TIPOLOGI DAYAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v7i1.149Keywords:
Tipologi, Dayah, Aceh TengahAbstract
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologis. Penelitian dilakukan di Dayah Modern Maqamam Mahmuda, Dayah Terpadu Dayah Terpadu Al-Azhar dan Dayah Terpadu Darul Amal. Sumber data primer penelitian ini adalah data yang diperoleh dari informan melalui pengamatan wawancara mendalam dengan pimpinan dayah, dayah dayah teungku dayah, serta sumber data sekunder yang diperoleh dari dokumen dan sumber data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas dayah di Aceh Tengah, khususnya Dayah Modern Maqamam Mahmuda, Dayah Terpadu Al-Azhar dan Dayah Terpadu Darul Amal, adalah kategori dayah modern/terpadu yang mengintegrasikan sistem pendidikan dayah tradisional dengan sistem pendidikan sekolah/madrasah. Dayah di Aceh Tengah memiliki karakteristik tersendiri dan program unggulan untuk memberikan pendidikan terbaik kepada siswa. Dayah Modern Maqamam Mahmuda memiliki ciri khas penguatan bahasa dan kewirausahaan, Dayah Terpadu Al-Azhar memiliki ciri khas nilai-nilai dayah tradisional yang identik dengan penguasaan buku klasik dan penerapan praktik dayah tradisional seperti suluk. Kemudian Dayah Terpadu Darul Amal memiliki ciri khas penguasaan ilmu Alquran (tilawatil Quran, tahsinul quran, qiraah sab'ah) sehingga melahirkan qari.'
References
Ahmadi. (n.d.). Wawancara.
Anas Nurdin. (n.d.). Wawancara.
Chalid. (n.d.). Wawancara.
Dokumen Kurikulum Dayah Terpadu Al-Azhar. (n.d.).
Dokumen Profil Dayah Maqamam Mahmuda . (n.d.).
Hamdan, H. (2018). D A Y A H DALAM PERSPEKTIF PERUBAHAN SOSIAL. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 8(1). https://doi.org/10.32505/hikmah.v8i1.402
Haris Herdiansyah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Sosial. Humanika Salemba.
Hizbullah. (2010). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Dayah Library.
Ihsan Harun. (n.d.). Wawancara.
Ismail Muhammad. (2008). Learning Arabic in Dayah Salafiyah Aceh. UIN Syarif Hidayatullah.
Ismet Nur. (2020). Modernisasi Pendidikan Islam: Transformasi Kelembagaan dan Sistem Pendidikan Dayah. Pena Persada.
Khairul Basari. (n.d.). Wawancara.
Marhamah. (2018). Pendidikan Dayah dan Perkembangannya di Aceh. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1).
Mulyana Dedi. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Rosdakarya Teenager.
Ya’qub Ya’putra. (1984). Pondok Pesantren dan Pengembangan Desa . Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

