MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE UMMI (STUDI MULTISITUS PADA SDIT AL MANAR BENER MERIAH & SDIT AL MANAR TAKENGON)
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v7i1.148Keywords:
Manajemen, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode UmmiAbstract
Pembelajaran al-Qur’an yang baik membutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin mutu bahwa setiap orang yang belajar al-Qur’an, bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Salah satu metode yang tengah berkembang saat ini adalah metode Ummi, sehingga menarik untuk dikaji lebih mendalam lagi. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis manajemen pembelajaran al-Qur’an metode Ummi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di SDIT Al-Manar Bener Meriah dan SDIT Al-Manar Takengon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan pembelajaran al-Qur’an metode Ummi berpedoman pada aturan-aturan yang telah ditetapkan Ummi Foundantion seperti menentukan target yang akan dicapai, desain posisi pembelajaran, model pembelajaran serta melakukan sertifikasi guru al-Qur’an metode Ummi. Kedua, Pengorganisasian dilakukan dengan menentukan durasi, menentukan jumlah siswa dalam kelompok, Ketiga, Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an metode Ummi merujuk pada tahapan pembelajaran yang telah ditetapkan Ummi Foundantion seperti mengelola kelompok berdasarkan jilid Ummi yang sedang dipelajari, menggunakan media atau alat peraga serta melaksanakan 7 tahapan pembelajaran. Keempat, Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara: melaksanakan evaluasi hasil pembelajaran berupa evaluasi harian pada setiap akhir jam pelajaran Tahsin al-Qur‟an metode Ummi lalu melaksanakan evaluasi kenaikan jilid serta melakukan evaluasi berjenjang sebagai sarana komunikasi dan sarana evaluasi hasil capaian prestasi belajar Tahsin al-Qur’an siswa yang dilaporkan kepada wali murid siswa.
References
Ali Imran, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya, 2006.
Ananda, Rusydi dan Amiruddin. Inovasi Pendidikan (Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan), Medan: CV. Widya Puspita, 2017.
Arif, M. Konsep Dasar Pembelajaran UMMI di Sekolah Dasar/MI, Tulungagung: IAIN Tulungagung Press. 2014.
Baharuddim, dkk. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Budiwibowo, Sastrijo dan Sudarmiani. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2018.
Danim, Sudarwan dan Khairil. Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru), Bandung: Alfa Beta, 2014.
Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Surabaya: Pustaka Assalam, 2010.
Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Djumransyah dan Abdul Malik Karim A., Pendidikan Islam: Menggali Tradisi Meneguhkan Eksistensi, Malang: UIN-Malang Press, 2007.
Hadi, Roeslan. Ilmu Pendidikan Agama Islam, Surabaya: Direktorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1998.
Hafiz, Mubarak. Upaya Guru Al – Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al – Qur’an di SDIT Ukhuwah Banjarmasin. dalam Jurnal Studi Insania Vol. 1, No. 1. 2013.
Harahap, Sri Belia. Penerapan Metode Ummi dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa (Studi Multisitus di Sekolah Tahfizh Khoirul Ummah dan SD Islam As-Salam Malang), Thesis, Pascasarjana PAI: UIN Malang, 2017.
Hermawan, Didik. “Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an.”, Jurnal Studi Islam, Vol. 19, No.1 Juni 2018
Ibrahim Mohammad Hammad, The Performance of Female Students in the Recitation (Telawah) of the Holy Quran in the U.K., dalam International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 2 No. 11,2012
Indayati, Retno. Psikologi Pendidikan, Tulungagung: CESMID, 2008.
Jaya, Indra. Evaluasi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing, 2017.
Komsiyah, Indah. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2012.
Masruri, Modul Sertifikasi Guru Al Qur’an Metode Ummi, Surabaya: Yayasan Ummi Foundation.
Nasirudin, Cerdas Ala Rasulullah: Metode Rasulullah Mencetak Anak Ber-IQ Tinggi, Jogyakarta: A+Plus Book, 2009.
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Rifa’I, Ahmad. Implementasi Metode UMMI Untuk Meningkatkat Kualitas Membaca al-Quran di SDIT Ihsanul Amal Alabio, dalam Jurnal Ilmiah AL-MADRASAH, Vol. 2, No. 2, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV ALFABETA, 2013.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, cet. ke- 12, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Sumanto, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset, 1995.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Press, 2006.
Syaukani, Metodelogi Penelitian Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2020.
Terry, George R. Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Terry, George R. Prinsip-Prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Tim Penyusun Ummi Foundation, Buku Pedoman Pengajaran & Pembelajaran al-Qur’an Metode Ummi, Surabaya: Yayasan Ummi Foundation.
WJS. Poerwodarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1984.
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

