TA’LIM DALAM AL-QUR’AN PERSEPEKTIF ULAMA’ TAFSIR
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v15i1.475Keywords:
Al-Qur’an, Pendidikan Islam, Surah Al-Mujadalah ayat 11, Tafsir, Ta’limAbstract
Ta’lim sebagai salah satu konsep penting dalam pendidikan Islam memiliki makna pengajaran yang bersifat pemberian pengetahuan dan keterampilan. Al-Qur’an menempatkan ta’lim dalam posisi fundamental, sebagaimana tergambar dalam Surah Al-Mujadalah ayat 11 yang menekankan pentingnya ilmu serta adab dalam majelis. Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna ta’lim dalam perspektif Al-Qur’an dengan fokus pada ayat tersebut melalui kajian para mufassir dan pemikir pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan sumber primer berupa kitab tafsir dan sumber sekunder berupa artikel ilmiah relevan dalam sepuluh tahun terakhir. Analisis dilakukan dengan pendekatan analisis isi untuk menemukan makna kebahasaan, historis, dan kontekstual dari konsep ta’lim. Hasil kajian menunjukkan bahwa ta’lim tidak hanya bermakna transmisi pengetahuan dari guru kepada murid, tetapi juga proses pembelajaran berkelanjutan sejak lahir yang melibatkan fungsi pendengaran, penglihatan, dan hati. Surah Al-Mujadalah ayat 11 menegaskan pentingnya kelapangan dalam majelis, baik secara fisik maupun spiritual, serta menempatkan ilmu sebagai faktor peninggi derajat manusia di sisi Allah. Penafsiran mufassir seperti Ibnu Katsir, HAMKA, dan M. Quraish Shihab menekankan bahwa kelapangan hati, penghormatan terhadap sesama, serta pengamalan ilmu merupakan inti dari konsep ta’lim. Dengan demikian, ta’lim dalam Al-Qur’an tidak sekadar transfer pengetahuan, melainkan sebuah proses pembentukan adab, pengembangan spiritual, dan peningkatan kualitas hidup berlandaskan nilai ilahiah.
References
Auliyah, K., Suwarno, S., Chasanah, U., & Ali, R. (2021). Student centered learning in Surah Thaha 17-18 and it’s implication in Islamic boarding school education. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 4887–4899.
Hamzah, A. (2018). Kriteria Pemimpin Menurut Al-Qur’an (Suatu Kajian Tafsir Maudhu’iy). Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 10(2), 13–28. https://journal.unhas.ac.id/index.php/government/article/view/91
Jadidah, A. & M. (2016). Paradigma Pendidikan Alternatif: Majelis Taklim Sebagai Wadah Pendidikan Masyarakat. Jurnal Pusaka, 7(14), 27–42.
Kementerian Agama. (2019). al-Qur’an dan Terjemahnya. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an Badan Litbang Dan Diklat Kementrian Agama RI. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Jurnal Iqra’, 05(01), 36–39.
Madona Agustin Sari. (2023). Perbandingan Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.611
Maskhuroh, L. (2021). Ta’lim Dalam Al-Quran (Kajian Tafsir Tematik Dalam Al-Quran). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(3), 318–331.
Mudzakkir Amin. (2019). Kajian Semantik Konsep ‘ILM dan ‘ULAMĀ’ dalam aL- Qur’an. Jurnal Al-Fath, Vol. 13, No. 1, (Januari-Juni) 2019, 41–67.
Nadliroh, F. (2024). Fenomena di Hari Kiamat Dalam Al- Qur ’ ā n ( Kajian Analisis Integratif Kebahasaan Dalam Kitab Tafsir Al-Qurtubi ). 3.
Nurdiyanto, N., Tauviqillah, A., Hafidz, H., & Karman, K. (2023). Esensi Ilmu Pengetahuan Perspektif Al-Qur’an: Analisis Surah al-Mujadalah Ayat 11 dan Shad Ayat 29. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 286–305. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i2.465
Salim Said Daulay, D. (2023). Pengenalan Al-Quran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(Mi), 472–480.
Sholeh, S. (2017). Pendidikan dalam Al-Qur’an (Konsep Ta’lim QS. Al-Mujadalah ayat 11). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 206–222. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).633
Suwarno, Muhammad Hatta, Mahdalena, & Muhammad Almi Hidayat. (2024). Using Tahsin Al-Qur’an Based on Self-Regulated Learning to Improve Students’ Capabilities in Reading The Al-Qur’an. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 121–135. https://doi.org/10.19109/td.v28i2.20027
Suwarno, S., Dini, A., Yani, M., Yana, S. N., & Susilawati, S. (2022). Pembelajaran Aqidah Akhlak Mengunakan Metode Bernyanyi Untuk Membantu Daya Ingat Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Aceh Tengah. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 124–139. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3108
Suwarno, S., Nur, I., Zakaria, R., & Evanirosa, E. (2022). Optimisation of the WhatsApp Application in Learning Taḥsīn al-Qur’ān To Improve Students Reading al-Qur’ān Ability. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5811–5818. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2068
Suwarno, S., Surbakti, A. H., Harahap, A. Y. M., & Ali, R. (2023). Development of Teaching Materials for Tahsin Al-Qur’an to Improve Students’ Al-Qur’an Reading Ability. Ta’dib, 26(2), 213. https://doi.org/10.31958/jt.v26i2.8675
Syah, A. (2017). Term Tarbiyah, Ta’Lim Dan Ta’dib Dalam Pendidikan Islam. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 7(1), 138–150. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3786
Tamrin, A. (2019). Relasi Ilmu, Filsafat dan Agama Dalam Dimensi Filsafat Ilmu. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(1), 71–96. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10490
Ula, H., & Suwarno, S. (2023). Character Education Program Management to Improve Student’s Religious Attitudes in Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 90–107. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3032
Zeliyanti, K., Islam, U., Sultan, N., Syaifudin, T., Kasful, J., & Pd, A. M. (2023). Konsep Ilmu Dalam Al-Qur’an. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifudin Jambi Rts. Novi Atul Ambiya, 1(4), 307–318. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ta'dib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


