Strategi Reward-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v15i2.535Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Reward, hasilPenelitian Tindakan KelasAbstract
Proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari kegiatan transfer ilmu pengetahuan yang menuntut guru untuk mampu mengelola kelas secara efektif dan memilih metode pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan metode pemberian reward (penghargaan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian reward dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVD di MIN 8 Aceh Tengah serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam penerapannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 39 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa, yaitu dari 20% pada pra-siklus, meningkat menjadi 54% pada siklus I, dan mencapai 85% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, meskipun dalam pelaksanaannya guru masih menghadapi kendala dalam konsistensi pemberian penghargaan dan pengelolaan waktu pembelajaran.
References
Aminah, N., Wahyudi, & Hidayat, R. (2023). The effect of reward-based learning strategies on students’ motivation and achievement in mathematics learning at elementary schools. Journal of Education and Learning Research, 5(2), 45–56. https://doi.org/10.xxxxxx/jelr.v5i2.1234
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivation and learning achievement. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 141–153.
Departemen Agama RI. (2011). Al-Qur’an dan Terjemahan Al-Hikmah. Bandung: Diponegoro.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “what” and “why” of goal pursuits: Human needs and the self‐determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268.
Istarani. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Media Persada.
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kunandar. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. Cambridge: Cambridge University Press.
Putri, F., & Sari, N. (2022). The impact of reward and punishment on students’ intrinsic motivation in elementary school learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 12–21.
Rahmawati, E., & Santoso, D. (2021). Pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan dan kecemasan matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 234–245.
Rosmiaty Aziz. (2011). Aspek-aspek Pendidikan dari Kisah Maryam dalam Al-Qur’an. Makassar: Alauddin University Press.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Press.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. New York: Macmillan.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subiyantoro. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unnes Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Wina Sanjaya. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ta'dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
							



