STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 3 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.54604/tdb.v14i2.459Keywords:
Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan EmosionalAbstract
Guru bimbingan konseling umumnya menjadi pusat pengendalian kecerdasan emosional sekaligus menangani konflik perilaku siswa. Namun, di SMA Negeri 3 Jombang, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui pendidikan agama Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yang dilaksanakan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Jombang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa tercermin pada: (a) sikap-sikap terpuji di dalam kelas, seperti kemampuan memecahkan masalah, kepedulian dan empati terhadap sesama, serta saling mengingatkan kewajiban belajar; dan (b) sikap-sikap terpuji di luar kelas, seperti tidak mudah tersinggung ketika mendapat perlakuan negatif (bullying) dan mampu mengendalikan diri untuk tidak berkata kasar.
References
Agustini, D. W. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Career Adaptability : Personality , Emotional Intelegence dan Work Value (Suatu Kajian Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 613–620. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/1100%0Ahttps://dinastirev.org/JEMSI/article/download/1100/665
Ahla Nafisah Fatimah Az Zahra. (2024). Observasi.
Aisyah, S. (2019). Menanamkan Nilai Kejujuran. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 101–108.
Amrozi, S. R. (2019). Pemikiran Daniel Goleman Dalam Bingkai Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia. Al ’Adalalah, 22(2), 6.
Arieska, O., Syafri, F., & Zubaedi, Z. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Daniel Goleman Pada Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1337
Armadani, A. (2024). Peran Guru Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator, 12(1), 55–64.
Cahyono, D. N., Prasasti, S., & Prakoso, E. T. (2024). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas X. Jurnal Kreatif Olagraga, 02(02), 65–75.
Creswell J. (2003). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (2nd ed.). Sage Publication, Inc. London.
Damayanti, P. S., Putra, A., & Srirahmawati, I. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 348–356. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5992
Fadilah, L., & Wijaya, A. (2022). PAI Teacher’s Strategy In Developing Student’s Emotional Intelligence. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 29–47. https://doi.org/10.25217/cie.v1i2.2145
Fani Juliyanto Perdana. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuto Proses Kegiatan Belajar. Jurnal Edueksos, VIII(2), 70–87.
Fatoni, Z. (2024). Wawancara.
Faudillah, A. N., Khadijah, K., Putri, H. A., Munthe, A. F., & Ramdhani, A. S. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. Ami: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(1), 13–18.
Fauziatun, N., & Misbah, M. (2020). Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 8(2), 142–165. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5260
Fitri, N. (2023). Pengembangan Alat Ukur Kecerdasan Emosional Nisatul Fitri. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 9(24), 458–468. https://doi.org/10.5281/zenodo.10433909
Hakim, R. (2018). Pembiasaan Akhlak Mulia Bagi Anak. Murabby, 1(April), 60–70. https://doi.org/https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/download/316/202
Haluti, F., La Abute, E., Jumariah, Tahawali, M., & Sukmawati. (2023). Penerapan metode pendekatan kecerdasan emosional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Damhil Education Journal, 3, 85–92. https://doi.org/10.37905/dej.v3i2.2296
Hamidatul Ula, S. (2024). Manajemen Program Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Di Era Disrupsi Informasi. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 7(2), 349–362.
Hidayat, M. A., Nikmah, S. Z., & Nurfitriani, R. (2021). Teacher Strategies in Learning during the Covid-19 Pandemic at Madrasah Ibdidaiyah Negeri ( MIN ) 2 Central Aceh. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(August), 3465–3472.
Idaningsih, E. (2023). Meningkatkan Keterbukaan Siswa Melalui Konseling Individu Perilaku Aitending (Ptbk Di Kelas Ix G Semester Genap Smp Negeri 1 Darmaraja Tahun Pelajaran 2021/2022). J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 1. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.9867
Junaidi, Azwar, M., & Lubis, N. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Pelayanan Pajak. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 1(1), 64–71. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v1i1.15
Karyati, E. (2024). Analisa Peran Emotional Intellegence Dalam Mengatasi Konflik Interpersonal. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11215–11218.
Kementrian Agama, S. A. (1971). Al-Qur’an al-karim dan terjemahannya. In Komplek Percetakan Al Qur’anul Karim Kepunyaan Raja Fahd (p. 1281).
Khusna, N. J. A., Bakri, M., & Sulistiono, M. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emotional Quotient (Eq) Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al Maarif 01 Singosari Malang. VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 85.
Laila Amri, N. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Adaptasi Terhadap Engagement Pekerja (Studi Kasus Pada Pekerja Non Manajer Pada Hotel Horison Palma Pangandaran ). Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 768–772.
Lestari, A. D., & Kurniasari, D. (2024). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 2(3), 255–265.
Lubis, W. H., Gurning, B. F., & Yus, A. (2023). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Gaya Belajar Kooperatif di Sekolah Dasar. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 93–97. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3178
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2016). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. In Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain). https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40
Muthiah Chudlori. (2024). Wawancara.
Naila, S., Pratama, A. R., & Yasin, M. (2024). Analisis Sekolah sebagai Sistem Sosial dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Guru dan Murid. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 02(03), 217–228.
