STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ME-NANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BLANGKEJEREN
Keywords:
Multikultural, Nilai-Nilai Multikultural, Strategi Guru PAIAbstract
Sebagai negeri yang memiliki keberagaman pemikiran dan pemahaman yang multikultural berarti siap menerima adanya berbagai macam budaya. Maka dari itu sudah sepantasnya wawasan multikultural dibumikan melalui pendidikan multikultural yang diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai pluralisme, humanisme dan demokrasi kepada peserta didik. Adapun yang berperan sebagai aktor dalam proses penanaman nilai-nilai multikultural tersebut terhadap peserta didik adalah semua guru, salah satunya adalah guru PAI. Guru PAI yang kompeten tentu mempunyai strategi tersendiri dalam menanamkan nilai-nilai multikultural pada siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagimana langkah-langkah guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 1 Blangkejeren dan SMAN 1 Blangkejeren dan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 1 Blangkejeren dan SMAN 1 Blangkejeren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode field research. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 1 Blangkejeren dan SMAN 1 Blangkejeren dilakukan melalui penanaman nilai toleransi antar warga sekolah, mengajarkan sikap menghormati dan menghargai dengan teman yang berbeda agama, suku mapun etnis, membiasakan sikap gotong royong di sekolah, memberikan nilai keadilan dan persamaan dalam proses belajar mengajar, mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran, dan menunjukkan pembiasaan yang positif dan keteladanan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 1 Blangkejeren dan SMAN 1 Blangkejeren meliputi dukungan sekolah, dukungan dari warga masyarakat sekitar, dukungan dari keluarga siswa, dukungan siswa sendiri, dan dukungan para dewan guru untuk tertanamnya nilai-nilai multikultural pada siswa.
References
Abidin, Z. (2016). Menanamkan Konsep Mul-tikulturalisme di Indonesia. Jurnal Dina-mika Global, 1(02). https://doi.org/10.36859/jdg.v1i02.24
Arief, A. (2012). Pengantar Ilmu dan Metod-ologi Pendidikan Islam. Ciputat Press .
Asyhari, H. (2022, April 18). Guru dan Pen-didikan Multikultural di Lingkungan Sekolah .
Bukhori, I. (2018). METODE PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PA-DA SISWA KELAS RENDAH (STUDI PADA MI DI MWCNU LP. MAARIF KRAKSAAN). EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(1). https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i1.756
Darma Wati. (2022). Wawancara.
David Hermawan, J., & Baihaqi, A. (2020). MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Sumbula, 5(1).
Fadlillah, M., & Mualifatu Khorida, L. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013), 201. Ar-Ruzz Media.
Fauziah, N. (2013). PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL. MADRASAH. https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.2237
Febriani, R., Waldi, A., & P. Mbeo, N. (2021). Urgensi Pendidikan Multikultural pada Masyarakat Homogen Demi Menjaga Ketahanan Negara Bangsa (Studi Kasus Video Viral Pemakaian Jilbab di SMK di Padang). Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 208. https://doi.org/10.22146/jkn.65419
Fita Mustafida. (2020). Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pen-didikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pen-didikan Islam Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyara-kat. Ar-Ruzz Media.
Meilani Hartono. (2022). pendidikan-multikultural/, diakses tanggal 18 April 2022. Https://Pgsd.Binus.Ac.Id/2018/11/23/Pendidikan-Multikultural/.
Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lec-tura : Jurnal Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724
Munadlir, A. (2016). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN MULTIKUL-TURAL. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidi-kan Sekolah Dasar), 2(2). https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a6030
Nugroho, M. A. (2016). Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; Sebuah Upaya Membangun Pemahaman Keberagamaan Inklusif pada Umat Muslim. MUDARRI-SA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.31-60
Rahmawati, W. W. D. (2014). Pendidikan Multikultural (Studi Kasus di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Tulungagung). In Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO (Vol. 2, Issue 1).
Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter, (Bandung Remaja Rosdakarya, 2012), 53. Remaja Rosda Karya.
Samsudin, S. (2021). Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru Pendidikan Agama Is-lam Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Mul-tikultural. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.759
Zikriansyah. (2021). Wawancara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

