Partisipasi Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Daring Di MTsN 1 Aceh Tengah Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v12i1.97Keywords:
pandemi covid-19, pembelajaran daring, partisipasi orang tuaAbstract
Salah satu dampak dari pandemi covid-19 menyebabkan proses pembelajaran yang semula secara tatap muka di sekolah menjadi proses pembelajaran berbasis daring. Oleh karena itu, untuk melakukan proses belajar di rumah tentunya anak membutuhkan partisipasi orang tua agar proses belajar tetap berjalan dengan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, 1) bentuk partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran daring di MTsN 1 Aceh Tengah, 2) kendala apa saja yang dihadapi orang tua dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data: orang tua siswa dan wali kelas. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi orang tua terhadap anaknya dalam melakukan proses pembelajaran secara daring yaitu, orang tua sebagai pembimbing, orang tua sebagai fasilitator dan orang tua sebagai motivator. Kendala yang dihadapi orang tua dalam proses pembelajaran daring adalah kurangnya pemahaman orang tua terhadap materi pembelajaran anak, gadget yang belum memadai untuk pembelajaran daring, dan orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak belajar di rumah karena tuntutan pekerjaan. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan pihak-pihak yang memiliki tanggungjawab dan kewenangan agar mampu mendukung kegiatan belajar jarak jauh agar dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan cara memberikan pemahaman dan pelatihan kepada para orang tua terkait proses pelaksanaan belajar jarak jauh atau secara online pada masa pandemi covid-19. Dengan demikian orang tua dapat berperan aktif dalam membimbing dan mengarahkan anak saat melakukan pembelajaran daring.
References
Banggur, dkk, Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jakarta: Universitas Negeri; 2018
Euis Kurniati, “Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Obsesi: Jurnak Pendidikan Anak Usia Dini. 2020; Vol. 5, No. 1.
Erika Widi Utami, “Kendala dan Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19”. Semarang: UNS; 2020.
Hasil wawancara dengan Bapak Jalwandi, Wali Murid, Takengon, 16 Juli 2021, Pukul 11.00 WIB.
Hasil wawancara dengan Anis, Wali Murid, Takengon, 16 Juli 2021, Pukul 10.00 WIB.
Hasil wawancara dengan Bapak Anis, Wali Murid, Takengon, 16 Juli 2021, Pukul 10.00 WIB.
Hasil wawancara dengan Ibu Misnawati, Wali Murid, Takengon, 19 Juli 2021, Pukul 10.00 WIB.
Hasil wawancara dengan Ibu Hamisah, Wali Murid, Takengon, 19 Juli 2021, Pukul 11.00 WIB.
Hasil wawancara dengan Ibu Nirwana, Wali Murid, Takengon, 19 Juli 2021, Pukul 12.00 WIB.
Hasil wawancara dengan Ibu Dra. Flitawati, Wali Kelas VIII1, Takengon, 16 Juni 2021, Pukul 09.00 WIB.
Hasil wawancara dengan Ibu Ramdani, SE., Wali Murid, Takengon, 22 Juli 2021, Pukul 10.00 WIB
Hasil wawancara dengan Ibu Salpiah, S.AB, Wali Kelas VIII2, Takengon, 19 Juni 2021, Pukul 10.00 WIB
Hasil wawancara dengan Bapak Jalwandi, Wali Murid, Takengon, 16 Juli 2021, Pukul 11.00 WIB.
Hasil wawancara dengan Ibu Ramdani, SE., Wali Murid, Takengon, 22 Juli 2021, Pukul 10.00 WIB
Hasil wawancara dengan Ibu Dra. Flitawati, Wali Kelas VIII1, Takengon, 16 Juni 2021, Pukul 09.00 WIB.
Husaini, Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek, (Yogyakarta: Keukabadipantara, 2014), hal. 7
http://id.m.wikipedia.org (diakses, 12 Maret 2021)
Manda, Fungsi Pengorganisasian dan Evaluasi Peserta Didik. Di akses pada tanggal 16 Februari 2021
Naila Fitria dan Sholehuddin, “Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19 di Kelas 3 SD Labschool FIP UMJ”, Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ
Nika Cahyati dan Rita Kusumah, “Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19”, Jurnal Golden Age, Universitas Hamzawadi. 2020; Vol. 04, No. 1 (155)
Sun, dkk., Pembelajaran Pada Masa Pandemi. Jakarta; Universitas Negeri; 2020
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2010
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


