Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Huruf Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.469Kata Kunci:
Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini berangkat dari permasalahan siswa kelas 1 di MIN Aceh Tengah, yang mana siswa kesulitan dalam membaca, yaitu membaca permulaan, kemudian siswa kurang termotivasi pada pembelajaran membaca. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca di kelas 1 dengan mengguna media kartu huruf. PTK merupakan suatu metode pada penelitian yang dilakukan, yang memiliki empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian yang dilakukan terdapat 2 siklus, pada penelitian terdapat instrumen penelitian yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada pra siklus siswa yang mampu dalam mebaca terdapat 10 siswa 40% dari jumah siswa keseluruhan sebanyak 15 siswa. Kemudian pada siklus I adanya peningkatan namun belum signifikan yaitu sebanyak 12 siswa yang sudah mampu dalam membaca dengan persentase 48%. Selanjutnya dilakukan siklus II yang terdapat sebuh peningkatan yakni sebanyak 22 siswa yang sudah mampu dalam membaca yang dapat dipersentasekan 88%, hanya 3 orang yang masih kurang mampu dalam membaca. Maka dari penggunaan media kartu huruf sangat efektif dilakukan pada pembelajaran membaca permulaan.
Referensi
Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. In Citapustaka Media: Medan (p. 89).
Delvia, R., Taufina, T., Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022–1030. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230
Fahmi, Chamidah, D., Hasyda, S., Muhammadong, M., Saraswati, S., Muhsam, J., Listiyani, L. R., Rahmawati, H. K., Yanuarto, W. N., Maiza, M., Tarjo, T., & Wijayanti, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap dan Praktis. In CV. Adanu Abimata: Jawa Barat (Issue 1).
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8–13. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752
Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGames Apps. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618
Hendrayani, A. (2023). Meningkatan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2), 1. https://doi.org/10.31000/ijoee.v4i2.7017
Kadir, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 Melalui Media Gambar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2), 93–102. https://doi.org/10.37905/aksara.5.2.93-102.2019
Koilmo, E. B. A., Mbuik, H. B., & Nitte, Y. M. (2020). Analisis Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 101–110.
Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data. Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 20.
Masitoh, I., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1839–1851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5669
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210–228. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyoni, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., Latif, N., Prihastari, E. B., Aini, K., Zakaria, & Hidayati. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka: Sukoharjo (p. 162).
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854
Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(1), 301–306.
Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Analisis Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. JPdK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 11(2), 109–116. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i2.7956
Suprihatin, D., & Hariyadi, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(4), 1384–1393. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1468
Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca. In Penerbit In Media: Bogor. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/mfyhe
Suyatno, U. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kartu Huruf. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.31949/ra.v1i1.2596
Syaifudin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.
Veryawan, V. (2020). Media Kartu Huruf dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 2(2), 151–164. https://doi.org/10.32505/lentera.v2i2.2119
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurjani; Sardiana Sardiana, Abdussyukur Abdussyukur

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




