ANALISIS KINERJA KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DALAM TATA KELOLA MADRASAH PASCA PANDEMI DI KABUPATEN BENER MERIAH
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v9i1.388Keywords:
Kepala Madrasah, Pasca Pandemi, KinerjaAbstract
Penelitian ini tentang Analisis Kinerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Dalam Tata Kelola Madrasah Pasca Pandemi Di Kabupaten Bener Meriah yang dilatarbelakangi oleh beberapa pola kinerja Kepala Madrasah laki-laki dan perempuan yang mengalami perubahan pasca pandemi Covid 19 yang memberikan beberapa pengaruh terhadap hasil pembelajaran siswa di Mandrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Bener Meriah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja Kepala Madrasah, peran dan faktor penghambat yang dialami oleh kepala Madrasah dalam tata kelola Madrasah pelaksaan pembelajaran pasca pandemi. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif sebagai acuan untuk mendapatkan sumber data secara nyata. Teknik pengumpula data dilakukan melalui wawancara (interview) dengan membuat instrumen daftar pertanyaan serta foto bukti dokumentasi sebagai pendukung dalam penelitian agar mendapatkan data secara mendalam. Berdasarkan hasil dari penelitian ini : 1. Kinerja kepala Madrasah perempuan dan laki-laki dalam pengembangan madrasah dengan menerapkan kurikulum merdeka dan melakukan kegiatan pembiasaan. Sedangkan pelaksanaan tugas manajerial dengan memberikan motivasi dan kedisiplinan, melakukan inovasi dan pengembangan kewirausahaan serta melakukan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan 2. Peran Kepala Madrasah sebagai edukator, administrator, motivator dan supervisor 3. Sedangkan, hambatan dalam hal melakukan proses pembelajaran serta tata kelola Madrasah pasca pandemi, selain itu kendala di hadapi hampir seluruh Madrasah ialah harus memulai materi pembelajaran mengulang kembali dengan alasannya banyak siswa yang belum memahami pembelajaran yang dilakukan melalui daring (online). Bukan hanya itu saja yang menjadi penghambat kinerja kepala Madrasah akan tetapi, keterbatasan Hp android, jaringan yang tidak stabil serta keterbatasan guru dalam menguasai teknologi terbaru.
References
Gitiyarko, V. (2021). SE Mendikbud tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Selama Pandemi Covid-19. Jakarta: Mendikbud.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umar Sidiqi dan Miftachul Choir. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

