Analisis Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPAS

Penulis

  • Fina Badriyah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Nasyariah Siregar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.498

Kata Kunci:

Kreativitas, PjBL, Siswa

Abstrak

Pendidikan yang terus berkembang menuntut guru agar dapat menggunakan beragam model pembelajaran yang ada. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengasah dan meningkatkan kreativitas siswa ialah model Project Based Learning (PjBL). Melalui model PjBL siswa diarahkan untuk mampu memecahkan masalah dan menyelesaikan sebuah proyek. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak dari penerapan model PjBL di tingkat sekolah dasar dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata Pelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni Systematic Literature Review (SLR) dimana sumber utama dari penelitian ini diambil dari sumber sekunder atau kepustakaan yang diambil dari artikel nasional yang ada di Garuda (Garba Rujukan digital) yang dikelola oleh kemendikbudristek. Hasil dari penelitian ini ialah adanya peningkatan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran IPAS yang menggunakan model Projct Based Learning.

Referensi

’Adiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.306

Aiman, U., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Potensi Daerah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 116–123. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2938

Andriana, F., Restian, A., & Siswanto, E. (2024). PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTUAN ALAT PERAGA SIPERNA (SISTEM PERNAPASAN MANUSIA) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SDN 01 PUNTEN BATU. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 15(1), 37–48.

Anjarwati, A., Qomariyah, R. S., Putri, M. K., Rohman, A. P. E., & Royyana, M. D. (2022). Integrasi Pendekatan Steam-Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas siswa kelas V SDN Sukabumi 2 Probolinggo. Prosiding Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 1031–1038.

Asidiqi, D. F. (2024). Model projeck based learning (PJBL) dalam meningkatkan kretivitas siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 7(2), 126–128.

Hidayati, S., & Restian, A. (2023). Peningkatan Kreativitas Menggunakan Model Project Based Learning Mata Pelajaran Ipas Konteks Merdeka Belajar Kelas 4 Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1865–1877. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7860

Ingtiyasningsih, P., Nurhidayati, N., & Ngazizah, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Kelas V Sd Negeri Kepatihan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 210. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10605

Juliana, M., Hadi, N., & Muhammad, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(1), 85–92. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4040

Lantang, E. R., Sumilat, J. M., Tarusu, D. T., Pendidikan, F. I., Psikologi, D., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PJBL) Terintegrasi Stem Dalam Meningkatkan Kreativitas IPA Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(16), 803–808. https://doi.org/10.5281/zenodo.10139662

Muliani. (2022). Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VI-C SDN Pendem 01 Batu Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 276–298.

Munadifa, I., Nafiah, Setyaningsih, E. R., & Ubaidillah, M. R. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV Sekolah Dasar. … National Conference For …, 01, 62–69. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1187%0Ahttps://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/download/1187/605

Rahmadanti, M., Lusa, H., & Tarmizi, P. (2022). Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan kreativitas dan Kerjasama Peserta Didik Kelas V SDN 171 Rejang Lebong. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(2), 247–255. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v5i2.15336

Rosyda, A. L., Chamdani, M., & Susiani, T. S. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Pembelajaran IPAS tentang Perubahan Bentuk Permukaan Bumi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Karangsari Tahun Ajaran 2023/2024. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 1–23.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068

Siti Dwi Amriani, Ita Uzzakah, Rian Agus Prakoso, Peggy Ayu Sabella, Miftahus Surur, & Agusti Agusti. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 13–25. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.316

Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). Implementasi Geogebra Terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran: a Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972

Wahyu Mutiaradifa, R., Athma Putri Rosyadi, A., Muhammadiyah Malang, U., & Ngaglik, S. (2023). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Bangun Datar di Kelas 4 SDN Ngaglik 01 Batu. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 199–207. http://www.jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/848

Wahyuni, S., Sri Astutik, D., Lisnawati, W., Izmarini, D., Ukhrowiyatul Hasanah, S., Izzah, N., & Ramandani Putri, D. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 1067–1076. https://doi.org/10.29100/.v6i3.4807

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463

Zuhroh, L. F., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2021). Penggunaan Kotak Pintar Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterlibatan Orangtua pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas V di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 309. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14530

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Badriyah, F., & Siregar, N. (2025). Analisis Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPAS. Elementica, 2(01), 48–63. https://doi.org/10.54604/elm.v2i01.498