Peran Didong Gayo dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini

Authors

  • Shaumiwaty IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.72

Keywords:

didong gayo, nilai agama, moral, anak usia dini

Abstract

Didong merupakan seni tradisi pertunjukan yang berasal dari masyarakat Gayo, dimana didong menjadi sarana untuk menyampaikan suatu ekspresi masyarakat akan kehidupan keseharian, berisikan pesan kepada generasi muda yang akan datang. Kesenian ini banyak sekali mempengaruhi masyarakat Gayo dalam kesehariannya, seperti membawa semangat kedalam hidup masyarakatnya. Lirik lagu yang menarik dalam bentuk sejenis prosa, pantun yang mengelitik hati, tatkala sering menjadi bahan candaan dalam masyarakat Gayo. Didong biasanya di pertunjukan pada acara-acara resmi seperti setelah pesta pernikahan, peringatan hari besar daerah. Teks didong memuat tentang pesan dan nasehat yang dimuat dalam teks syair didong. Makna yang berisikan nasehat agama, moral, pendidikan dan nilai akan karakter akan menjadi fondasi yang kuat pada anak usia dini. Syair didong bertujuan untuk menanamkan nilai agama dan moral sehingga melalui didong diharapkan tercapai pembiasaan anak berperilaku baik, sopan dan santun supaya anak terbiasa dalam beribadah. Anak diharapkan mampu mengenal ketauhidan melaui syair-sayir didong yang diterapkan. Penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini sebagai salah satu hal terpenting dalam tumbuh kembang anak. Hal ini dilakukan bertujuan untuk meletakkan dasar-dasar keimanan dengan pola takwa kepada-Nya dan keindahan akhlak, cakap, percaya pada diri sendiri, serta memiliki kesiapan untuk hidup di tengah-tengah dan bersama-sama dengan masyarakat untuk menempuh kehidupan yang diridhai-Nya.

References

Arwani Harfa. 2014. Nilai Moral Dalam Syair Didong Gayo. Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Darussalam, (Banda Aceh)

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, ED. 6 (Jakarta: Erlangga)

Farida Agus Setiawati. 2016. Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas( Jurnal: Jurusan Psiko/ogi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Yogyakarta)

Farida Agus Setiawati. 2016. Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas, dalam Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Yogyakarta

Kemendikbud, R. I. 2014. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta)

Khairunnisa. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta: TMedia)

LK. Ara. 2007. Antologi Siar Gayo. (Banda Aceh: Pena)

Mahmud Ibrahim dan AR Aman Pinan. 2005. Syari’ah Dan Adat Istiadat,3, (Takengon: Yayasan Maqamam Mahmuda)

Muhammad Fadlillah. 2012. Desain Pembelajaran PAUD, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media)

Muhmidayeli. 2011. Filsafat Pendidikan, (Bandung: PT Refika Aditama)

Novan Ardy Wiyani. 2013. Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Nur Uhbiyati. 1997. Ilmu Pendidikan Islam (IPI), (Bandung: Pustaka Setia)

Nuryanti. 2015. Development Child’s Gross Motor Skills Through Cheerful Calisthenics. Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Ceria. (Jakarta: Bima)

Peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014, Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. Jakarta: 2014

Putra Afriandi. 2017. Fungsi Dan Multikulturalisme Dalam Seni Didong Pada Masyrakat Gayo Kabupaten Aceh Tengah, Jurnal, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Vol. 15, No. 2,

Rajab Bahry. 2011. Kamus Umum Bahasa Gayo, (Jakarta : Balai Pustaka)

Rizki Ananda. 2017. Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini, dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Siti Aisyah, dkk. 2015. Perkembangan dan Konsep Dasa Pengembangan Anak Usia Dini,(Jakarta:Penerbit Universitas Terbuka)

Siti Nurjanah. 2018. Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (STTPA Tercapai), Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jurnal, Jurnal Paramurobi, Vol. 1, No. 1.

Suparlan Suhartono. V. Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran TEMATIK Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, (Jakarta: Kencana)

Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Kemedikbud: Media Wacana.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem pendidikan Nasional, Pasal 6, ayat (3)

Y Kurnia. 2015. Pengembangan Kemampuan Nilai-nilai Agama dan Moral di TK. (Bandung: PPPPTK TK dan PLB)

Yuliani Nurani Sujiono, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: PT Indeks)

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Shaumiwaty, S. (2022). Peran Didong Gayo dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini . Inteligensia, 6(2), 1–22. https://doi.org/10.54604/itg.v9i2.72