Pendekatan Diferensiasi dalam Pengajaran di Madrasah Ibtidaiyah
Keywords:
Pendekatan diferensiasi, kurikulum merdeka, pengajaran, madrasah ibtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan diferensiasi dalam pengajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Pendekatan diferensiasi adalah metode pembelajaran yang berfokus pada pengakuan dan penghargaan terhadap perbedaan individu siswa yang melibatkan siswa secara aktif sesuai karakteristiknya. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber teoritis terkait pendekatan diferensiasi, kurikulum merdeka, dan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa dengan membedakan isi, proses, produk dan lingkungan belajar. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas bagi pendidik untuk menyesuaikan kurikulum dan strategi pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Disarankan untuk melakukan asesmen diagnostik guna mengidentifikasi profil belajar siswa dan menerapkan pembelajaran sesuai karakteristik siswa dalam kerangka kurikulum merdeka.
References
Adib, N., & BABEL, D. J. T. S. S. A. S. (2010). Strategi Pengajaran dan Desain Pengajaran. Jurnal Pendidikan Islam.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.
Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Arhinza, A., Sukardi, S., & Murjainah, M. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6518–6528.
Azmy, B., & Fanny, A. M. (2023). LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217–223.
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177–11182.
Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617.
Ghani, A. (2023). Paradigma Diferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Konteks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. EL-Hikmah: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 17(2), 169–179.
Gultom, H. (2022). Pengembangan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Anak Berbakat di TK Maria Mutiara.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.
Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947–9957.
Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi video dalam pengajaran dan pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105–112.
Komalasari, E. (2019). Peran Guru Dalam Media Dan Sumber Belajar Di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 439–448.
Lestari, Y. D., & Laili, M. (2024). Strategi dan Mengatasi Tantangan dalam Pengajaran di Sekolah Dasar. Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 7–12.
MERDEKA, H. G. D. P. K. (2023). TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 BROSOT. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1).
Movitaria, M. A., & Shandra, Y. (2019). Penggunaan Ms Powerpoint Berbasis Animasi Terhadap Motivasi Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(01).
Mubarok, A. (2024). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI/SD. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 3(6), 313–320.
Nanda nastia, & Zuhri. (2024). Pengelolaan Kelas untuk Kenyamanan Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus Jenjang Sekolah Dasar di Sekolah Luar Biasa Silih Nara. Elementica: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Dasar, 1(1), 64–74. https://doi.org/10.54604/elm.v1i01.464
Ningsih, A. S., Niravita, A., Hanum, H. L., Saman, M., Indriyani, W., Febriani, D. A., & Sugiyono, T. (2023). Penguatan Diferensiasi Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang Guna Optimalisasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 178–183.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1).
Putri, S. A., & Prafitasari, A. N. (2023). Analisis Impelementasi Konsep Pembelajaran Diferensiasi Dalam Mata Pelajaran Biologi Pada Era Digital 4.0 di Kelas X. ScienceEdu, 16–22.
Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas pelaksanaan pengajaran online pada masa pandemi covid-19 dengan metode survey sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203.
Sulistiawan, M. J., Arifeni, S., Nur, W. A., Pristiwati, R., & Doyin, M. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Cerita Pendek Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka di SMA Kristen Terang Bangsa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 522–527.
Ulum, M. B., & Sholihah, M. (2020). Dasar-Dasar Kebijakan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 1–18.
Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi aplikasi augmented reality dalam meningkatkan proses pengajaran siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499.
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 241–250.
Zzakiyah, L., Nisa, D. M. A., & Nursikin, M. (2023). DIFERENSIASI KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM GHAZALI DAN MUHAMMAD NATSIR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3745–3750.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rila Komala Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




