STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 3 JOMBANG

Authors

  • Ahlaa Nafisah Fatimah Az Zahra UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Hawwin Muzakki UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Muthiah Muthiah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v14i2.459

Keywords:

Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosional

Abstract

Guru bimbingan konseling umumnya menjadi pusat pengendalian kecerdasan emosional sekaligus menangani konflik perilaku siswa. Namun, di SMA Negeri 3 Jombang, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui pendidikan agama Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yang dilaksanakan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Jombang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa tercermin pada: (a) sikap-sikap terpuji di dalam kelas, seperti kemampuan memecahkan masalah, kepedulian dan empati terhadap sesama, serta saling mengingatkan kewajiban belajar; dan (b) sikap-sikap terpuji di luar kelas, seperti tidak mudah tersinggung ketika mendapat perlakuan negatif (bullying) dan mampu mengendalikan diri untuk tidak berkata kasar.

References

Agustini, D. W. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Career Adaptability : Personality , Emotional Intelegence dan Work Value (Suatu Kajian Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 613–620. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/1100%0Ahttps://dinastirev.org/JEMSI/article/download/1100/665

Ahla Nafisah Fatimah Az Zahra. (2024). Observasi.

Aisyah, S. (2019). Menanamkan Nilai Kejujuran. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 101–108.

Amrozi, S. R. (2019). Pemikiran Daniel Goleman Dalam Bingkai Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia. Al ’Adalalah, 22(2), 6.

Arieska, O., Syafri, F., & Zubaedi, Z. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Daniel Goleman Pada Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1337

Armadani, A. (2024). Peran Guru Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator, 12(1), 55–64.

Cahyono, D. N., Prasasti, S., & Prakoso, E. T. (2024). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas X. Jurnal Kreatif Olagraga, 02(02), 65–75.

Creswell J. (2003). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (2nd ed.). Sage Publication, Inc. London.

Damayanti, P. S., Putra, A., & Srirahmawati, I. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 348–356. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5992

Fadilah, L., & Wijaya, A. (2022). PAI Teacher’s Strategy In Developing Student’s Emotional Intelligence. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 29–47. https://doi.org/10.25217/cie.v1i2.2145

Fani Juliyanto Perdana. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuto Proses Kegiatan Belajar. Jurnal Edueksos, VIII(2), 70–87.

Fatoni, Z. (2024). Wawancara.

Faudillah, A. N., Khadijah, K., Putri, H. A., Munthe, A. F., & Ramdhani, A. S. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. Ami: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(1), 13–18.

Fauziatun, N., & Misbah, M. (2020). Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 8(2), 142–165. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5260

Fitri, N. (2023). Pengembangan Alat Ukur Kecerdasan Emosional Nisatul Fitri. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 9(24), 458–468. https://doi.org/10.5281/zenodo.10433909

Hakim, R. (2018). Pembiasaan Akhlak Mulia Bagi Anak. Murabby, 1(April), 60–70. https://doi.org/https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/download/316/202

Haluti, F., La Abute, E., Jumariah, Tahawali, M., & Sukmawati. (2023). Penerapan metode pendekatan kecerdasan emosional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Damhil Education Journal, 3, 85–92. https://doi.org/10.37905/dej.v3i2.2296

Hamidatul Ula, S. (2024). Manajemen Program Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Di Era Disrupsi Informasi. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 7(2), 349–362.

Hidayat, M. A., Nikmah, S. Z., & Nurfitriani, R. (2021). Teacher Strategies in Learning during the Covid-19 Pandemic at Madrasah Ibdidaiyah Negeri ( MIN ) 2 Central Aceh. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(August), 3465–3472.

Idaningsih, E. (2023). Meningkatkan Keterbukaan Siswa Melalui Konseling Individu Perilaku Aitending (Ptbk Di Kelas Ix G Semester Genap Smp Negeri 1 Darmaraja Tahun Pelajaran 2021/2022). J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 1. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.9867

Junaidi, Azwar, M., & Lubis, N. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Pelayanan Pajak. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 1(1), 64–71. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v1i1.15

Karyati, E. (2024). Analisa Peran Emotional Intellegence Dalam Mengatasi Konflik Interpersonal. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11215–11218.

Kementrian Agama, S. A. (1971). Al-Qur’an al-karim dan terjemahannya. In Komplek Percetakan Al Qur’anul Karim Kepunyaan Raja Fahd (p. 1281).

Khusna, N. J. A., Bakri, M., & Sulistiono, M. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emotional Quotient (Eq) Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al Maarif 01 Singosari Malang. VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 85.

Laila Amri, N. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Adaptasi Terhadap Engagement Pekerja (Studi Kasus Pada Pekerja Non Manajer Pada Hotel Horison Palma Pangandaran ). Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 768–772.

Lestari, A. D., & Kurniasari, D. (2024). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 2(3), 255–265.

Lubis, W. H., Gurning, B. F., & Yus, A. (2023). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Gaya Belajar Kooperatif di Sekolah Dasar. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 93–97. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3178

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2016). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. In Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain). https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40

Muthiah Chudlori. (2024). Wawancara.

Naila, S., Pratama, A. R., & Yasin, M. (2024). Analisis Sekolah sebagai Sistem Sosial dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Guru dan Murid. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 02(03), 217–228.

