Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Barang Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada JNE Kabupaten Aceh Tengah)

Authors

  • Ferdi Anggriawan IAIN Takengon
  • Mutia Rizky IAIN Takengon
  • Rahma Nurzianti IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/mbz.v14i2.524

Keywords:

Fasilitas, Kualitas pelayanan jasa, dan layanan konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini, yang pertama untuk mengetahui pengaruh fasilitas terhadap loyalitas konsumen, kedua untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa pengiriman barang terhadap loyalitas konsumen, ketiga untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan jasa pengiriman barang terhadap loyalitas konsumen pada  JNE Kabupaten Aceh Tengah.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer pengisian kuesioner oleh konsumen jasa pengiriman barang JNE Kabupaten Aceh Tengah yang berjumlah 94 responden yang diambil melalui teknik simple random sampling.

Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan Variabel Fasilitas secara parsial tidak mempengaruhi variabel loyalitas konsumen yang di tunjukkan oleh Thitung < Ttabel (1,599 < 1,98638) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak, kedua Variabel Kualitas pelayanan secara parsial mempengaruhi variabel loyalitas konsumen yang ditunjukkan oleh Thitung > Ttabel (5,259 > 1,98638) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, ketiga Variabel Fasilitas dan kualitas pelayanan secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi loyalitas konsumen yang ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel (32,977 > 3,10.

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Anggriawan, F., Mutia Rizky, & Rahma Nurzianti. (2025). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Barang Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada JNE Kabupaten Aceh Tengah). Mubeza, 14(2). https://doi.org/10.54604/mbz.v14i2.524