Contextual Teaching and Learning (CTL): Inovasi Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di Sekolah Dasar Islam

Authors

  • Zannah IAIN Takengon
  • Indra IAIN Takengon
  • Putri Wulan Dhari IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v14i2.536

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), Motivasi Belajar, strategi guru

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Untuk membantu siswa memahami materi sekaligus menumbuhkan motivasi belajar, diperlukan model pembelajaran yang mengaitkan konsep pelajaran dengan konteks kehidupan nyata siswa. Salah satu model yang relevan adalah Contextual Teaching and Learning (CTL), yang menekankan keterkaitan antara materi ajar dan pengalaman sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan model pembelajaran CTL untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi kepala sekolah serta guru kelas IV MIN 2 Bener Meriah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dilakukan melalui strategi pengaitan materi dengan pengalaman nyata siswa, penggunaan metode interaktif, serta pemberian kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep secara mandiri. Penerapan model CTL terbukti mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna, meningkatkan keaktifan siswa, serta menumbuhkan motivasi belajar karena kegiatan belajar menjadi lebih menarik, kontekstual, dan mudah dipahami.

References

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching, 2010. Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabet, 2012.

Arlina. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Contextual Teaching and Learning di SMA Negeri 3 Takengon. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 55–63.

Ariani Deski Zahra. (2021). Penerapan Model CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTsS Ulumul Qur’an. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–42.

Benny A. Pribadi, Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat, 2009.

Beni Akhmad Saebani, metode penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia, 2008.

Dimyati, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2017.

Hamruni, Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani, 2011.

Hartinis Yamin, Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi, 2012.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Istarani, dkk, Strategi Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV Iscom Medan, 2017.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. California: Corwin Press.

Lexy j Moloeng, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Mahmaud, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Makmun Khairani, Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Prindo, 2017.

Martini Yamin, Desain Baru Pembelajaran Kontrukttivitik. Jakarta: Ciputa Mega Mall, 2012.

Marihot Munullang, Metodologi Penelitian. Bandung: Cita Pustaka Media, 2014.

Miles & A Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press, 2007.

Muhammad Faturrohman, Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Muhammedi, Psikologi Belajar. Medan: CV Iskom Medan, 2017.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Ruswandi, Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona, 2013.

Ruaman, Pembelajaran Model-Model. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Rohani, Ahmad, Pengolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Siti Aisyah. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa MAN Lampahan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 67–75.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatip dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2010

Sunarti. (2019). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 90–99.

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliana. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Bandar. Jurnal Pendidikan, 3(1), 21–30.

Downloads

Published

2024-09-28

How to Cite

Zannah, Indra, & Dhari, P. W. . (2024). Contextual Teaching and Learning (CTL): Inovasi Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di Sekolah Dasar Islam. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 14(2), 82–90. https://doi.org/10.54604/tdb.v14i2.536