Nalva, M. F. (2020). Pendidikan KArakter PErspektif Ibnu Miskawaih. PAI RAden Fatah, 2507(February), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v2i1.4419

ND, R. (2020). Keteladanan Guru dan Implikasinya terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SDIT Teuku Umar Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 2(2), 465–485. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v2i2.392

Nurul Fatimah, A., & Emilia Azzahra, S. (2024). Meningkatkan Self-Awareness Siswa SMP Melalui Bimbingan Konseling Islami Dengan Metode Client-Centered. Jurnal Pendidikan Berkarakter2, 2(1), 254–261. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.595

Pagan, K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Pada Materi Ibadah Haji Dan Umrah Di Kelas IX. 2 SMP …. Journal of Technology and Literacy in …, 1(2), 85–94. http://www.jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/jtle/article/view/20

Pane, A. (2019). Komunikasi Edukatif Antara Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 3(2), 137. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v3i2.6550

Prastya, A. (2016). Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru Di Era Digital, VIII(November), 294–302. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6518

Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa’i, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 330–334. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5738

Rivana, A. (2019). Pentingnya Kecerdasan Emosional Pendidik Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter. Jurnal Asy-Syukriyyah, 20(2), 70–84. https://doi.org/10.36769/asy.v20i2.82

Rizqa, M., Nahda, A. &, & Melani, K. (2023). Upaya Guru dalam Manajamen Kelas untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. An-Nizom, 8(3), 100–109.

Sambas Sugiarto, N. S. (2022). Pentingnya Self Awareness Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 100–105.

Sari, T. W., & Santoso, B. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 260. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9463

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Shella Septiawati, M. L. (2016). The Influence Of Emotional Quotient Level On Employee Performance In The Technical Implementation Unit Of Education And Sports Training For Students And Students Of Bogor District. Indonesian Interdiciplinary Journal of Sharia Economic, 7(2), 1–23.

Silfia, V. D., & Wilantika, R. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru di Universitas Aisyah Pringsewu Tahun 2023. Jurnal Psikologi, 1(1), 12. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i1.1954

Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8, 29–39.

Suwarno, Ramadan, S. A. F. (2022). Potential and Problem in Learning Tahsin Al-Qur’an to Improve Students’ Ability to Read Al-Qur’an. LITERATUS, Vol. 4(Nomor 1), 82–86.

Suwarno. (2017). Pemikiran M Nastir Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, 4(1), 90–105. https://www.neliti.com/publications/265961/pemikiran-m-natsir-dalam-pembaharuan-pendidikan-islam-di-indonesia

Suwarno. (2020). Studi Agama Islam Melalui Pendekatan Interdisipliner. E-Jurnal.Unisda.Ac.Id, 2(3), 22–2012. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2178

Suwarno, Muhammad Hatta, Mahdalena, & Muhammad Almi Hidayat. (2024). Using Tahsin Al-Qur’an Based on Self-Regulated Learning to Improve Students’ Capabilities in Reading The Al-Qur’an. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 121–135. https://doi.org/10.19109/td.v28i2.20027

Suwarno, S., Durhan, D., & Muhaimin, M. (2021). Implementation of Covid-19 on Character Education. Journal of Sosial Science, 2(3), 312–319. https://doi.org/10.46799/jsss.v2i3.133

Suwarno, S., & Hasanah, U. (2021). Islamic boarding schools and human rights enforcement transmission of cultural values for disabilities. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(3), 266–270. https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/655/331

Suwarno, S., Saputra, E., Wathoni, K., Tamrin, M., & Aini, A. N. (2021). Online Learning in Covid-19 Pandemic: New Student Perspective at Islamic Religious Education Program. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1366–1373. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.951

Ula, H., & Suwarno, S. (2023). Character Education Program Management to Improve Student’s Religious Attitudes in Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 90–107. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3032

Utami, M. P. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial dalam Pergaulan terhadap Pengembangan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 8(1), 71–82. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6298

Utami, S., & Suwarno, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Dengan Menggambar Dekoratif Pada Kelompok Bermain (Kb) Budi Utomo Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, 185–204.

Wijaya, B. A., & Suyadi. (2024). Otak Sosial dalam Pendidikan Islam. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 10(1), 10–17. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v10i1.1884

Winangsih, W., Yuniarti, L., & Aprianti, E. (2018). Meningkatkan Sikap Empati Melalui Metode Mendongeng Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(3), 42. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i3.p42-47

Yully Supriyadi. (2024). Wawancara.

Yunita, Ahmad Taufik, & Nurlila Kamsi. (2023). Interaksi Sosial Siswa Atas Lingkungan Sekolah di SDN 2 Sidoharjo. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 71–80. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.776

Yunus, A., & Mokoginta Harahap, suwarno. (2023). KOMUNIKASI DUA ARAH SEBAGAI INTERAKSI EDUKATIF DALAM KISAH NABI Ā DAM ALAIHI AL-SALAM ( AS ). TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 230–247.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Az Zahra, A. N. F. ., Muzakki, H. ., & Muthiah, M. (2024). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 3 JOMBANG. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 14(2), 67–81. https://doi.org/10.54604/tdb.v14i2.459