PENDIDIKAN KEIMANAN KEPADA ALLAH DALAM PESPEKTIF ISLAM

Authors

  • Ikhsan Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Iskandar IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v14i2.454

Keywords:

Pendidikan, Keimanan Kepada Allah

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pendidikan keimanan kepada Allah dalam perspektif islam. Dalam proses ini tentu saja tujuan pendidikan adalah menciptakan generasi yang islami dan generasi yang Rabbani serta generasi yang rahmatan lil’alamin. Metode penelitian ini menggunakan study literatur library, yaitu dengan mengumpulkan beberapa data reset terkait terlebih dahulu sehingga dijadikan kesimpulan sebagai bahan pertimbangan dalam penulisan artikel ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan keimanan merupakan objek penting tentang pengenalan Allah SWT sebagai sang pencipta kepada peserta didik dalam pendidikan, pendidikan keimanan juga sebagai proses peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT, pendidikan keimanan juga sebagai ladang pahala melalui amal ibadah sehari-hari.

References

Alwi, U., Badwi, A., & Baharuddin, B. (2021). Peran Pendidikan Sebagai Transformasi Sosial dan Budaya. Jurnal Al-Qiyam, 2(2). https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i2.176

Dewi, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation model for character education of students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5). https://doi.org/10.18844/CJES.V15I5.5155

Hafiz, A., Walidin, W., & Silahuddin. (2024). Konsep Pendidik dan Peserta Didik Menurut Al Ghazali (Suatu Tinjauan Ontologis, Epistimologis dan Aksiologis). Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(02). https://doi.org/10.61683/jome.v1i02.58

Hasani, J. (2023). Kewajiban Orang Tua Terkait Pendidikan Agama Anak Perspektif al-Qur’an (Studi Tafsir al-Qur’an al-Karim Surah al-Tahrim/66: 6). Ta’dib, 13(2), 8–16. https://doi.org/10.54604/TDB.V13I2.307

Jarbi, M. ali. (2021). TANGGUNGJAWAB ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK. PENDAIS, 3(2), 122–140. https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/1051

Mustika Sari, Yeni Karneli, & Netrawati. (2022). PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGATASI SELF IMAGE NEGATIF PADA REMAJA : Studi LIBRARY RESEARCH. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4). https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.92

Rosmiaty, A. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sibuku.

Subhi, D. (2020). Keimanan : Iman Dalam Perspektif Islam. OSF Preprints.

Usman, A. S. (2017). Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Perspektif Islam. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 112. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1324

Warsah, I. (2018). PENDIDIKAN KEIMANAN SEBAGAI BASIS KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK: TELAAH PSIKOLOGI ISLAMI. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1). https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2156

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Ikhsan, & Iskandar. (2024). PENDIDIKAN KEIMANAN KEPADA ALLAH DALAM PESPEKTIF ISLAM. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 14(2), 55–60. https://doi.org/10.54604/tdb.v14i2.454