PRAKTIK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA

Authors

  • Junaida SDN Percontohan Aceh Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.54604/itg.v8i1.302

Keywords:

Praktik, Pendidikan Multikultural, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan wujud kesadaran tentang keanekaragaman kultural, hak-hak asasi manusia serta pengurangan atau penghapusan jenis prasangka atau prejudice untuk suatu kehidupan masyarakat yang adil dan maju. Pendidikan multikultural merupakan suatu kebijakan untuk menyikapi kemajemukan sehingga menciptakan pendidikan yang menghargai perbedaan. Pendidikan multikultural di Aceh Tenggara menjadi hal yang perlu menjadi sorotan untuk diteliti. Tujuan yang ingin dilaksanakan dalam penelitian ini adalah: 1) mengetahui, mengidentifikasi, dan menganalisis praktik pendidikan multikultural, dan 2) peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Praktik Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, dan siswa di SD Kecamatan Badar. Hasil penelitian ini mengangkat 2 rumusan masalah yang peneliti angkat. Pertama praktik pendidikan multikultural di Sekolah sudah berjalan baik. Siswa sudah mempraktekkan hidup dalam perbedaan, membangun saling percaya, memelihara saling pengertian, menjunjung sikap saling menghargai, terbuka dalam berfikir, serta apresiasi dan interdependensi (mengapresiasi dan saling ketergantungan). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Praktik Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara mencakup kegiatan inklusi, pengembangan keprofesionalan guru, mengundang Da'i dan pendeta moderat, dan sumbangan untuk semua.

References

Hidayatullah, A., & Arifin, A. (2012). THE IMPLEMENTATION OF MULTICULTURAL EDUCATION IN THE EDUCATIONAL PRACTICES IN INDONESIA. In Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi.

Junaida. (2021). Observasi.

Nasrullah, N. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 KOTA BIMA). JIE (Journal of Islamic Education), 3(2). https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.99

Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tenggara. (2019, December 20). Profil Kabupaten Aceh Tenggara 2019. Https://Sippa.Ciptakarya.Pu.Go.Id/Sippa_online /Ws_file/Dokumen/Rpi2jm/DOCRPIJM_15091794334_BAB_-IV_DOK.Pdf.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Junaida. (2023). PRAKTIK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA. Inteligensia, 8(1), 17–22. https://doi.org/10.54604/itg.v8i1.302