Strategi Penanaman Nilai-nilai Karakter Pada Anak Usia Dini di Rumah Anak Sholeh
DOI:
https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.466Kata Kunci:
Strategi Penanaman Karakter, Nilai – nilai karakter, Rumah Anak SholehAbstrak
Penanaman nilai-nilai karakter menjadi salah satu bagian yang tak dapat dipisahkan. Karena, karakter menjadi salah satu fungsi terbaik jati diring seseorang dalam kehidupannya. Namun, saat ini penanaman nilai-nilai karakter masih belum menemukan formula strategi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di Rumah Anak Sholeh (RAS) yang merupakan lembaga nonprofit yang fokus pada penanaman karakter pada anak. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa hakikatnya strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter terbagi menjadi dua bagian yaitu penanaman melalui berbagai metode khas RAS, dan penanaman melalui media. Hakikatnya strategi yang digunakan didasarkan pada kebutuhan psikologis anak-anak, hanya saja RAS memiliki strategi khusus sehingga dalam pelaksanaannya terdapat strategi yang memiliki ke-khas-an.
Referensi
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design (3rd ed.). Sage Publication, Inc.
Cyntia, A. A., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i2.39840
Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini.
Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.
Haryono, S. E., Muntomimah, S., & Eva, N. (2021). Planting Values through Character
Education for Early Childhood. KnE Social Sciences, 2020(58), 97–108. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8194
Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Di Era Digital, 1(1), 109–114. http://ejurnal.mercubuana- yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/893/573
Huda, S., Ridwanulloh, M. U., Khasanah, S. M. K., Prasetyo, A. E., Donasari, R., & ... (2022). Improving Language Skills and Instilling Character Values in Children Through Storytelling. Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 161–184. http://repository.iainkediri.ac.id/822/%0Ahttp://repository.iainkediri.ac.id/82 2/1/Improving Language Skills.pdf
Kristina Tobing, H., Gabriela Simanjuntak, M., Anggita, D., Amanda, D., Siska Anggraini, E., & Simare-mare, A. (2024). Strategi Komunikasi Efektif dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK An-Nizam. Jurnal Global Ilmiah, 1(10), 355–359. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i10.98
Lickona, T. (2013). Character Matters; Character Matters; Character Issues and How to Help Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Important Virtues (Second). Bumi Aksara.
Lilik, E., 1 , S., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Media Loose Part pada Kelompok Bermain. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1256–1270. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6486
Mariatun, I. L., & Sholeh, Y. (2023). Teacher Efforts to Instill Character Values in Learning. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(3), 1488–1500.
Marini, A., Maksum, A., Satibi, O., Edwita, Yarmi, G., & Muda, I. (2019). Model of student character based on character building in teaching learning process. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2089–2097. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071006
Marlina, S. (2017). Character Values Development in Early Childhood through Traditional Games. 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE-16), 58, 404–408. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.71
Munawaroh, M., & Muhaimin, A. (2023). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Utama Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama( SMP Baburrohmah Mojosari ). Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(2), 140–146.
Nabi, M. N. (2011). Parents - Teachers’ Collaboration In Building Students’ Positive Manner. International Seminar “Character Building In Instructiom” At Hermina Hall of University of DarmaAgung on December 12th, 2011, December, 12–17.
Novarita, N. (2015). Pendidikan dan Pembentukan Karakter dengan Pembelajaran Jurnal Kepribadian. Seminar Nasional “Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Dan Pembelajaran,” 234–239.
Pakpahan, Tio Rosalinda S.Jumra Fadila, H. S. G. B. G. (2024). Pentingnya Komunikasi Efektif dalam Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 37–44.
Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355
Safrizal, S., & Yulia, R. (2022). PAUD Teachers Encouragement Strategis in Facing The Dynamics of Online Learning. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 22–28.
Safrizal, S., Yulia, R., & Suryana, D. (2021). Patterns of Habituation of Worship at Home in Early Childhood During the COVID-19 Pandemic. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 181–190.
Samsinar, S., Fatimah, F., Syamsuddin, A., & Dewantara, A. H. (2023). Character Development Model for Early Childhood Learners at Islamic Kindergarten. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(1), 43–57. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i1.5122
Sari, A. R. (2021). the Role of Teachers in Building Student Character At Sindangsari 02 State Elementary School. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 4(3), 48–59. https://doi.org/10.54783/japp.v4i3.537
Setyowati, L. (2013). Integrating Character Building into Teaching to Enhance. The Students Environmental Awareness, 3(1), 1–10.
Siregar, F. R. (2018). Nilai-Nilai Budaya Sekolah dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 1(1). https://doi.org/10.24952/gender.v1i1.777
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suri, D. (2021). Parenting Pattern in Instilling The Character for Children From an Early Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1599–1604. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1794
Suwaid, M. N. A. H. (2010). Prophetic Parenting; Cara Nabi SAW Mendidik Anak (F. A. A. Qurusy (ed.)). Pro-U Media.
Suwastini, N. K. A., Aryawan, L. P. K. F., Artini, N. N., Jayantini, I. G. A. S. R., & Adnyani, K.
E. K. (2023). Literature for Character Building: What To Teach and How According To Recent Research. Lingua Scientia, 29(2), 59–70. https://doi.org/10.23887/ls.v29i2.41107
Tuhuteru, L., Keloko, A. B., Rumfot, S., Pandji, V. C., & Hariyadi, A. (2023). Peran Media Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(1), 111–117. https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8643
Yuniarni, D. (2012). Character Education in Early Childhood. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1), 129–138. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.333
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Resti Yulia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




