Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Cooperative Script
DOI:
https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.467Kata Kunci:
Cooverative Script, Metode Cooverative Script, Hasil BelajarAbstrak
Guru harus mampu mengelola kelas dengan baik dan memilih metode yang tepat. Salah satu metode yang efektif adalah metode pembelajaran Cooperative Script. Dengan metode ini, siswa belajar berpikir kritis secara individual dan mengutarakan hasil pemikirannya. Selain itu, mereka juga dapat memperbaiki kekurangan siswa lain melalui diskusi face-to-face atau dengan pasangan sebangku. Melalui artikel ini, peneliti memaparkan tentang proses penerapan metode Cooperative Script yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Aceh Tengah. Desain atau rancangan penelitian ini menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kuantitatif menggunakan dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Cooperative Script dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Aceh Tengah dibuktikan dengan rata-rata nilai akhir (X) kelas eksperimen = 79,6.
Referensi
A’la, Miftahul. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Divapress.
Abin, Syamsuddin. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hesti, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MIA 2 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 647–657. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.11086)
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kabatiah, M., Akmal, A., Suhertina, S., & Zaswita, H. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial. 2(2). 101-116.DOI : 10.24014/tsaqifa.v2i2.23243
Kadir. (2010). Statistika Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosenata Sempurna.
Komari, Ena. (2021). Metode Cooperative Script Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpidato Persuasif Siswa. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan. Vol 9 (1).1-10
Meilani, Rima dan Nani Sutarni. 2016. Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 1 Nomor 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349
Natalina, M., Nursal, & Srini. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, 44-51.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puryanti, E. dan Maryamah. (2015). Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten Oku Timur. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI). 1 (2): 303-330.
Rostina, Sundaya. (2009). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. (2008). Sterategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sukma, F. A., & Rahmawati, L. E. (2022). Implementasi Metode Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa. Paedagogie, 17(2), 49–58. Https://Doi.Org/10.31603/Paedagogie.V17i2.6891
Supriatna, A. ., Nasem, & Aenul Quthbi, A. . (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN DAN PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DI INDONESIA. Jurnal Tahsinia, 2(2), 158–172. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.302
Supriyono, Agus. (2009). Cooveratif Learning. Bandung: Alfebata.
Suryani, N. K., Atmaja, I. N., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Sosiologi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-12.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suyatno. (2009). Pembelajaran Inovatif. Bandung: Sidoarjo Masmedia Busana Pustaka.
Zamria, Z. (2021). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK SISWA MTSN 1 BAUBAU. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 96-103. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.392
Zamzani, R., & Munoto. (2013). Pengaruh Teknik Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika pada Siswa Kelas X TAV Di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 343-350.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jumkasna, Ilham Marnola, Ramadan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




