Manajemen Kepala Sekolah dalam Mengintegrasikan Nilai Budaya Gayo pada Pelajaran Muatan Lokal di MAN 1 Aceh Tengah
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v15i2.542Keywords:
manajemen kepala sekolah, nilai budaya Gayo, muatan lokal, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai budaya Gayo yang relevan serta strategi dan manajemen kepala sekolah dalam mengintegrasikannya ke dalam pelajaran Muatan Lokal di MAN 1 Takengon, Aceh Tengah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan penting dalam merancang dan mengimplementasikan integrasi nilai-nilai budaya melalui penguatan kurikulum, pelibatan tokoh adat, serta kegiatan ekstrakurikuler berbasis budaya seperti saman dan didong. Nilai-nilai utama yang diintegrasikan meliputi kejujuran, gotong royong, dan penghormatan terhadap orang tua yang berkontribusi pada pembentukan karakter siswa. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan bahan ajar dan pelatihan guru, kepala sekolah mampu mengelola strategi berkelanjutan melalui supervisi, pelatihan, dan kolaborasi dengan masyarakat. Penelitian ini menegaskan bahwa manajemen kepala sekolah yang efektif berperan penting dalam menjaga keberlanjutan dan relevansi nilai-nilai budaya lokal di tengah tantangan globalisasi pendidikan.
References
Andriani, D. E. (2011). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 7(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/4085
Banks, J. A. (1993). Multicultural Education: Historical Development, Dimensions, and Practice. Review of Research in Education, 19, 3. https://doi.org/10.2307/1167339
Bush, T., & Glover, D. (2003). School Leadership: Concepts and Evidence. National College for School Leadership Nottingham.
Daniah. (2019). NILAI KEARIFAN LOKAL DIDONG DALAM UPAYA PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 8(1). https://doi.org/10.22373/PJP.V8I1.4585
Drucker, P. (2012). The Practice of Management. Routledge.
Fayol, H. (2016). General and Industrial Management . Ravenio Books.
Husaini. (2019). Manajemen Kurikulum Pendidikan Dayah Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Gayo di Pesantren Semayoen Nusantara Kabupaten Bener. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(1), 1–15. https://doi.org/10.47766/IDARAH.V3I1.167
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.22219/SATWIKA.V3I2.10244
Juwandi, Zahriyanti, & Yanti, H. (2024). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL: BUDAYA SUKU GAYO. Research and Development Journal of Education, 10(2), 940–952. https://doi.org/10.30998/RDJE.V10I2.25519
Poli, A. I., Sokoy, F., Kadir, A., Ali, A., & Suhun, M. (2025). Pendidikan Berbasis Budaya Lokal: Pemetaan Kurikulum di Sekolah Dasar Melalui Kolaborasi Guru dan Komunitas Adat | Abdimas Universal. Abdimas Universal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). Retrieved from https://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversal/article/view/2711
Salam, M. W., & Zulfikar, D. (2025). Fonem Bahasa Arab Dan Bahasa Gayo: Analisis Kontrastif Dan Dampaknya Pada Penutur Gayo. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 8(1), 168–179. https://doi.org/10.35931/AM.V8I1.4659
Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ta'dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


