MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU STANDAR PROSES PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SE-KABUPATEN GAYO LUES
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v9i1.384Keywords:
Teknik Coaching, Supervisi AkademikAbstract
Dalam upaya peningkatan kompetensi pembelajaran guru yang berpusat pada peserta didik di sekolah, kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi memiliki peranan yang penting, coaching adalah gaya pembinaan dengan cara berkomunikasi yang lebih banyak mendengar secara aktif serta bertanya untuk menggali informasi lebih banyak terutama pada guru PAI yang ada di SMA Kabupaten Gayo Lues. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi, faktor dukungan dan tantangan pada teknik coaching pada supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru PAI yang berpusat pada peserta didik di SMA Kabupaten Gayo Lues. Dalam penulisan tesis ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode field research dan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini terdiri dari 4 (empat) orang Kepala Sekolah dan 4 (empat) orang guru PAI.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknik coaching pada supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru PAI yang berpusat pada peserta didik di SMA Kabupaten Gayo Lues dilakukan oleh kepala sekolah, pengawas dan juga beberapa guru senior yang di berikan tugas oleh kepala sekolah. Pelaksanaan teknik coaching pada supervisi akademik meliputi Perencanaan Supervisi sebagai langkah awal yang dilakukan, kemudian Pelaksanaan Supervisi dimana pelaksanan supervisi, ada Pembina dan ada yang di bina. Dalam pelaksanaan supervisi, supervisor menggunakan dua teknik yaitu teknik individu dan teknik kelompok. Untuk melihat perkembangan dan progress supervisi selama ini kepala sekolah melakukukan evaluasi supervisi sebagai bahan untuk tindak lanjut kedepannya. Faktor yang mendukung dalam peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesinalitas guru di SMA Kabupaten Gayo Lues adalah adanya kualitas SDM atau guru yang melaksanakan tugasnya dengan baik. Selanjutnya seorang guru yang memiliki sikap komitmen untuk selalu mengembangkan kompetensinya, dan selanjutnya yaitu IT, semangat professionalitas dalam bekerja, dan kompetensinya dalam bekerja ini akan bisa mencapai tujuan, visi dan misi dengan baik. Faktor penghambat adalah seorang guru yang susah menerima arahan, pendapat, dan koreksi dari kepala sekolah atau orang lain. Selanjutnya adalah IT, kadang ada guru yang tidak terlalu paham mengoperasikan IT ini jadi guru harus berusaha dan sadar untuk belajar tentang IT tersebut guna memenuhi kompetensi guru.
References
Agustina, T. (2023). Wawancara.
Akbar, A. (2023). Wawancara.
Kamaruddin. (2023). Wawancara.
Khudri. (2023). Wawancara.
Majid, A. (2018). Penerapan Coaching untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam supervisi akademik pada SMP Binaan Dinas Pendidikan kota Banjarmasin. Lentera: Jurnal Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.33654/jpl.v13i1.336
MARDIYATUN, M. (2021). IMPLEMENTASI COACHING INDIVIDUAL UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.353
Marjoni. (2023). Wawancara.
Milasari, Hasibuan, L., Anwar Us, K., & Wahyudi, H. (2021). Prinsip-prinsip Supervisi, Tipe/Gaya Supervisi, Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2).
Mulo, A. (2023). Wawancara.
Muniroh, S., Rachmajanti, S., Laksmi, E. D., Fadhillah, J. N., & Saputri, N. N. A. (2022). Incorporating critical thinking and English as a medium of instruction for elementary school students. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 50(1). https://doi.org/10.17977/um015v50i12022p17
Murniati. (2023). Wawancara.
Nawas, A. (2023). Coaching Supervisi Akademik Berbasis Untuk Meningkatkan Kinerja Guru . Coaching Supervisi Akademik Berbasis Untuk Meningkatkan Kinerja Guru , 14(1), 5–5.
Nengsih, S. (2021). Analisis Pengaruh Peran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pegawai Di SMP Negeri 5 Singkawang. Hectocorn.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).
Rasipah. (2023). Wawancara.
Rusmida. (2023). Wawancara.
Sabarin, G., & Djunaidi, A. (2019). PERAN GURU DAN MASYARAKAT SEKOLAH DALAM MENGHADAPI PENGARUH MEDIA SOSIAL TERKAIT DENGAN KENAKALAN REMAJA DI SMA NEGERI 1 MAUPONGGO. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.676
Widodo, H. (2018). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SLEMAN. Metodik Didaktik, 13(2). https://doi.org/10.17509/md.v13i2.8162
Zulqaidah, Lubis, M. Br., Nabila Zulfa, Marsyeli, Muharil, & Nasution, I. (2023). Strategi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Islamic Education, 3(1). https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.922
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

