MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU STANDAR PROSES PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SE-KABUPATEN GAYO LUES

Authors

  • Ali Nurdin Cabang Dinas Pendidikan Gayo Lues

DOI:

https://doi.org/10.54604/itg.v8i1.301

Keywords:

Supervisi Akademik, Mutu Standar Proses Pembelajaran Guru

Abstract

Supervisi akademik merupakan salah satu supervisi yang seharusnya dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu standar proses pembelajaran, karena guru adalah orang yang berhubungan langsung dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik yang dilaksanakan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu standar proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian yang berusaha mengungkapkan, menemukan dan menggali informasi tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik dalam meningkatkan mutu standar proses pembelajaran guru pendidikan agama islam Di SMA Se- Kabupaten Gayo Lues.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru PAI dan Guru umum/kelas. Tehnik analisis data. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Hasil penelitian mengungkapkan tiga temuan yaitu pertama, Perencanaan Pelaksanaan Supervisi Akademik yang dilaksanakan oleh Kepala sekolah dalam meningkatkan mutu standar proses pembelajaran guru pendidikan agama islam di SMA Se- Kabupaten Gayo Lues dilakukan pada umumnya melalui perencanaan dalam musyawarah/rapat tentang program kerja Kepala Sekolah yang kemudian menghasilkan program kerja Kepala Sekolah dan dituangkan di dalam program tahunan serta diimplementasikan dalam program semester dan dilaksanakan di wilayah kerja Kepala Sekolah se- kabupaten Gayo Lues. Kedua pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan mutu standar proses pembelajaran guru pendidikan agama islam di SMA Se- Kabupaten Gayo Lues yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah meliputi pemantauan, pembinaan, dan penilaian terhadap guru pendidikan agama Islam. Ketiga, Evaluasi pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan mutu standar proses pembelajaran guru pendidikan agama islam di SMA Se- Kabupaten Gayo Lues yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah bertujuan untuk melihat hasil kemampuan guru dalam proses pendidikan agama Islam.

References

Fattah, N. (2012). Landasan Manajemen Pendidikan. Rosdakarya .

Manoppo, Y. K. (2014). Analisis penerapan standar proses pembelajaran pendidikan agama islam di smp negeri 2 kota gorontalo. Tadbir Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Priansa, Junni, D., & Setiana, S. S. (2018). Manajemen dan Supervisi Pendidikan, ( Pustaka Setia, Bandung 2018,), 240 . Pustaka Setia.

Ramayulis, & Mulyadi. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kependidikan Islam. Kalam Mulia .

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran . Kencana Prenada Media Group .

Sola, E. (2018). ADA APA DENGAN SUPERVISI PENDIDIKAN? Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 130–140. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5406

Sudjana, N. (2012). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, H. (2012). Manajemen: Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara .

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Ali Nurdin. (2023). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU STANDAR PROSES PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SE-KABUPATEN GAYO LUES. Inteligensia, 8(1), 8–16. https://doi.org/10.54604/itg.v8i1.301