Integrasi Kearifan Lokal Wonosobo dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Menjer
Keywords:
Kearifan Lokal, Pembelajaran, Sekolah Dasar, IntegrasiAbstract
Perkembangan teknologi informasi dalam era globalisasi membawa budaya asing masuk dengan cepat ke Indonesia, berpotensi mengancam identitas budaya lokal. Sehingga pengenalan kearifan lokal dalam pendidikan menjadi penting untuk pemahaman dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah. Penelitian ini mengkaji integrasi kearifan lokal Wonosobo dalam proses pembelajaran di SD Negeri Menjer dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru secara aktif mengintegrasikan berbagai unsur kearifan lokal, seperti tari Lengger, makanan khas carica, gethuk, dan opak, serta praktik sosial seperti gotong royong dan upacara adat ke dalam mata pelajaran seni budaya, kewirausahaan, Bahasa Indonesia, dan IPA. Metode pembelajaran yang diterapkan meliputi penjelasan lisan, pemutaran video, dan penggunaan benda nyata agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang kontekstual dan bermakna. Selain itu, kegiatan Market Day menjadi sarana efektif untuk mengenalkan budaya lokal sekaligus melatih keterampilan sosial dan kewirausahaan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi kearifan lokal tidak hanya memperkaya materi pembelajaran, tetapi juga membentuk karakter dan identitas budaya peserta didik, mendukung pendidikan yang holistik dan berakar pada budaya daerah. Temuan ini diharapkan memberikan gambaran yang jelas dan komprehensif mengenai penerapan integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar.
References
Arfina, Salsabila Kusuma, Siti Nur Hayati Meidi, Wita Sari, Yuli Wahyuni, and Rana Gustian Nugraha. 2022. “Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Pada Era Milenial.” Jurnal Kewarganegaraan 6 (1): 2150–52.
Esa, Maha. 2024. “Implementasi Pembelajaran Ipa Berbasis Kearifan,” no. 2023, 411–18.
Hakim, Arif Rohman, and Jajat Darojat. 2023. “Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Dan Identitas Nasional.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8 (3): 1337–46. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1470.
Imron, Arifin. 1996. “Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Keagamaan,” no. September, 27.
Jadidah, Ines Tasya, Muhammad Raihan Alfarizi, Levi Lauren Liza, Wira Sapitri, and Nabila Khairunnisa. 2023. “Analisis Pengaruh Arus Globalisasi Terhadap Budaya Lokal (Indonesia).” Academy of Social Science and Global Citizenship Journal 3 (2): 40–47. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v3i2.2136.
Jubaedah, Rida, Dini Anggraeni Dewi, and Tuti Istianti. 2025. “Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Integrasi Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran” 10 (2): 1286–91.
Maharani, Suci Trisia, and Tatang Muhtar. 2022. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Siswa.” Jurnal Basicedu 6 (4): 5961–68. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3148.
Sudarmin. 2014. “Pendidikan Karakter, Etnosains Dan Kearifan Lokal (Konsep Dan Penerapannya Dalam Penelitian Dan Pembelajaran Sains).” Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahun Alam, UNNES, 1–139.
Ulia, Nuhyal, Universitas Islam, and Sultan Agung. 2025. “Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa SDN Bangetayu Wetan 02 Melalui Pendekatan Among Dalam Filosofi Ki Hadjar Dewantara” 5 (2): 1262–74.
Ummah, Masfi Sya’fiatul. 2019. No 2 Vol. 11. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
Wafiqni, Nafia, and Siti Nurani. 2019. “Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10 (2): 255–70. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170.
Wahyudin, Dinn, Edy Subkhan, Abdul Malik, Moh. Abdul Hakim, Elih Sudiapermana, Maisura LeliAlhapip, Lukman Solihin Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, Nur Berlian Venus Ali, and Fransisca Nur’aini Krisna. 2024. “Kajian Akademik Kurikulum Merdeka.” Kemendikbud, 1–143.
Walad, Muzakkir, Ulyan Nasri, M Ikhwanul Hakim, and Muh Zulkifli. 2025. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Agama : Transformasi Karakter Agama” 12:265–77.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laila Maida Karima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




