Strategi Pengelolaan Pembelajaran Kitab-kitab Klasik Berbasis Teknologi Informasi (IT) Dalam Membentuk Kompetensi Siswa

Authors

  • Erina Rizka Hartati UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.54604/tdb.v14i1.451

Keywords:

Strategi, Pengelolaan, Kitab Klasik

Abstract

Kitab klasik, atau lebih dikenal sebagai kitab kuning, merupakan sumber pembelajaran utama di pesantren, berisi berbagai ilmu keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengelolaan pembelajaran kitab klasik berbasis teknologi informasi di SMA Khadijah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, sementara analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan meliputi pemanfaatan media pembelajaran digital, pencatatan kemajuan belajar siswa, pengawasan proses belajar, serta peningkatan motivasi siswa dalam mempelajari kitab klasik. Temuan ini memberikan wawasan baru tentang integrasi teknologi dalam pendidikan keagamaan.

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.

Eny Munisah. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 23–32.

Erina Rizka Hartati. (2024). Observasi.

Hidayat, M. A., Nikmah, S. Z., & Nurfitriani, R. (2021). Teacher Strategies in Learning during the Covid-19 Pandemic at Madrasah Ibdidaiyah Negeri ( MIN ) 2 Central Aceh. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(August), 3465–3472.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Kementrian Agama, S. A. (1971). Al-Qur’an al-karim dan terjemahannya. In Komplek Percetakan Al Qur’anul Karim Kepunyaan Raja Fahd (p. 1281).

Lillihata, S., Karesina, D. M., Alfons, A., & Pulung, R. (2022). Pemanfataan Media Pembelajaran Berbasis IT dalam meningkatkan Kemandirian Belajar siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(2), 377–393.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2016). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. In Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain). https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40

Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 30–50.

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185. http://www.yourdictionary.com/library/reference/word-definitions/definition-of-technology.html.

Mukhlisoh, M., & Suwarno, S. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 11(1), 56–75. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i1.449

Mustajib. (2019). Pengelolaan Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 117–136. https://doi.org/10.29062/dirasah.v2i2.64

Norma Fitria, Didih Syakir Munandar, O. A. (2023). Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbiyatul Aulad, 12(3), 2239–2252. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4660

Nur, I., & Ali, R. (2024). Empowerment and Assistance in Mosque Management in the Establishment of the Regional Technical Implementation Unit of Ruhama Takengon Grand Mosque. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 5(1), 143–153. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.4323

Nuril Pitriyati, Dwi Noviani, Imam Nasruddin, & Dewi Purbasari. (2022). Strategi Inovatif Dalam Pembelajaran Thaharah Di Mi Piat Tanjung Seteko. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(3), 114–126. https://doi.org/10.51903/education.v2i3.282

Purwadi, P. (2018). Pengaruh Pengawasan Langsung dan Tidak Langsung terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Prasarana Wilayah Kota Samarinda. Akuntabel, 14(2), 187. https://doi.org/10.29264/jakt.v14i2.1911

Qomarudin, A. (2021). Aktivitas pembelajaran sebagai suatu sistem. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1)(1), 24–34. http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang

R. Burke Johnson, L. C. (2014). EDUCATONAL RESEARCH: Quantitave, Qualitative, and Mixed Approaches (Fifth Edit, Vol. 21, Issue 1). SAGE Publications, Inc. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Suwarno. (2016). Pendekatan Kebijakan Publik dalam Politik Pendidikan Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 62–72.

Suwarno, S., Dini, A., Yani, M., Yana, S. N., & Susilawati, S. (2022). Pembelajaran Aqidah Akhlak Mengunakan Metode Bernyanyi Untuk Membantu Daya Ingat Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Aceh Tengah. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 124–139. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3108

Suwarno, S., Durhan, D., & Muhaimin, M. (2021). Implementation of Covid-19 on Character Education. Journal of Sosial Science, 2(3), 312–319. https://doi.org/10.46799/jsss.v2i3.133

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38

Ula, H., & Suradji, M. (2024). MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI ERA DISRUPSI. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 349–362.

Ula, H., & Suwarno, S. (2023). Character Education Program Management to Improve Student’s Religious Attitudes in Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 90–107. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3032

Ulya, H. N. (2020). The Role of Internal Supervision Unit in Enhancing Governance and Management of Higher Education. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 8(July), 1–23.

Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242–252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (I). CV Syakir Media Press.

Downloads

Published

2024-03-16

How to Cite

Hartati, E. R. (2024). Strategi Pengelolaan Pembelajaran Kitab-kitab Klasik Berbasis Teknologi Informasi (IT) Dalam Membentuk Kompetensi Siswa . Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 14(1), 38–47. https://doi.org/10.54604/tdb.v14i1.451

Issue

Section

Articles