PENGUATAN BUDAYA LITERASI
(STUDI PERAN PERPUSTAKAAN KELILING DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN ACEH TENGAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT)
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v7i2.190Keywords:
Budaya Literasi, Minat BacaAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya membudayakan kegiatan literasi pada masyarakat. Rendahnya budaya literasi dipengaruhi oleh keterbatasan sarana untuk membaca. Untuk itu perlu peran perpustakaan keliling sebagai sarana pemerataan layanan perpustakaan hinggadaerah terpencil. Perpustakaan terkendala dengan keterbatasan jumlah kendaran untuk berkeliling. Rumusan masalah penelitian ini adalah peran dan strategi perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat baca, serta kecenderungan minat bacaan masyarakat yang kemudian diaplikasikan melalui tujuan penelitian yaitu untuk medeskripsikan dan menganalisis rumusan masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, adapun sumber data yaitu 7 pengelola dan 24 pengunjung perpustakaan keliling, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perpustakaan keliling berperan sebagai fasilitator, mediator, dan motivator dalam pemerataan layanan 2) Strategi perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat baca adalah mengunjungi masyarakat pada lokasi tidak terjangkau, strategi sistem layanan membaca di tempat, sirkulasi, dan story telling, strategi promosi melalui media sosial. Serta strategi shelving koleksi 3) Minat bacaan masyarakat dari kalangan anak dan remaja cenderung menyukai buku fiksi seperti karya sastra, pada usia ini kecencenderungan membacabuku non fiksi dipengaruhi oleh kebutuhan pembelajaran di lembaga pendidikan seperti jenis bacaan ilmu sosial, ilmu murni, kesenian, karya ilmiah, karya umum, agama, bahasa, dan sejarah. Usia dewasa muda kecenderungan membaca buku fiksi berkurang. Sedangkan usia dewasa akhir cenderung membaca buku keagamaan dan tidak menyukai buku fiksi.
References
Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.63
Andriasari, I. F. (2020). Learning society berbasis literasi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran di era revolusi industri 4.0 (studi multikasus di sdn 1 kampungdalem dan min 4 tulungagung). In Pascasarjana IAIN Tulungagung.
Anggraini, S., Kunci, K., & Literasi, : (2016). BUDAYA LITERASI DALAM KOMUNIKASI. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3).
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education Series Journal, 01(1).
Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Acarya Pustaka, 2(1).
Arumsari, R., & Krismayani, I. (2016). PERAN PERPUSTAKAAN KELILING DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT DESA KEPEK KECAMATAN SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Dan Fakultas Ilmu Budaya, 2(2).
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), 172-175. Ar-Ruzz Media.
Dokumentasi Profil Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tengah, (2020).
Endah, A. (2015). Menulis Fiksi Itu Seksi: 1001 Trik Menulis Fiksi Dengan Asik. Gramedia Pustaka Utama .
Friantary, H. (2019). BUDAYA MEMBACA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485
Hadi, A. (2017). Pentingnya pengenalan tentang perbedaan individu anak dalam efektivitas pendidikan. Jurnal Inspirasi, 1(1).
Harahap, W. R. (2021). Penerapan Strategi Promosi Perpustakaan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(1). https://doi.org/10.30829/jipi.v6i1.9314
Hasnawati. (2022). Wawancara.
Herman. (2022). Wawancara.
Hidra, I. (2022). Wawancara.
Juandika. (2022). Wawancara.
Juanto. (2022). Wawancara.
Khadijah. (2022). Wawancara .
Lailana. (2022). Wawancara.
Mardiah, A. (2022). Wawancara.
Marufah, U., & Hasanah, Uswatun. (2012). Budaya Membaca di Kalangan Anak Muda. Candi, 4(2).
Muhibbinsyah. (2011). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya .
Munawarah. (2022). Wawancara.
Nurgiyantoro, B. (2005). Tahapan Perkembangan Anak dan pemilihan Bacaan Sastra Anak. Cakrawala Pendidkan, 2.
Putri Murni. (2022). Wawancara.
Rahayu Mugi. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Puzzel Di Tk Goemerlang Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung .
Rahmawati, D., & Lestari, K. (2022, April 16). 8 Tahapan Pertumbuhan Manusia, Mulai Dari Kandungan Hingga Lansia” Hidup Sehat, 16 Apr 2021, Https//Www.Sehat.Com/Artikel/8-Tahapan-Pertumbuhan-Manusia-Mulai-Dari-Kandungan-Hingga-Lansia.
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2).
Shofaussamawati. (2014). Menumbuhkan minat baca dengan pengenalan perpustakaan pada anak sejak dini. Libraria, 2(1).
Sri Murni. (2022). Wawancara.
Sudarman, D. (2022). Wawancara.
Suharyono. (2014). Mengenal dan Mengelola Perpustakaan. Naafi Book Media .
Syariah. (2022). Wawancara.
Undang Undang No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, (2007).
Yunaiwa. (2022). Wawancara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

