Peningkatan Mutu Kinerja Berbasis Kompetensi dan Motivasi SDM Dalam Organisasi Pembelajaran

Authors

  • Irwansyah IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v12i1.124

Keywords:

Evaluasi Kinerja, Sumber Daya Manusia

Abstract

Masalah sumber daya manusia masih menjadi sorotan dan tumpuhan bagi suatu organisasi untuk tetap dapat bertahan di era globalisasi. Sumber daya manusia mempunyai peran utama dalam setiap kegiatan organisasi. Walaupun didukung dengan sarana dan prasarana serta sumber dana yang berlebihan, tetapi tanpa dukungan sumber daya manusia yang handal kegiatan perusahaan tidak akan terselesaikan dengan baik. Untuk mencapai tujuan organisasi dalam menggerakkan dan menyinergikan sumber daya lainnya diperlukan SDM yang handal. Sebagai kunci pokok, sumber daya manusia akan menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Tuntutan organisasi (perusahaan) untuk memperoleh, mengembangkan dan mempertahankan sumber daya manusia yang berkualitas semakin mendesak sesuai dengan dinamika lingkungan yang selalu berubah. Perubahan perlu mendapat dukungan manajemen puncak sebagai langkah pertama yang penting untuk dilakukan bukan hanya sekedar lip service saja. Pemimpin harus dapat memobilisasi sebuah tim, proses pekerjaan harus dapat dikembangkan dan proses sumber daya manusia harus menjadi fokus utama. Perubahan dan peningkatan peran fungsi sumber daya manusia sangat esensial untuk mendukung keberhasilan organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi literatur. Penelitian dengan studi literatur merupakan penelitian yang dikatagorikan sebagai sebuah karya ilmiah kerena pengumpulan data dilakukan dengan sebuah strategi dalam bentuk metodologi tiga penelitian. Data yang diperoleh dianalisis secara mendalam oleh penulis. Penulis menyimpulkan bahwa Peningkatan mutu kinerja individu dan organisasi akan terjadi dalam organisasi pembelajar yang mampu menggabungkan fungsi leadership, kompetensi para manager dan kultur yang memungkinkan kompetensi itu berkembang dan terpakai secara optimal dalam bentuk kontribusi inovasi yang terus menerus dalam organisasi

References

Pelder M, Boydell T, Burgoyne J. Towards the learning company. Manag Learn. 1989;20(1):1–8.

Cramer KD. When faster-harder-smarter is not enough : six steps for achieving what you want in a rapid-fire world. 2002;277.

Ziegel ER, Joiner B. Fourth Generation Management: The New Business Consciousness. Technometrics. 1995;37(1).

De Kluyver CA. Strategic thinking : an executive perspective. 2000;

Noe RA, Hollenbeck JR, Gerhart B, Wright PM. Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage, 10th edition. Vol. 13, McGraw-Hill Education, 2 Penn Plaza, New York, NY 10121. 2017.

Argyris C, Bellman Geoffrey M, Blanchard K, Block P, et al. The future of workplace learning and performance. Train Dev. 1994;48(5).

Osteraker MC. Measuring motivation in a learning organization. J Work Learn. 1999;11(2).

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Irwansyah, I. (2022). Peningkatan Mutu Kinerja Berbasis Kompetensi dan Motivasi SDM Dalam Organisasi Pembelajaran. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(1), 52–57. https://doi.org/10.54604/tdb.v12i1.124

Issue

Section

Articles