Penggunaan Aplikasi Daring (Dalam Jaringan) dan Permasalahannya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Swasta Washliyani Medan Labuhan
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.76Keywords:
pembelajaran pai, daring, pembelajaran daring, pandemi covid-19Abstract
Pembelajaran PAI merupakan pembelajaran yang menekankan pada aspek sikap. Tentunya hal ini memunculkan permasalahan tersendiri mengingat pembelajaran sikap merupakan pembelajaran yang menuntut pada penghayatan nilai-nilai PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pembelajaran PAI secara daring pada masa pandemi? Permasalahan apa saja yang dihadapi guru dan siswa selama pembelajaran PAI secara daring? Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap siswa dan guru melalui telfon dan secara langsung dengan menerapakan protokoler kesehatan secara ketat. Subjek penelitian ini para siswa dan guru yang terlibat langsung dalam pembelajaran PAI secara daring. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran PAI secara daring menyesuaikan dengan kebijakan-kebijakan dari pemerintah mulai dari perencanaan pembelajaran, materi pembelajaran yang mengalami penyederhanaan, media pembelajaran menggunakan google classroom dan grup WA, metode pembelajaran sering menggunakan ceramah dan tugas, penilaian menggunakan tugas (pengerjaan tugas-tugas). 2) Permasalahan pembelajaran PAI secara daring yang dihadapi guru adalah: guru merasa kesulitan untuk mengajar dikarenakan siswa yang pasif, guru merasa lelah dan jenuh, media pembelajaran yang tersedia tidak memiliki fasilitas ideal, tidak dapat mengontrol proses pembelajaran secara komprehensif. Permasalahan pembelajaran daring yang dihadapi siswa adalah: kapasitas penyimpanan handphone terbatas, kendala sinyal dan kuota, dan kurang motivasi (pembelajaran merasa hambar dan tidak sungguh-sungguh karena tidak dapat melihat atau mendengarkan penjelasan guru langsung).
References
Aji, Rizqon Halal Syah “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran”, Jurnal, Sosial dan Budaya Syar’i, Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 7 No.5, 2020.
Dokumen Guru PAI SMP Swasta Washliyani Medan Labuhan, “Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Dokumentasi Guru PAI, “PAT Menggunakan E-Learning SMP Swasta Washliyani Medan Labuhan,” dikutip pada Rabu 7 Oktober 2020, Pukul 21.00 WIB.
Dokumentasi Guru PAI, “Video Praktik Siswa Membaca Al-Qur’an,” dikutip pada Hari Rabu 09 Juni 2021, Pukul 22.00 WIB.
Kemendikbud, Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang “Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid19,”
Kemendikbud, Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid19,
Nana Syaodih Sukmadinata, 2012, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Nazarudin, “Problem Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Mahasiswa Magang di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol. 17 No.1, Juni, 2020,.44. Permendikbud No.23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
No 3451 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah pada Masa Kebiasaan Baru,” dikutip pada Rabu 05 Juni 2021, Pukul 13.28 WIB.
Saifuddin Azwar, 2020, Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999)
Sri Rokhimah, 2020, Wawancara.
Suharwoto, Gogot. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan, Accessed Juni 2021, pukul 15.00.
Wahyu Aji Fatma Dewi,. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”, Jurnal, Ilmu Pendidikan Vol. 2 No 1 (April 2020): 56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

