Strategi Pengembangan Desa Wisata Burtelege Sebagai Wisata Halal
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54604/mbz.v12i1.132Keywords:
Desa Wisata, Wisata HalalAbstract
Perkembangan pariwisata saat ini mengalami perkembangan yang sangat positif, hal ini dapat kita dilihat dari banyaknya bermunculan objek-objek wisata yang dikembangkan dan dikelola baik oleh pemerintah daerah, maupun oleh desa. Salah satu potensi potensi tersebut adalah Desa Wisata Burtelege. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pengembangan Desa Wisata Burtelege menjadi salah satu desa wisata halal agar para pengunjung mau berulang-ulang minat wisatawan untuk berkunjung. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung terhadap desa wisata dan wawancara dengan pengelola desa wisata serta masyarakat yang terlibat langsung dengan wisata. Hasil dari penelitian adalah bagaimana strategi pengembangan desa wisata menjadi wisata halal dengan memenuhi unsur-unsur wisata halal. Adapun strategi utama yang dilakukan ialah malakukan sinergi antara pemerintah dengan para pengelola wisata, membanggun mushala yang bersih dan nyaman, adanya toilet yang bersih dan terpisah antara laki-laki dan perempuan, melakukan promosi, dan membangun homestay syariah.
References
Astuti, T. B., Anwar, S., & Junarti. (2019). Pengembangan Objek Wisata Syariah Desa Bubohu Gorontalo: Pendekatan SWOT dan ANP. Jurnal Forum Ekonomi, 21(1), 1–11.
Creswell, J. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches, London: SAGE Publications.
Hariani, D., & Dinitri, S. (2020). Strategi Pengembangan Wisata Halal Kota Bogor Dengan Mengoptimalkan Industri Kreatif. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 124. https://doi.org/10.30997/jsei.v6i2.2234
Kemenparekraf. (2012). Renstra Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2021). Strategi Pengembangan Desa Wisata Menggoro Sebagai Wisata Halal. Among Makarti, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.52353/ama.v14i1.200
Battour, M., & Ismail, M. N. (2016). Halal tourism: Concepts, practises, challenges and future. Tourism Management Perspectives, 19, 150–154. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008
Jaelani, A. (2017). Halal tourism industry in Indonesia: Potential and prospects. International Review of Management and Marketing, 7(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syaripuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

