MEDIA DAN PERUBAHAN POLA KOMUNIKASI

Indonesia

Authors

  • Makmur Jaya IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/mbz.v12i2.232

Keywords:

Internet, perubahan komunikasi, aplikasi mobile

Abstract

Kehadiran internet dan sistem operasi media Android menjadikan komunikasi semakin mudah dilakukan tanpa ada hambatan jarak dan waktu. Perubahan cara berkomunikasi, gaya hidup dan pemenuhan kebutuhan manusia adalah beberapa dampak dari hadirnya inovasi ini. Salah satu perubahan cara berkomunikasi yang paling berpengaruh adalah perilaku percakapan sehari-hari yang didominasi oleh penggunaan aplikasi menggunakan perangkat mobile. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pengguna aplikasi chatting dengan memfokuskan penelitian pada kelompok sosial komunitas Android yang merupakan kelompok yang ikut mempopulerkan penggunaan perangkat berbasis sistem operasi Android di kalangan masyarakat luas saat ini.hasil yang didapatkan dalam kajian literatur ini adalah media teknologi mengakibatkan perubahan dalam interaksi manusia. Dalam konteks masyarakat Indonesia, pengaruh teknologi komunikasi sangat besar dalam perubahan pola komunikasi dan interaksi. Masyarakat Indonesia yang terkenal akrab, saling sapa dan saling mengunjungi satu sama lain, terutama pada momen-momen tertentu nampaknya sudah mulai terkikis. Lunturnya budaya silaturahmi secara fisik berdampak pada berkembangnya masyarakat yang individual. Karena kebutuhan hidupnya bisa diwakili teknologi, menjadikan sebagian masyarakat tidak peduli lagi dengan kondisi sosial disekitarnya. Tidak jarang dalam kehidupan keseharian kita, kita menjumpai masyarakat yang tidak saling kenal satu sama lainnya meski mereka berada pada satu ruang yang sama dalam waktu yang cukup lama, misalnya pada lingkungan tempat tinggal kita.

References

Bhimasena, H., & Pratiwi, G. T. (2017). Pengantar teori komunikasi : analisis dan aplikasi = introducing communication theory : analysis and application (A. Susila & D. E. Irawan, Eds.). Jakarta: Salemba Humanika.

E.W, W. (2014). Aplikasi Chatting untuk Android. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fitriah, M. (2018). Komunikasi pemasaran melalui desain visual (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Iman, M. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Retrieved July 11, 2020, from https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial

KumparanTech. (2020). Riset: 64% Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet | kumparan.com. Retrieved March 16, 2020, from https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp

KumparanTECH. (2020). Pengguna WhatsApp di Indonesia Kirim 9 Miliar Pesan saat Tahun Baru | kumparan.com. Retrieved November 8, 2020, from https://kumparan.com/kumparantech/pengguna-whatsapp-di-indonesia-kirim-9-miliar-pesan-saat-tahun-baru-1sZo733lXRA/full

Kusumaningati, I. F. (2012). NGANDROID: Hidup Menjadi Mudah dan Menyenangkan dengan Android. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Luthfi, A. (2014). Indonesia Pengguna Facebook Keempat Terbesar di Dunia : Okezone techno. Retrieved November 7, 2020, from https://techno.okezone.com/read/2014/09/22/55/1042737/indonesia-pengguna-facebook-keempat-terbesar-di-dunia

Mulyana, D. (2007). Ilmu komunikasi : suatu pengantar (2nd ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2016). lmu Komunikasi : Ilmiah dan Populer (1st ed.). Jakarta: Rajawali Press.

Rezky, M. (2009). Facebook vs Friendster : Kelebihan dan Kelemahan Keduanya (1st ed.). Yogyakarta: Connexi.

RizqiAmalia, F. (2018). Fitur Instagram Stories Memudahkan Pengguna dalam Komunikasi Pemasaran Halaman all - Kompasiana.com. Retrieved November 4, 2020, from https://www.kompasiana.com/fitrianti30045/5bc8609343322f2519572188/fitur-instagram-stories-memudahkan-pengguna-dalam-komunikasi-pemasaran?page=all

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2005). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wardani, A. S. (2019). 83 Persen Pengguna Internet Indonesia Pakai WhatsApp - Tekno Liputan6.com. Retrieved July 16, 2020, from https://www.liputan6.com/tekno/read/4113678/83-persen-pengguna-internet-indonesia-pakai-whatsapp

Downloads

Published

2022-09-14

How to Cite

Jaya, M. (2022). MEDIA DAN PERUBAHAN POLA KOMUNIKASI : Indonesia. Mubeza, 12(2), 75–83. https://doi.org/10.54604/mbz.v12i2.232