Keefektifan Pelaksanaan Magang 1 Bagi Mahasiswa Uin Ar-Raniry Jurusan Pendidikan Fisika
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v15i2.486Keywords:
Magang, pendidikan, keguruanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan peserta magang terhadap pelaksanaan program magang di sekolah berdasarkan kuesioner yang diisi oleh 17 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas peserta memahami tujuan program magang dan merasakan manfaatnya dalam pengembangan keterampilan, pemahaman dunia kerja, serta sebagai pengalaman bermakna. Namun, beberapa kendala diidentifikasi, seperti jadwal magang yang mengganggu kegiatan perkuliahan, kurangnya panduan dari kampus, serta dukungan yang belum optimal dari sekolah dan supervisor. Responden juga menghadapi tantangan dalam jarak tempuh, miskomunikasi, dan kolaborasi kelompok. Penelitian ini menyarankan adanya peningkatan koordinasi antara kampus, sekolah, dan supervisor, serta evaluasi terhadap jadwal dan panduan program untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan magang.
References
Abubakar, R. (2021). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN . Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Amalia, R., Anuar, A. Bin, & Fahmi, A. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Efektifitas Pelaksanaan Magang Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dengan Menggunakan Metode CIPP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 239–251. https://doi.org/10.31316/GCOUNS.V7I02.4587
Azis, T. N., & Shalihah, N. M. (2020). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE FORM. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54–65. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V13I1.3028
Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah, 8(1). https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V8I1.91
Darmana, I. M. (2020). EVALUASI PENERAPAN SISTEM LAYONSARI (LAYANAN ONLINE SATU JARI) DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Universitas Pendidikan Ganesha.
Ikhsan, A., Hasiru, R., & Ahmad, M. (2021). Efektifitas Kerja Peserta Magang Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 29–41. https://doi.org/10.37479/JKEB.V14I1.11934
Kusnadi, K., Astuti, M., & Hidayah, I. (2022). Kolaborasi Perguruan Tinggi dengan Instansi Pemerintah dalam kegiatan Praktek Magang menggunakan program link and match guna menciptakan SDM Unggul. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 595–598. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1535
Lumi, S. M., & Lumentah, L. (2024). Efektivitas Pelaksanaan Magang Bagi Mahasiswa FKIP UKIT Jurusan Pendidikan Ekonomi. Rhapsodi Jurnal Studi Multidisiplin, 1(4), 163–171.
Mastiani, E., & Suwandari, L. (2017). PROGRAM KETERAMPILAN KERJA MELALUI MAGANG BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB KABUPATEN BANDUNG BARAT. INCLUSIVE: Journal of Special Education, 3(2). https://doi.org/10.30999/JSE.V3I2.140
Nofiani, M., & Julianto, T. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Magang Pembelajaran terhadap Kemampuan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 577–582. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/32620
Sukardi, S. (2021). The Influence Of Supervising Lecturer’s Professional Practice On The Efficiency Of Trainee Teachers During Teaching Training. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 11(2), 43–51. https://doi.org/10.54604/TDB.V11I2.41
Widianjani, W., & Patimah, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Didactical Mathematics, 5(1), 81–86. https://doi.org/10.31949/DM.V5I1.4938
Wijayanti, A. Y., Pristiwati, R., & Subyantoro, S. (2021). Problematika Pelaksanaan Magang Bagi Mahasiswa PGSD Secara Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi di SD Sidomulyo 04. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 8(2), 111–128. https://doi.org/10.26740/PARAMASASTRA.V8N2.P111-128
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ta'dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


