Membangun Kesadaran Ilmiah dan Moral: Analisis Hakikat Ilmu Dalam Al-Qur’an

Authors

  • Sabrina Praba Indah Kurniana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Rizkyta Nabilla Rahmadani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Shely Virnanda Anggreiny UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Afiza Laela Putri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v15i2.484

Keywords:

epistemologi Islam, spiritualitas, moralitas

Abstract

Ilmu dalam perspektif Islam tidak sekadar dipahami sebagai akumulasi pengetahuan, tetapi juga sebagai sarana pembentukan kesadaran spiritual dan moralitas. Al-Qur’an menegaskan pentingnya ilmu melalui fungsinya sebagai petunjuk, penjelas, dan pembeda, yang hanya dapat diwujudkan apabila manusia mengoptimalkan potensi intelektual dan spiritualnya. Penelitian ini bertujuan mengkaji hakikat ilmu dalam al-Qur’an dengan menyoroti tiga dimensi utama, yakni epistemologis (bagaimana ilmu diperoleh), spiritual (peran hati dan kesadaran batin), dan moral (implikasi ilmu terhadap akhlak dan perilaku). Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, di mana sumber primer berupa ayat-ayat al-Qur’an (Q.S. Al-Mujādalah [58]:11, Ṭāhā [20]:114, An-Naml [27]:15, dan Al-Qaṣaṣ [28]:14), serta sumber sekunder berasal dari artikel ilmiah terpublikasi sepuluh tahun terakhir yang relevan. Analisis data dilakukan melalui analisis isi dengan menafsirkan makna dan relevansinya terhadap kajian ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa al-Qur’an memandang ilmu sebagai entitas integral: diperoleh melalui usaha intelektual, diiringi dengan kesadaran spiritual, dan diwujudkan dalam perilaku moral. Kebaruan penelitian ini terletak pada sintesis literatur kontemporer dengan analisis ayat-ayat al-Qur’an, yang menawarkan paradigma ilmu Qur’ani yang komprehensif dan menolak reduksionisme rasionalistik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan epistemologi Islam serta menjadi rujukan bagi pendidikan Islam yang holistik, melahirkan insan berilmu, berakhlak, dan berkesadaran ilahiah

References

Abidin, M. Z. (2011). KONSEP ILMU DALAM ISLAM: TINJAUAN TERHADAP MAKNA, HAKIKAT, DAN SUMBER-SUMBER ILMU DALAM ISLAM. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 10(1), 107–120. https://doi.org/10.18592/JIU.V10I1.747

Agama, K. (2019). al-Qur’an dan Terjemahnya. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11). Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI.

Damanik, M. Z., Alief Mawadda, M., & Novita, D. (2024). Ayat Al-Quran Dan Hadis Hakikat Ilmu. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 601–608. https://doi.org/10.17977/JIP.V3I4.1868

Farih, I., Hitami, M., & Anwar, A. (2021). Konsep Ilmu Hakikat Ilmu. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 101–113. https://doi.org/10.46781/AL-MUTHARAHAH.V18I2.304

Ikhsan, & Iskandar. (2024). PENDIDIKAN KEIMANAN KEPADA ALLAH DALAM PESPEKTIF ISLAM. Ta’dib, 14(2), 55–60. https://doi.org/10.54604/TDB.V14I2.454

Isniati, Hamdan, & AG, T. (2023). ASAL MULA ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN ISLAM. Ta’dib, 13(1), 39–46. https://doi.org/10.54604/TDB.V13I1.329

Misbahuddin. (2015). EPISTEMOLOGI AL-QURAN DALAM MEMBANGUN SAINS ISLAM. Jurnal Theologia, 26(1). https://doi.org/10.21580/TEO.2015.26.1.404

Nata, A. (2022). Fungsi-fungsi Al-Qur’an dalam pengembangan ilmu, kebudayaan dan peradaban. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 352–378. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7609

Nisa, K., Nazlia, R., & Alfira Mahfi, I. (2023). MENCAPAI MARTABAT MULIA DENGAN ILMU (Q.S. AL-MUJADILAH AYAT 11). Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(1), 215–246. https://doi.org/10.24239/AL-MUNIR.V5I1.318

Qodir, A., & Asrori, M. (2025). Epistemologi Pendidikan Qur’ani. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.59001/PJIER.V3I1.298

Rifin, M. (2019). KARAKTERISTIK SYUKUR DALAM AL-QUR’AN ( KISAH NABI AYYUB DAN SULAIMAN) - Raden Intan Repository (UIN Raden Intan Lampung.). UIN Raden Intan Lampung., Lampung. Retrieved from https://repository.radenintan.ac.id/8530/

Salam, M. W., & Zulfikar, D. (2025). Fonem Bahasa Arab Dan Bahasa Gayo: Analisis Kontrastif Dan Dampaknya Pada Penutur Gayo. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 8, 168. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.4659

Setyawan, R., Alwizar, & Yusuf, K. M. (2025). The Concept of Knowledge: The Essence of Knowledge (Ilm, Hikmah, and Ayat). TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(6), 1564–1574. https://doi.org/10.61445/TOFEDU.V4I6.683

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulihafnani, & Husaini, K. (2019). Kepemimpinan Nabi Sulaiman dalam Al-Qur’an. TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, 4(1), 84–107. https://doi.org/10.22373/TAFSE.V4I1.13101

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Kurniana, S. P. I., Rahmadani, R. N., Anggreiny, S. V. ., & Putri, A. L. . (2025). Membangun Kesadaran Ilmiah dan Moral: Analisis Hakikat Ilmu Dalam Al-Qur’an. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 15(2), 1–9. https://doi.org/10.54604/tdb.v15i2.484