POTENSI PASAR TRADISIONAL INPRES DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54604/mbz.v12i2.231Keywords:
Potensi Pasar, Ekonomi Masyarakat, Ekonomi SyariahAbstract
Kajian yang terkait dengan pasar tradisional dan ekonomi masyarakat telah banyak kita jumpai dalam literatur. Namun tidak banyak penelitian yang secara langsung mengkaji dari sisi ekonomi syariah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dalam persepsi ekonomi Syariah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dimana data-data didapat dengan survey terstruktur dan wawancara mendalam dengan 30 peserta. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa aktivitas atau kegiatan usaha jual beli yang dilakukan oleh pedagang pada pasar tradisional Impres sejalan dengan syari‟at Islam karena dilakukan dengan usaha dan niat yang baik, dan usaha ini pula dapat memberikan kontribusi yang sangat positif terhadap tingkat pendapatan para pedagang.
References
Andiwarman, K. (2012). Ekonomi Mikro Islam. PT Raja Grafindo Persada.
Departemen agama RI. 2014. AI-Qur’an dan terjemahannya, Bandung: CV Penerbit J ART. (n.d.).
Kusuma, A. (2014). Analisis Potensi Pasar Tradisional Terhadap Pasar Moderen di Kota Denpasar dan Kabupaten Bandung. Gde Agung Artha, 2(7).
Mukhiqom, I. (2014). Potensi Pasar Tradisional Menurut Islam (Studi terhadap implementasi pasar tradisional syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya perspektif ekonomi islam).
Tamrin, A. T. dan F. (2014). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.
Yunus, I. (2011). Potensi Pasar Tradisional Pengelolaan Pada Pasar Surya Surabaya (Cabang Utara) Dalam Mendukung Program Revitasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syaripuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

