Pengelolaan Kelas untuk Kenyamanan Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus Jenjang Sekolah Dasar di Sekolah Luar Biasa Silih Nara
DOI:
https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.464Kata Kunci:
Pengelolaan, Kenyamanan Belajar, Anak Berkebutuhan KhususAbstrak
Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan oleh individu dalam rangka mendapatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif serta perubahan perilaku. Dalam proses belajar tersebut perlu adanya suasana nyaman dalam diri peserta didik agar apa yang diupayakan dapat terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas untuk kenyamanan belajar pada anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SDLB Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis data model Analysis Interactive dari Miles dan Huberman. yang membagi kegiatan analisis menjadi beberapa bagian yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Penelitian ini menemukan bahwa, dalam pengelolaan kelas ada tahapan, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan guru menyusun RPP di awal semester. Tahap pengorganisasian kepala sekolah bersama guru mengadakan rapat awal pembelajaran. Tahap pelaksanaan guru menyiapkan ruang belajar dengan menghias kelas agar siswa nyaman. Dan pada tahap evaluasi, secara bersama-sama kepala dan guru mengadakan rapat tiap 6 bulan untuk membenahi kekurangan dalam pengelolaan kelas.
Referensi
Angelya, A. A., Nurmalasari, Enggin Rios Saputra, Naziha Amani, Sukatin, & Mashudi Hariyanto. (2022). Pengorganisasian Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 97–105. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i3.856
Creswell J. (2003). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (2nd ed.). Sage Publication, Inc. London.
Habbah, E. S. M., Husna, E. N., Yantoro, Y., & ... (2023). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Holistika: Jurnal Ilmiah …, 85. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/16719%0A https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/16719/8715
Hayati, I. R. (2016). Pengelolaan Proses Pembelajaran Bagi Anak Inklusi Di Sd Kepuhan Bantul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 20, 373–378.
K. Sellang, M. D. (2017). Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen dalam Kepemimpinan di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Muhammadiyah Rappang. Akmen, 13(3), 469–477. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen/article/view/84
Kadri. (2018). Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran. Jurnal Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 48.
Latipah Sari. (2022). Wawancara.
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696
Mardi Fitri, D. G. R. K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424
Matthew B. Miles, A Michael Huberman, J. saldana. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. In SAGE Publications Asia-Pasific Pte.Ltd. (3rd ed.). SAGE Publications Asia-Pasific Pte.Ltd.
Mukhlisoh, M., & Suwarno, S. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 11(1), 56–75. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i1.449
Nanda Nastia. (2022). Observasi.
Sagala, S. (2022). Studi Kasus Pengaruh Kenyamanan Belajar di Kelas terhadap Proses Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358.
Suwarno, S., Durhan, D., & Muhaimin, M. (2021). Implementation of Covid-19 on Character Education. Journal of Sosial Science, 2(3), 312–319. https://doi.org/10.46799/jsss.v2i3.133
Ula, H., & Suwarno, S. (2023). Character Education Program Management to Improve Student’s Religious Attitudes in Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 90–107. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3032
Wahid Eka Saputra. (2020). Pengaruh Pengorganisasian Dan Koordinasi Terhadap Kinerja Pegawai Kementrian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Edunomika, 4(2), 1–15. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/
Waspiah, W., Arifin, R., Putri, N. M., Safarin, M. H. A. F., & Putri, D. D. P. (2022). Student Edited Law Journals: Strengthening the Creativity of Law Students in a Challenging Era. Journal of Creativity Student, 7(2), 133–154. https://doi.org/10.15294/jcs.v7i2.38493
Weni Kurniawati, Y. T. F. (2023). Proses Manajemen Strategi. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 9(2), 1–13. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/1906
Wirda, A., Simbolon, P. J., Neli, N., & Yantoro, Y. (2022). Pengelolaan Kelas dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7721–7727. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4149
Yuspidaini. (2022). Wawancara.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nanda Nastia, Zuhri Zuhri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




