Strategi Pengembangan Desa Wisata Burtelege Sebagai Wisata Halal

Indonesia

Authors

  • Syaripuddin Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.54604/mbz.v12i1.132

Keywords:

Desa Wisata, Wisata Halal

Abstract

Perkembangan pariwisata saat ini mengalami perkembangan yang sangat positif, hal ini dapat kita dilihat dari banyaknya bermunculan objek-objek wisata yang dikembangkan dan dikelola baik oleh pemerintah daerah, maupun oleh desa. Salah satu potensi potensi tersebut adalah Desa Wisata Burtelege. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pengembangan Desa Wisata Burtelege menjadi salah satu desa wisata halal agar para pengunjung mau berulang-ulang minat wisatawan untuk berkunjung. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung terhadap desa wisata dan wawancara dengan pengelola desa wisata serta masyarakat yang terlibat langsung dengan wisata. Hasil dari penelitian adalah bagaimana strategi pengembangan desa wisata menjadi wisata halal dengan memenuhi unsur-unsur wisata halal. Adapun strategi utama yang dilakukan ialah malakukan sinergi antara pemerintah dengan para pengelola wisata, membanggun mushala yang bersih dan nyaman, adanya toilet yang bersih dan terpisah antara laki-laki dan perempuan, melakukan promosi, dan membangun homestay syariah.

References

Astuti, T. B., Anwar, S., & Junarti. (2019). Pengembangan Objek Wisata Syariah Desa Bubohu Gorontalo: Pendekatan SWOT dan ANP. Jurnal Forum Ekonomi, 21(1), 1–11.

Creswell, J. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches, London: SAGE Publications.

Hariani, D., & Dinitri, S. (2020). Strategi Pengembangan Wisata Halal Kota Bogor Dengan Mengoptimalkan Industri Kreatif. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 124. https://doi.org/10.30997/jsei.v6i2.2234

Kemenparekraf. (2012). Renstra Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2021). Strategi Pengembangan Desa Wisata Menggoro Sebagai Wisata Halal. Among Makarti, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.52353/ama.v14i1.200

Battour, M., & Ismail, M. N. (2016). Halal tourism: Concepts, practises, challenges and future. Tourism Management Perspectives, 19, 150–154. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008

Jaelani, A. (2017). Halal tourism industry in Indonesia: Potential and prospects. International Review of Management and Marketing, 7(3).

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Syaripuddin. (2022). Strategi Pengembangan Desa Wisata Burtelege Sebagai Wisata Halal: Indonesia. Mubeza, 12(1), 44–49. https://doi.org/10.54604/mbz.v12i1.132

Issue

Section

Articles