KREATIVITAS GURU PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP KECAMATAN PINTU RIME GAYO BENER MERIAH
DOI:
https://doi.org/10.54604/itg.v7i1.147Keywords:
Kreatifitas, media daring, pembelajaran PAIAbstract
Covid-19 memberikan efek di setiap bidang kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk Pendidikan. Akibatnya, proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (daring) yang menuntut kreatifitas guru. Penelitian ini untuk menjawab bagaimana kreatifitas guru PAI pada masa pandemic covid-19 di SMP di kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah, dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Penelitian ini adalah penelitian fenomenologis, bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi sumber penelitian ini adalah SMPN 2 dan 4 Pintu Rime Gayo. Sumber data penelitian ini adalah 2 kepala sekolah, 2 wakil kepala bidang kurikulum, dan 4 orang peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI merencanakan pembelajaran dengan menyusun RPP satu lembar yang relevan dengan tujuan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan media whats app, google class meeting, dan zoom. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru adalah sarana aplikais berupa google form, quis, live work sheet. Pendukung pembelajaran daring adalah dukungan orang tua, sekolah dan pemerintah, sarana yang mendukung, efisiensi, dan pengembangan IT. Sedangkan penghambatnya adalah keterbatasan media, jaringan dan penggunaan kuota internet yang boros dan komunikasi yang kurang jelas.
References
Alhasra Idawani. (2021). Wawancara.
Asaliah. (2021). Wawancara.
Cut Khumizah. (2021). Wawancara.
Daslima. (2021). Wawancara.
Dian Andayani, & Abdul Majid. (2004). PAI Berbasis Kompetensi. Rosda Karya.
Iskandar Agung. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Bestari Buana Murni.
Maulida. (n.d.). Wawancara.
Maulida. (2021). Wawancara.
Meidawati, S. A. N. B. R. (2019). PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2). https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117
Melisa Iriyani. (2021). Wawancara.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). SE Nomor 4 Tahun 2020, tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).
Nuraini. (2021). Wawancara.
Raudhah. (n.d.). “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid19. Retrieved August 9, 2021, from https://riaupos.jawapos.com/pendidikan/09/08/2020/236189
Rigi Nadia. (2021). Wawancara.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo.
S.C. Utami Munandar. (1999). Kreativitas dan Keterbakatan. Gramedia Pustaka Utama.
Suryawan. (2020). Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. Balipuspanews.Com.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri Untuk Dukungan Gugus Tugas Covid-19. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Wulan E.R., & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Pustaka Setia.
Yolanda, S. (2020). Problematika Guru Dalam Pelaksanaan Kelas Daring (Online) Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Zainal Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

