Studi Analisis Minat Belajar Mahasiswa BKPI dalam Perspektif Psikologi Pendidikan

Authors

  • Hernita Hernita IAIN Takengon
  • Birrul Walidaini IAIN Takengon
  • Alfina Tania IAIN Takengon
  • Erna Sari IAIN Takengon
  • Anis Simahara IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v15i1.539

Keywords:

lingkungan belajar, mahasiswa BKPI, minat belajar, motivasi, strategi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat minat belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Semester III di IAIN Takengon serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Minat belajar merupakan aspek penting yang berperan langsung terhadap keberhasilan akademik mahasiswa karena menjadi pendorong utama dalam proses belajar dan keterlibatan selama perkuliahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 25 mahasiswa yang terdiri atas 6 laki-laki dan 19 perempuan, dengan instrumen berupa angket berskala lima kategori (selalu, sering, kadang-kadang, jarang, dan tidak pernah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat belajar mahasiswa tergolong tinggi dengan rata-rata capaian sebesar 70%, dipengaruhi oleh motivasi intrinsik, dukungan lingkungan belajar, kreativitas dosen, dan pemanfaatan teknologi pembelajaran. Namun demikian, masih ditemukan sebagian mahasiswa yang memiliki minat rendah dalam kegiatan belajar mandiri di luar tugas kuliah (58%), sementara dorongan untuk meraih prestasi akademik mencapai 117% yang menunjukkan orientasi kuat terhadap pencapaian nilai. Temuan ini menegaskan bahwa minat belajar mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal, tetapi juga oleh strategi pengajaran dan kondisi lingkungan belajar, sehingga diperlukan upaya kolaboratif antara dosen dan institusi untuk memperkuat minat belajar melalui metode pembelajaran yang variatif, pemberian umpan balik positif, serta penciptaan suasana belajar yang kondusif dan inspiratif.

References

Aritonang, K. T. (2018). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 3(10), 12–22.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “What” and “Why” of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268.

McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. Cambridge University Press.

Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (4th ed.). Pearson Education.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Downloads

Published

2025-03-06

How to Cite

Hernita, H., Walidaini, B. ., Tania, A. ., Sari, E., & Simahara, A. . (2025). Studi Analisis Minat Belajar Mahasiswa BKPI dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 15(1), 18–23. https://doi.org/10.54604/tdb.v15i1.539

Issue

Section

Articles