Nalva, M. F. (2020). Pendidikan KArakter PErspektif Ibnu Miskawaih. PAI RAden Fatah, 2507(February), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v2i1.4419
ND, R. (2020). Keteladanan Guru dan Implikasinya terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SDIT Teuku Umar Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 2(2), 465–485. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v2i2.392
Nurul Fatimah, A., & Emilia Azzahra, S. (2024). Meningkatkan Self-Awareness Siswa SMP Melalui Bimbingan Konseling Islami Dengan Metode Client-Centered. Jurnal Pendidikan Berkarakter2, 2(1), 254–261. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.595
Pagan, K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Pada Materi Ibadah Haji Dan Umrah Di Kelas IX. 2 SMP …. Journal of Technology and Literacy in …, 1(2), 85–94. http://www.jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/jtle/article/view/20
Pane, A. (2019). Komunikasi Edukatif Antara Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 3(2), 137. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v3i2.6550
Prastya, A. (2016). Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru Di Era Digital, VIII(November), 294–302. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6518
Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa’i, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 330–334. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5738
Rivana, A. (2019). Pentingnya Kecerdasan Emosional Pendidik Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter. Jurnal Asy-Syukriyyah, 20(2), 70–84. https://doi.org/10.36769/asy.v20i2.82
Rizqa, M., Nahda, A. &, & Melani, K. (2023). Upaya Guru dalam Manajamen Kelas untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. An-Nizom, 8(3), 100–109.
Sambas Sugiarto, N. S. (2022). Pentingnya Self Awareness Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 100–105.
Sari, T. W., & Santoso, B. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 260. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9463
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980
Shella Septiawati, M. L. (2016). The Influence Of Emotional Quotient Level On Employee Performance In The Technical Implementation Unit Of Education And Sports Training For Students And Students Of Bogor District. Indonesian Interdiciplinary Journal of Sharia Economic, 7(2), 1–23.
Silfia, V. D., & Wilantika, R. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru di Universitas Aisyah Pringsewu Tahun 2023. Jurnal Psikologi, 1(1), 12. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i1.1954
Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8, 29–39.
Suwarno, Ramadan, S. A. F. (2022). Potential and Problem in Learning Tahsin Al-Qur’an to Improve Students’ Ability to Read Al-Qur’an. LITERATUS, Vol. 4(Nomor 1), 82–86.
Suwarno. (2017). Pemikiran M Nastir Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, 4(1), 90–105. https://www.neliti.com/publications/265961/pemikiran-m-natsir-dalam-pembaharuan-pendidikan-islam-di-indonesia
Suwarno. (2020). Studi Agama Islam Melalui Pendekatan Interdisipliner. E-Jurnal.Unisda.Ac.Id, 2(3), 22–2012. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2178
Suwarno, Muhammad Hatta, Mahdalena, & Muhammad Almi Hidayat. (2024). Using Tahsin Al-Qur’an Based on Self-Regulated Learning to Improve Students’ Capabilities in Reading The Al-Qur’an. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 121–135. https://doi.org/10.19109/td.v28i2.20027
Suwarno, S., Durhan, D., & Muhaimin, M. (2021). Implementation of Covid-19 on Character Education. Journal of Sosial Science, 2(3), 312–319. https://doi.org/10.46799/jsss.v2i3.133
Suwarno, S., & Hasanah, U. (2021). Islamic boarding schools and human rights enforcement transmission of cultural values for disabilities. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(3), 266–270. https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/655/331
Suwarno, S., Saputra, E., Wathoni, K., Tamrin, M., & Aini, A. N. (2021). Online Learning in Covid-19 Pandemic: New Student Perspective at Islamic Religious Education Program. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1366–1373. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.951
Ula, H., & Suwarno, S. (2023). Character Education Program Management to Improve Student’s Religious Attitudes in Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 90–107. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3032
Utami, M. P. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial dalam Pergaulan terhadap Pengembangan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 8(1), 71–82. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6298
Utami, S., & Suwarno, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Dengan Menggambar Dekoratif Pada Kelompok Bermain (Kb) Budi Utomo Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, 185–204.
Wijaya, B. A., & Suyadi. (2024). Otak Sosial dalam Pendidikan Islam. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 10(1), 10–17. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v10i1.1884
Winangsih, W., Yuniarti, L., & Aprianti, E. (2018). Meningkatkan Sikap Empati Melalui Metode Mendongeng Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(3), 42. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i3.p42-47
Yully Supriyadi. (2024). Wawancara.
Yunita, Ahmad Taufik, & Nurlila Kamsi. (2023). Interaksi Sosial Siswa Atas Lingkungan Sekolah di SDN 2 Sidoharjo. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 71–80. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.776
Yunus, A., & Mokoginta Harahap, suwarno. (2023). KOMUNIKASI DUA ARAH SEBAGAI INTERAKSI EDUKATIF DALAM KISAH NABI Ā DAM ALAIHI AL-SALAM ( AS ). TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 230–247.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ta'dib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


