UNIVERSITAS AL-AZHAR CAIRO
DAYA TAHAN SEBUAH TRADISI INTELEKTUAL
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v7i2.191Keywords:
Universitas, Tradisi IntelektualAbstract
Al-Azhar merupakan salah satu universitas tertua di dunia sampai saat ini yang telah mengajarkan berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan baik berupa ilmu agama maupun ilmu umum. Sejarah pendirian pertama sekali dilakukan pada masa dinasti fatimiyah untuk kepentingan politik dengan menjadikan lembaga tersebut sebagai tempat untuk menanamkan keagamaan,sejak pertama berdiri mengalami pasang surut karena pengaruh dari siapa yang berkuasa pada saat itu, setiap terjadi pergantian kekuasan tentu peratuan juga berobah dan mengalami perombakan disesuaikan dengan faham yang dianut oleh masing-masing penguasa. Al-Azhar sangat berperan dalam perkembangan dan kemajuan umat Islam, baik itu di Mesir maupun di negara-negara yang diluar mesir, sampai sekarang universitas ini menjadi andalan bagi seluruh pelajar di dunia. Banyak alumni yang memiliki pemikiran brilian dengan meninggalkan karya-karya yang sangat bernilai harganya, sehingga buah karya mereka dijadikan rujukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
References
al-Jundi, A. (1978). Hasan al-Banna al-Dai’yah al-Imam wa al-Mujaddid al-Syahir, (Beirut: Dar al-Qalam, 1978), hal. 4. Dar al-Qalam .
al-Khailan, I. (1992). Sekularisme Upaya Memisahkan Agama dan Negara, terj. Kathur Suhardi. Pustaka Alkausar .
al-Syarif, A.-A. (1983). Al-Hai’ah al-Mishriyyah al-‘Ammah li al-Kitab. Al-Azhar al-Syarif .
Asrohah, H. (1999). Sejarah pendidikan Islam. Logos .
Azra, A. (2000). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Logos Wacana Ilmu .
Darwis, D. (2010). Dinamika Pendidikan Islam: Sejarah, Ragam dan Kelembagaan, (Semarang: Rasail, 2010), hal.14 . Rasail .
Dasoeki, H. (1993). Ensiklopedi Islam, Jilid I. Ikhtisar Van Hoeve.
Djumbulati, A. (1987). Perbandingan Pendidikan Islam. Rhineka Cipta .
Dodge, B. (1961). Al-Azhar A Millennium of Muslim Learning. The Middle East Institute .
Hadisupeno. (1999). Pendidikan dalam Belenggu Kekuasaan. Pustaka Paramadina .
Hanafi, A. (n.d.). Pengantar Theologi Islam. Pustaka al-Husna .
Hidayatullah, T. P. I. S. (2002). Ensiklopedi Islam Indonesia, Jilid I. Djambatan .
Hourani, A. (1962). Arabic Thought in the Liberal Age. Oxford University Press .
Khafaji, M. A. M. (1988). Al-Azhar fi Alf ‘Amm, Juz I . Maktabah al-Kulliyat al-Azhariyah .
Mukti, A. (2008). Pembaharuan lembaga Pendidikan di Mesir studi tentang Sekolah-sekolah Modern Muhammad Ali Pasya. Citapustaka Media Perintis .
Mursyi, M. M. (1982). Al-Tarbiyah al-Islamiyah: Ushuluha wa Thathawwuruha fi al-Bilad al-Arab. Alam al-Kitab .
Nasution, H. (1975). pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Bulan Bintang .
Nata, A. (2004). Sejarah Pendidikan Islam. RajaGrafindo Persada .
Nizar, S. (2009). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia. Kencana .
Rahman, F. (1984). Islam and Modernity Transformation of an Intellectual Tradition. The University of Chicago Press .
Ramayulis, & Nizar, S. (2005). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam: Mengenal Tokoh Pendidikan Islam di Dunia Islam dan Indonesia, (Ciputat: Quantum Teaching, 2005), hal. 46. Quantum Teaching .
Sani, A. S. (1998). Lintasan Sejarah Pemikiran Perkembangan Modern dalam Islam. Raja Grafindo Persada .
Suwito, & Fauzan. (2005). Sejarah Sosial Pendidikan Islam . Kencana .
Utsman, A.-F. H. (1983). Al-Azhar al-Syarif fi Idihi al-Alfi. al-Misriyyah al-Ammal li al-Kitab .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

