Penanganan Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

Authors

  • Nazri Adlani IAIN Takengon
  • Hanifah Maria STAIN Mandailing Natal

Keywords:

Penanganan, Anak, ADHD

Abstract

ADHD pada dasarnya merupakan suatu kondisi yang mencakup disfungsi otak,  ketika seseorang mengalami kesulitan dalam mengendalikan implus, menghambat prilaku dan tidak mendukung rentang perhatian, atau rentang perhatian yang mudah dialihkan. Artikel ini disusun menggunakan metode penelitian study teoritis. Dimana artikel disusun berdasarkan beberapa buku dan jurnal yang dianalisis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi tahapan penanganan anak hiperaktif/ADHD. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan penanganan anak hiperaktif dapat dilakukan melalui: 1)  kegiatan belajar di kelas anak ADHD seharusnya menghindari menempatkan anak ADHD didekat jendela, maupun pintu, 2) tidak memberikan hukuman yang terlalu berat dan hanya memberikan pengertian bahwa hal itu tidak diperboleh dan melanggar aturan yang ada, 3) Memberikan apresiasi atas kerja dan jerih payah anak ADHD dengan meberikan hadiah/tanda bintang/ tanda bahwa dia berprestasi, 4) melakukan kontak diawal pembelajaran atau memberikan sentuhan kasih sayang sebagai pemberi semangat, 5) Sering melakukan kontak fisik dengan anak ADHD dengan memeluk dan memberikan kasih sayang, memahami anak ADHD, dan 6) Memberikan penekanan akhir akan pelajaran atau penyampaian fungsi dari kegaitan yang dilakukan. Penanganan khusus untuk terkontrol bisa dilakukan melalui Dokter Psikolog untuk penanganan yang maksimal.

 

References

Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI LINGKUNGAN HIDUP PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 SUKODONO. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2). https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5727

Edtami, T. L., Putra, R. A., & Ruhyanto, A. (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KAWALI. J-KIP (Jurnal KeOrang tua/Guruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8888

Fatmawati, E. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PROJECT BASED LEARNING (PjBL).

Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 1(1). https://doi.org/10.61116/jipp.v1i1.6

Hafsah Adha Diana, & Veni Saputri. (2021). MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBASIS SOAL NUMERASI. Numeracy, 8(2).

https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1609

Jariyah, S. (2022). IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DENGAN PENGGUNAAN WHATSAPP

DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SDN 008 SIMPANG GAUNG. Primary: Jurnal Pendidikan Orang tua/Guru Sekolah Dasar, 11(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8767

Jupriyanto, J., & Nuridin, N. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Orang tua/Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1). https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.944

Kartini, K. (2018). Studi Tentang Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Pembuatan Kemeja Berbasis Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 3 Malang. SKRIPSI Jurusan Tata Busana - Fakultas Teknik UM.

Khairani, A. N., & Rosyidi, M. (2022). Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Orang tua/Guru Sekolah Dasar, 9(2). https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6317

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring.

Diakronika, 20(2). https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148

Mardianto. (2023). PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMANFAATKAN OBJEK LINGKUNGAN SEKITAR PADA MENGGAMBAR MOTIF RAGAM HIAS FLORA DAN

FAUNA. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2066

Mariska, I., Zainal, Z., & Tanwil, T. (2021). Model PJBL Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Pinisi Journal PGSD.

Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah, S. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi

Imajinasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886

Nuryana, A., Hernawan, A., & Hambali, A. (2021). PERBEDAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN TRADISIONAL DAN PENERAPANNYA DI

KELAS (Analisis Pendekatan Pembelajaran PAI). Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1). https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.10544

Panggabean, D., & Hidayat, D. (2022). Integrasi Teknologi Pembelajaran dalam Aktivitas Belajar dan Mengajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1061

Pratiwi, D., Larasati, A. N., & Berutu, I. L. (2022). Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di Abad-21. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2).

Rosmawati, & Wijayanti, P. (2019). Analisis Minat Belajar dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau). Jurnal Edukasi Cendikia,

Published

2025-11-24

How to Cite

Adlani, N., & Maria, H. (2025). Penanganan Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Elementica, 2(02), 50–61. Retrieved from https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/elm/article/view/496