PROBLEMATIKA DAN STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMP DI KABUPATEN ACEH TENGAH

Authors

  • Rahmawati MTsS Al-Azzam, Takengon

Keywords:

Problematika, Strategi guru, Mutu Pembelajaran

Abstract

Dalam usaha meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam, guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat besar. Disamping hal itu, keberhasilan dalam pembelajaran yang bermutu tidak terlepas dari adanya strategi pembelajaran, Untuk mewujudkan hal tersebut guru tidak terlepas dari problematika dalam pembelajaran. Penelitian ini berfokus mengungkap bagaimana problematika yang dihadapi guru PAI serta strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Takengon, SMPIT Cendekia, dan di SMP Negeri 5 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yaitu kepala sekolah dan guru di sekolah yang di tetapkan sebagai subyek penelitian, data sekunder diperoleh dari kepustakaan, arsip serta catatan-catatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi, serta teknik analisa data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di temukan hasil sebagai berikut: 1. Problematika yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam pada tingkat SMP di Kabupaten Aceh Tengah yaitu, Pertama, kurangnya minat siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam. Kedua, Jarangnya pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kualiatas diri. Ketigat, kemampuan guru yang belum masimal. Keempat, minimnya buku panduan bagi siswa. Keenam, modul pembelajaran yang jarang digunakan. 2. strategi pembelajaran di kelas (direct Instruction) dan juga diluar kelas (Indirect Instruction). Dalam pelaksanaannya guru PAI menggunakan berbagai metode pembelajaran sebagai strategi dalam pembelajaran, metode yang digunakan yaitu sangat bervariasi seperti metode ceramah, menonton film, game, role play, diskusi. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran sekolah memiliki program untuk mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam seperti, program baca tulis Al-Qur’an, pengembangan kepribadian Islam dengan kajian halaqoh dankajian keputrian, pengembangan karakter anak dengan dilengkap sarana dan prasarana, serta mengadakan pelatihan bagi guru sebagai bentuk pengembangan kualitas diri.

References

Djamarah, S. B. (2013). Guru dan anak didik. Rineka Cipta.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoretis Dan Pemikiran Tokoh. Pustaka Pelajar .

Imran, A. (2012). Supervisi pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara.

Johnson, L. (2018). Pengajaran yang kreatif dan menarik, (Indeks, 2018), 45. Indeks.

Komarudin, & Tjuparmah, Y. S. (2016). Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah (Jakarta: Bumi Aksara, 2016), 145. Bumi Aksara.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. PT. Raja Grafindo Persada .

Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Rahmawati. (2023). PROBLEMATIKA DAN STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMP DI KABUPATEN ACEH TENGAH. Inteligensia, 8(1), 23–32. Retrieved from https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/itg/article/view/367