspektif Potensi Dan Perkembangannya Di Indonesia.” Indonesia Journal of Halal 6 (2): 56–64. https://doi.org/10.14710/halal.v6i2.19249.
Madjid, Sitti Saleha. (2022). “Analisis Peluang, Tantangan Dan Strategi Industri Halal Di Indonesia (Pada Masa Pandemic Covid-19)” 13 (1): 17–32.
Mainadmin. (2023). “Peluang Dan Tantangan Pasar Industri Halal Bagi Indonesia Dalam Mengait Muslim Milineal.” 2023. https://www.metrouniv.ac.id/artikel/peluang-dan-tantangan-pasar-industri-halal-bagi-indonesia-dalam-menggait-muslim-milenial/.
Mirsa Astuti. (2020). “Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle).” Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum 1 (1): 14–20. https://doi.org/10.55357/is.v1i1.16.
Permata, My Sun, Arif Zunaidi, Firnanda Hermadiani, and Ma’rufatul Chumairo. (2023). “Resilien Ekonomi Umat: Tantangan Dan Prospek Industri Halal Pasca Krisis Pandemi Covid-19.” Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy 2 (1): 352–65.
Razali, Ramadhan, Angga Syahputra, and Almira Keumala Ulfah. (2021). “Industri Halal Di Aceh: Strategi Dan Perkembangan.” Jurnal Al-Qardh 6 (1): 17–29.
Samsul, Supriadi Muslimin, Wardah Jafar. (2022). “Peluang Dan Tantangan Industri Halal Indonesia Menuju Pusat Industri Halal Dunia.” Journal of Islamic Economics 4: 12–24. https://doi.org/10.37146/ajie.
Sulistiani, Siska Lis. (2018). “Analisis Maqashid Syariah Dalam Pengembangan Hukum Industri Halal Di Indonesia.” Law and Justice 3 (2): 91–97. https://doi.org/10.23917/laj.v3i2.7223.
Syamsiyah, Nur, and Yudhistira Ardana. (2022). “Halal Industry in Indonesia: Opportunities, Challenges and Strategies.” Journal of Islamic Economics and Business 01 (0): 36–46.
Utari, Dewi, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto Suharto. (2022). “Industri Halal Berkontribusi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Era Pandemi Covid-19: Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Bina Bangsa Ekonomika 15 (1): 87–98. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.119.
Wahyudi, F S, M A Setiawan. (2023). “Industri Halal: Perkembangan, Tantangan, and Regulasi Di Ekonomi Islam.” Innovative: Journal Of … 3: 1801–15.
Wulandari, Retno Ayu. (2023). “Strategi Dan Tantangan Industri Halal Di Era 5.0.” Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Law And Sharia Economic (IPACILSE), 139–44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Miftahul Jannah, Malahayatie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

