EFEKTIVITAS PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v9i1.392Keywords:
Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan didapatkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Namun yang menjadi pertanyaan adalah sejauh mana penggunaan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar dan pada mata pelajaran apa penggunaan model Problem Based Learning efektif meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi dokumen atas hasil-hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menelusuri jurnal yang sudah terbit melalui goggle cendekia dengan kata kunci yang digunakan dalam penelusuran yaitu penerapan problem based learning dan peningkatan hasil belajar. Terdapat 15 hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis lebih lanjut. Analisis menggunakan metode perbandingan untuk menemukan dan menentukan pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar berbasis riset, selisih skor sebelum dan sesudah tindakan sebagai penentu besarnya peningkatan, kemudian dibagi dengan skor sebelum tindakan (dalam bentuk persentase) untuk menentukan besarnya pengaruh tindakan pembelajaran terhadap hasil belajar. Dari sajian data yang ditemukan dapat dilihat bahwa Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif, sikap sosial serta keterampilan peserta didik dengan menerapkan model PBL lebih baik daripada pembelajaran secara konvensional. Model pembelajaran problem based learning berpengaruh terbesar terdapat pada penerapan model problem based learning bagi peserta didik SLTA dengan gain sebesar 52,55 atau 253%, selanjutnya pada peserta didik SLTP dengan gain 49,77 atau 196% dan pada urutan ketiga terjadi peningkatan sebesar 46,5 atau 131% gainnya pada peserta didik pada perguruan tinggi atau universitas.
References
Aisyah Nofziarni, Hadiyanto, Yanti Fitria, Alwen Bentri. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 2016.
Dasar, D. J. (2011). Himpunan Peraturan Republik Indonesia Bidang Pendidikan Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fauzia, H. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 40.
Hayatuz Zakiyah, Nuzula Ulfa. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Lantanida Journal, 106.
Herlinda, Eko Swistoro dan Eko Risdianto. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di SMAN 1 Lebong Sakti. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1.
Kamarianto, K. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Kecamatan Sinaboi. JOM Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2.
Kurnia, U. R. (2015). Efektifitas Penggunaan Gambar pada Brosus dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 5 Padang. Pilar of Physics Education, 6.
Maaruf Fauzan, Abdul Gani, Muhammad Syukri. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 29.
Melin Novitri, Rosane Medriati, Dedy Hamdani. (n.d.). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas VIII.8 SMPN 1 Kota Bengkulu. JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA, 144.
Mely Cholifatul Janah, A. T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2097.
Nestri Indah Wulandari, Astuti Wijayanti, Widodo Budhi. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA. J. Pijar MIPA, 51.
Ni Wayan Santiani, D. N. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5.
Putri Endah Nurfiyanti, Yennita, Dewi Jumiarni. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Fotosintesis Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIa SMPN 2 Lebong Utara. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1.
Ramlawati, Sitti Rahma Yunus, Aunillah Insani. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 1.
Riswati, R. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. JOM Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4.
Siti Rusmayani, Al-Rasyidin, Salminawati. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIQH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI STABAT. EDU RILIGIA, 126.
Vebriyanti Dwi Anggraini, A. M. (2013). Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, Dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 187.
Wulandari, B. (2013). PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PLC DI SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 178.
Zahara, S. R. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. Relativitas, 29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

