Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Terpadu Bunayya Kabupaten Gayo Lues
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.74Keywords:
model pembelajaran, tahfidz al-qur'an, pesantren terpadu bunnayaAbstract
Desain Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Terpadu Bunayya menggunakan target hafalan yang di susun oleh Koordinator Al-Qur’an bersama guru tahfizh berdasarkan target hafalan santri yang telah ditentukan saat rapat kerja (RAKER) pimpinan awal tahun ajaran baru. Koordinator Al-Qur’an bersama tim menentukan model pembelajaran tahfizd yang akan dilaksanakan diantaranya Tahsin, Talaqqi, Ziadah, setoran, murajaah, tasmi’, karantina Qur’an dan Wisuda Qur’an. Koordinator Al-Qur’an menentukan langkah-langkah pembelajaran yang harus diimplementasikan oleh guru Al-qur’an dalam pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Terpadu Bunayya dilakasanakan empat kali tatap muka setiap hari. Pelaksanaannya dimulai dengan kegiatan pembuka (salam, mengondisikan santri, membaca doa dan murajaah satu surah pendek), Kegiatan Inti (Tahsin, Tahfidz, Setoran, muraja’ah atau Tasmi’) dan Kegiatan Penutup (Penilaian dan Doa). Penilaian pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an yang dilakukan di Pondok Pesantren Terpadu Bunayya dengan sistem setoran hafalan dan tasmi’, bentuk penilaian harian, Mingguan, Bulanan dan Semesteran. Aspek yang dinilai adalah kefashihan, kelancaran hafalan dan capaian hafalan. Dan dilakukan pelaporan secara tertulis capaian hafalan santri kepada pimpinan pesantren dan orang tua santri melalui group whatsapp. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Terpadu Bunayya terdiri dari 3 faktor yaitu faktor santri, faktor pendidik dan faktor ekternal (keluarga dan lingkungan, semua kendala dapat teratasi berkat terjalinnya kerjasama yang baik dari semua pihak yang terkait.
References
Abdul Aziz Abdul Rauf. 2015. Kiat Sukses Menjadi Hafidz Al-Qur’an Daiyah, (Jakarta, Markaz Al-Qur’an)
Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran (Jakarta, Gramedia Pustaka Jaya)
Ahmad Salim Baduwailan. 2014. Cara Mudah dan Cepat Hafal Al-Qur’an, (Solo: Zamzam)
Ahmad Zaini. 2021. Wawancara (Gayo Lues, 32 Mei)
Ahmadi, Iif Khoiru dan Amri, Sofan, 2011. PAIKEM GEMBROT Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot., (Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya).
Ahmadi, Iif Khoiru dan Amri, Sofan. 2014. PAIKEM GEMBROT Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot, (Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya)
Ahsin W. 2000. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an (Jakarta : Bumi Aksara)
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya (Semarang, Toha Putra)
Depdikbud RI. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka,)
Hamzah B. Uno. 2011. Perencanaan Pembelajaran (Jakarta : Bumi Aksara)
Hartono. Dkk. 2012. PAIKEM (Jogjakarta : Zanafa Publising)
Ilham Agus Sugianto. 2004. Kiat Praktis Menghafal Al-Qur’an (Bandung:Mujahid Press)
Kamasiah. 2021. Wawancara (Gayo Lues, 10 Juni)
Khalid bin Abdul Karim Al-Laahim. 2008. Mengapa Saya Menghafal Al-Qur’an? Metode Mutakhir dan Cepat Menghafal Al-Qur’an (Solo :Daar An-Naba)
Lisya Chairani, dan Subandi. 2010. Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an Peranan Regulasi Diri (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Made Wena. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tujuan Konseptual Operasional (Jakarta, Bumi Aksara)
Muhamad Syarif S. 2016. Strategi Pembelajaran, Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar (Jakarta: Rajawali Pers, 2016)
Muhammad Fathurrohman. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media)
Muhibbin Syah. 2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Bandung, Remaja Rosdakarya)
Munjahid. 2007. Strategi Menghafal Al-Qur’an 10 Bulan Khatam (Kiat-Kiat Sukses Menghafal Al-Qur’an), (Yogyakarta : Idea Press)
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada)
Sa’dullah. 2008. 9 Cara Praktis menghafal alquran (Jakarta, Gema Insani)
Sobry Sutikno. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan (Lombok : Holistica)
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.
Wiwi Alawiyah Wahid. 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. (Jogjakarta : Diva Press)
Zaki Zamani, dan Syukron Maksum. 2014 Metode Cepat mengafal Al-Qur’an (Yogyakarta, Al-Barokah)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

