Nilai-Nilai Pendidikan Keteladanan Dalam Kisah Nabi Ibrahim A.S

Authors

  • Mahdi Wahyuni Salam IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.73

Keywords:

nilai, pendidikan, keteladanan, nabi ibrahim

Abstract

Nabi Ibrahim nerupakan sosok seorang Rasul, pendidik, bapak dan suami yang sukses mendidik keluarga dan ummat. Tak ada lagi yang meragukan kualitas keimanan, kesabaran, keshalihan, ketegasan, kesantunan dan kepemimpinannya sebagai seorang Nabi utusan Allah. Bukanlah pendidikan biasa yang melahirkan generasi yang luar biasa, melainkan beliau mengajarkan generasi milenial tentang visi yang besar terhadap pembinaan generasi masa depan, yaitu: Pertama, selalu mendoakan anak agar menjadi anak yang taat dan patuh ibadah kepada Allah SWT. Kedua, membantu anak menjadi pribadi yang rajin ibadah, dan selalu bersukur. Ketiga, pentingnya menegakkan shalat, karena shalat adalah kunci keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Keempat, memohon kepada Allah SWT agar anak-anak dilimpahi rezeki. Kelima, Nabi Ibrahim juga berharap kelak anak-anak dan keturunannya menjadi pribadi-pribadi yang disenangi oleh orang banyak, bahkan antar generasi sesudahnya. Keenam, menumbuhkan watak dan karakteristik yang kuat, ikhlas, mandiri, bahkan memberikan momentum bagi kebebasan berpikir. Ketujuh, mengajarkan pentingnya musyawarah dalam mengambil sebuah keputusan bersama.

References

Alquranul Karim. 2009. Mushaf Falistina (Bandung, Da’i Peduli)

A Fauzie Nurdin, 2009. Integralisme Islam dan Nilai-Nilai Filosofi Budaya Lokal pada Pembangunan Propinsi Lampung, dalam Unisa Vol 32.No.71.

Abdurrahman al-Nahlawi. 1995. Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyyat wa Ashalibiha, terj. Shihabuddin, judul Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, (Jakarta: Gema Insani Press)

Abu Husayn Ahmad bin Faris bin Zakariyya. 1972. Mu‟jam Maqayis al-Lughah, Juz III (Mesir: Mustafa Al- Bab al-Halabi)

Adil Mustafa Abdul Halim. 2007. Kisah Bapak dan Anak dalam Alquran, (terj: Abdul Hayyie alKattani dan Fithiah Wardie), (Jakarta: Gema Insani Press)

Ahmad Bin Muhammad. t.t . al-Misbah al-Munir, (Berut: Darul Qutub)

Ahmad Syafii Maarif. 1995. Islam dan Masalah Kenegaraan, (Jakarata: Mizan)

Ahmad Tafsir. 1992. Pendidikan Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Ahmad Taufiq dkk. 2011. Pendidikan Agama Islam, (Surakarta: Yuma Pustaka)

Firdaus Aulia. 2020. Keteladanan Akhlak Nabi Ibrahim AS: Kajian Terhadap Ayat-ayat Pesan Moral, Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam Vol. 2, No. 1

Hidayah Salim. 1998. Qishashul Anbiya (Bandung, Al-Ma’arif)

Ibrahim Mustafa. t.t . al-Mu’jam al-Wasit (Kairo: Darud Da’wah)

Imam Ibnu Katsir. 2011. Kisah Para Nabi, Terj. Dudi Rosyadi (Jakarta : Pustaka Al Kaustar)

Iskandar. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Perpustakaan, dalam Jurnal Jupiter, Vol. XIV,

No.1

Johansyah. 2016. Kurikulum Pendidikan Karakter Islami (Disertasi), (Banda Aceh: PPs UIN Ar Raniry)

Lahmuddin Lubis dan Elfiah Muchtar. 2016. Pendidikan Agama dalam Perspektif Islam, Kristen and some of them to go, dan Budha, Edisi Revisi (Bandung: Cita Pustaka)

Moh. Ali Aziz. 2017. Ilmu Dakwah, Edisi Revisi, Cet. 6, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Nining Salfia. 2015. Nilai Moral dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro, dalam Jurnal

Humanika, Vol. 3.No.15

Ramayulis. 2018. Ilmu Pendidikan Islam, cet. 13, (Jakarta: Kalam Mulia)

Siswo Sanyoto. tt . Membuka Tabir Pintu Langit, (tp: Misykat)

Yusuf al-Qaradhawi. 2009. Fatwa-Fatwa Kontemporer. terj: Moh. Suri Sudahri, dkk. Jilid 4. (Jakarta: Pustaka al-Kautsar)

Zakiah Daradjat. 2018. Ilmu Pendidikan Islam, cet. 14, (Jakarta: Bumi Aksara)

Zaprulkhan. 2017. Islam yang Santun dan Ramah, Toleran dan Menyejukkan, (Jakarta: Elex Media Komputindo).

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Wahyuni Salam, M. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Keteladanan Dalam Kisah Nabi Ibrahim A.S. Inteligensia, 6(2), 1–22. https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.73