https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/issue/feedTa'dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan2025-09-19T02:28:14+00:00LPPM IAIN Takengon IAIN Takengonlppm.iaintkn@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang memuat karya ilmiah dari dosen, peneliti, mahasiswa, dan pihak terkait lainnya yang belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dipublikasikan dalam bentuk artikel tentang penelitian dan gagasan konseptual tentang pokok bahasan pendidikan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September.</p>https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/484Membangun Kesadaran Ilmiah dan Moral: Analisis Hakikat Ilmu Dalam Al-Qur’an2025-02-18T14:52:26+00:00Sabrina Praba Indah Kurnianasabrinaprb95@gmail.comRizkyta Nabilla Rahmadaninabillarizkyta@gmail.comShely Virnanda Anggreinyshelyvirnandaa@gmail.comAfiza Laela Putriafizahlailaputri@gmail.com<p>Ilmu dalam perspektif Islam tidak sekadar dipahami sebagai akumulasi pengetahuan, tetapi juga sebagai sarana pembentukan kesadaran spiritual dan moralitas. Al-Qur’an menegaskan pentingnya ilmu melalui fungsinya sebagai petunjuk, penjelas, dan pembeda, yang hanya dapat diwujudkan apabila manusia mengoptimalkan potensi intelektual dan spiritualnya. Penelitian ini bertujuan mengkaji hakikat ilmu dalam al-Qur’an dengan menyoroti tiga dimensi utama, yakni epistemologis (bagaimana ilmu diperoleh), spiritual (peran hati dan kesadaran batin), dan moral (implikasi ilmu terhadap akhlak dan perilaku). Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, di mana sumber primer berupa ayat-ayat al-Qur’an (Q.S. Al-Mujādalah [58]:11, Ṭāhā [20]:114, An-Naml [27]:15, dan Al-Qaṣaṣ [28]:14), serta sumber sekunder berasal dari artikel ilmiah terpublikasi sepuluh tahun terakhir yang relevan. Analisis data dilakukan melalui analisis isi dengan menafsirkan makna dan relevansinya terhadap kajian ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa al-Qur’an memandang ilmu sebagai entitas integral: diperoleh melalui usaha intelektual, diiringi dengan kesadaran spiritual, dan diwujudkan dalam perilaku moral. Kebaruan penelitian ini terletak pada sintesis literatur kontemporer dengan analisis ayat-ayat al-Qur’an, yang menawarkan paradigma ilmu Qur’ani yang komprehensif dan menolak reduksionisme rasionalistik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan epistemologi Islam serta menjadi rujukan bagi pendidikan Islam yang holistik, melahirkan insan berilmu, berakhlak, dan berkesadaran ilahiah</p>2025-09-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ta'dibhttps://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/486Keefektifan Pelaksanaan Magang 1 Bagi Mahasiswa Uin Ar-Raniry Jurusan Pendidikan Fisika 2025-09-19T02:28:14+00:00Fatjrul Ata Rizki Nasutionfatjrulatariski@gmail.comAdinda Fahira220204007@student.ar-raniry.ac.idCut Amalia220204006@student.ar-raniry.ac.idJuniar Afridajuniarafrida@ar-raniry.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan peserta magang terhadap pelaksanaan program magang di sekolah berdasarkan kuesioner yang diisi oleh 17 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas peserta memahami tujuan program magang dan merasakan manfaatnya dalam pengembangan keterampilan, pemahaman dunia kerja, serta sebagai pengalaman bermakna. Namun, beberapa kendala diidentifikasi, seperti jadwal magang yang mengganggu kegiatan perkuliahan, kurangnya panduan dari kampus, serta dukungan yang belum optimal dari sekolah dan supervisor. Responden juga menghadapi tantangan dalam jarak tempuh, miskomunikasi, dan kolaborasi kelompok. Penelitian ini menyarankan adanya peningkatan koordinasi antara kampus, sekolah, dan supervisor, serta evaluasi terhadap jadwal dan panduan program untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan magang.</p>2025-09-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ta'dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan