Kepribadian Manusia Menurut Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Nuruzzahri IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.75

Keywords:

stuktur, kepribadian manusia, perspektif islam

Abstract

Dalam kepribadian manusia terkandung sifat-sifat hewan dan sifat-sifat malaikat yang terkadang timbul pergulatan antara dua aspek kepribadian manusia tersebut. Adakalanya, manusia tertarik oleh kebutuhan dan syahwat tubuhnya, dan adakalanya ia tertarik oleh kebutuhan spiritualnya. Dalam Al-Qur’an kepribadian manusia disebut dengan potensi diri manusia dan adakalanya disebut dengan fitrah manusia yang dianugerahi oleh sang pencipta. Potensi tersebut kadang-kadang terdorong untuk melakukan hal-hal yang baik dan kadangkalanya melakukan perbuatan jahat tergantung dari bisikan mana yang datang, apakah itu nafsu atau akal yang mengarahkan. Dalam Al-Qur’an tipe kepribadian manusia terbagai kepada tiga, yaitu: Mukmin, Kafir dan Munafikun.

References

Al-Ghazali. 1985. Kitab Ajaibul Qulub, Ihya Ulumuddin, Terjemah Ismail Ya’qub, Faizan, (Jakarta)

Najati, Utsman, Muhammad. 1998. Psikologi Dalam Al-qur’an (Jakarta : Pustaka Ilmu)

Shihab Umar. 2005. Kontekstualitas Al-Qur’an : kajian tematik atas ayat-ayat hukum Dalam Al-Qur’a (Jakarta : Permadani)

Mulkhan, Munir, Abdul. 2002. Nalar Spritual Pendidikan (Yogyakarta: Tiara Wacana)

Majid Abdul. 2006. Kepribadian Dalam Psikologi Islam (Jakarta Rajawali Grafindo persada press)

Mujib, Abdul, dan Mudzakir, Jusuf. 2002. Nuansa-Nuasa Psikologi Islam, Rajagrafindo Persada

Taufiq, Izzuddin, Muhammad. 2006. Panduan Lengkap & Praktis Psikologi Islam. (Gema Insani)

M. Lutfi. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Penyuluhan Konseling Islam (Jakarta : lembaga penelitian UIN Syarif Hidayatullah)

Malik b. Badri, 1996, Dilemma Psikologi Islam, Jakarta Pustaka firdaus,1996.

Nashori, Fuad, Mengembangkan Kreatifitas Dalam Perspektif Psikologi Islam, Yogyakarta Menara Kudus, 2002.

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Nuruzzahri, N. (2022). Kepribadian Manusia Menurut Perspektif Pendidikan Islam. Inteligensia, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.75